Brilio.net - Setiap orang tentu sudah sangat familiar dengan kunyit yang dijadikan sebagai bumbu masakan. Ada dua jenis kunyit yang dikenal, yakni kunyit berwarna kunyit seperti yang sering dijumpai dan kunyit putih (Zedoary). Sama dengan jenis kunyit satunya, kunyit putih juga kerap dijadikan sebagai bumbu masakan.

Kunyit putih memiliki kelebihan. Selain sebagai bumbu masakan, kunyit putih juga memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan.

Dilansir dari rxlist.com, kunyit putih dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan, seperti kejang, kehilangan nafsu makan, dan gangguan pencernaan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zedoary dapat bertindak seperti antibiotik. Meski begitu, ketika mengonsumsi kunyit putih harus benar-benar diperhatikan.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Bagi perempuan yang sedang mengandung dan menyusui, dianjurkan untuk tidak mengonsumsi kunyit putih karena dapat menyebabkan keguguran. Bagi ibu yang sedang menyusui, sebaiknya juga menghindari kunyit putih karena tak ada informasi ilmiah yang cukup untuk mengetahui bagaimana hal itu dapat memengaruhi bayi dari kualitas air susu ibu (ASI).

Tapi bagaimanapun kunyit putih memberikan kabar baik untuk kaum hawa. Beberapa masalah yang kerap dihadapi perempuan baik dalam segi kesehatan maupun kecantikan, dapat diatasi dengan kunyit putih.

Nah, berikut beberapa manfaat kunyit putih untuk perempuan, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (15/7).

1. Atasi kista.

Manfaat kunyit putih untuk wanita Berbagai sumber

foto: pexels.com

Kista menjadi salah satu penyebab ketidaksuburan pada wanita. Oleh karenanya, jika kamu mengalaminya, maka mengonsumsi rebusan kunyit putih secara rutin akan sangat membantu mengatasi kista.

2. Mengurangi rasa sakit saat menstruasi.

Manfaat kunyit putih untuk wanita Berbagai sumber

foto: pexels.com

Sebagian besar perempuan mengalami rasa nyeri ketika sedang datang bulan atau menstruasi. Hal ini disebabkan karena tidak lancarnya darah yang keluar.

Biasanya kebanyakan perempuan mengonsumsi obat atau minuman yang dijual di pasaran untuk mengatasi nyeri. Namun sebenarnya ini kurang sehat dan dapat menyebabkan ketergantungan.

Untuk itu, kamu bisa mengatasinya secara alami dengan mengonsumsi rebusan kunyit putih. Kandungan antibakteri pada kunyit putih dapat mengatasi rasa nyeri.

3. Atasi masalah keputihan.

Manfaat kunyit putih untuk wanita Berbagai sumber

foto: self.com

Keputihan sebenarnya menjadi hal yang sangat wajar pada wanita. Namun keputihan bisa menjadi berbahaya apabila menimbulkan beberapa masalah, seperti rasa gatal di Miss V. Kondisi ini harus segera diatasi.

Keputihan bisa disebabkan karena adanya jamur yang tumbuh di dalam rahim akan menyebabkan leukorrhea atau keputihan. Selain itu, keputihan dapat terjadi karena ketidakseimbangan hormon yang ada di dalam tubuh.

Kamu bisa menggunakan kunyit putih untuk mengatasi keputihan. Caranya adalah dengan merebusnya dan gunakan airnya untuk membasuh organ kewanitaan kamu.

4. Melancarkan peredaran darah dalam rahim.

Manfaat kunyit putih untuk wanita Berbagai sumber

foto: unsplash.com

Aliran darah yang lancar di dalam daerah kewanitaan dan rahim membantu mencegah adanya kemandulan. Kamu bisa mengonsumsi rebusan kunyit putih untuk membuat aliran darah lebih lancar ke rahim.

5. Atasi peradangan pada rahim.

Manfaat kunyit putih untuk wanita Berbagai sumber

foto: pexels.com

Peradangan yang terjadi pada rahim dapat menghambat kesuburan wanita. Kandungan yang terdapat dalam kunyit dapat membantu mengatasi peradangan pada rahim. Kamu bisa mengonsumsinya kunyit putih dengan cara direbus dan minum air rebusan tersebut.

6. Tingkatkan gairah seks.

Manfaat kunyit putih untuk wanita Berbagai sumber

foto: pexels.com

Jika gairah seks pada wanita menurun, maka peluang untuk hamil juga akan sulit. Kunyit putih diketahui dapat meningkatkan gairah seks pada wanita.

Hal itulah mengapa kunyit putih menjadi salah satu alasan penting mengapa kunyit putih perlu dikonsumsi demi kesuburan dan keberhasilan kehamilan.

7. Menurunkan berat badan.

Manfaat kunyit putih untuk wanita Berbagai sumber

foto: pexels.com

Kunyit putih bisa menjadi alternatif untuk membantu meluruhkan lemak. Pasalnya, antioksidan yang dikonsumsi secara teratur dan jumlah yang seimbang bisa membantu menurunkan berat badan.

8. Mengurangi bau napas.

Manfaat kunyit putih untuk wanita Berbagai sumber

foto: pixabay.com

Memiliki napas kurang segar bisa membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Gunakan kunyit putih untuk mengatasinya. Cara pengaplikasiannya sama, cukup mengunyah kunyit putih beberapa saat.