Brilio.net - Seperti yang kita tahu, Indonesia memang sangat kaya dengan rempah-rempah sebagai bahan penyedap makanan atau sebagai bahan minuman tradisonal. Dari banyaknya rempah-rempah, salah satu yang sangat sering digunakan adalah kunyit.

Kunyit atau kunir ini termasuk salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini tersebar di Malaysia, Indonesia, Australia, bahkan Afrika. Takk heran jika orang Asia Tenggara pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan maupun jamu.

Salah satu manfaat kesehatan dari kunyit adalah untuk mengobati flu dan batuk. Selain itu juga masih banyak manfaat lain dari kunyit jika dicampur dengan susu. Nah, berikut manfaat lain kunyit untuk kesehatan seperti dilansir brilio.net dari Boldsky, Senin (30/10).

1. Mengobati flu dan batuk.

Minum susu kunyit hangat saat flu dan batuk adalah makanan pokok di setiap rumah di India. Ini karena kunyit adalah agen anti-inflamasi dan anti-mikroba yang sangat baik. Sebenarnya, minum susu kunyit sangat manjur sehingga mereka yang meminumnya setiap hari dapat terhindar dari batuk dan pilek.

2. Mencegah diabetes.

Kunyit memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar gula darah. Ditambah juga mengurangi resistensi insulin dalam tubuh. Karena itu, kunyit adalah cara mencegah diabetes yang manjur.

3. Mencegah sindrom metabolik.

Sindrom metabolik adalah kondisi di mana kadar gula darah, kolesterol, tekanan darah, dan lemak tubuh meningkat secara signifikan, yang pada gilirannya menyebabkan penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Kunyit membantu mengekang semua ini dengan menurunkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh.

4. Menghilangkan depresi.

Obesitas dan depresi adalah dua sisi mata uang yang sama. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa kedua kondisi tersebut menghasilkan masalah seperti peningkatan peradangan, resistensi insulin, dan ketidakseimbangan hormon. Oleh karena itu, kunyit sangat baik untuk melawan depresi karena merangsang pelepasan serotonin dan dopamin di otak, yang membuat semangat kamu tetap terjaga sepanjang hari.

5. Menghilangkan nyeri di punggung

Ini adalah obat penghilang rasa sakit alami. Kunyit juga dikenal sebagai aspirin alami karena merupakan penghilang rasa sakit di punggung yang manjur. Zat yang dikandungnya bisa mengurangi kadar prostaglandin dan interleukin di tubuh kamu, yang menghasilkan rasa sakit.