Brilio.net - Madu merupakan bahan makanan yang berasal dari lebah. Teksturnya cair menyerupai sirup kental dan berwarna kuning kecoklatan. Madu memiliki rasa yang manis disebabkan adanya unsur monosakarida fruktosa dan glukosa yang memang merupakan perasa manis pada gula.

Selain rasanya yang manis dan enak, madu juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Di dalam madu, terdapat campuran senyawa fruktosa (38,5 persen) dan glukosa (31,0 persen). Ada pula kandungan karbohidrat pada madu seperti maltosa, sukrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya. Madu juga mengandung anti-oksidan meskipun hanya sedikit yakni dari senyawa chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin.

Tak hanya itu, madu juga memiliki khasiat antimikroba dan antiseptik sehingga jika diterapkan pada kulit, madu akan memberikan banyak manfaat. Mulai dari mengatasi jerawat, melembapkan, mencerahkan hingga menjadikan kulit awet muda.

Untuk mendapatkan manfaat madu tersebut, kamu dapat menggunakan madu sebagai masker alami untuk kulit wajah. Kamu dapat mencampurkan madu dengan berbagai bahan alami lainnya sesuai takaran yang tepat agar dapat memperoleh hasil maksimal. Berikut delapan cara membuat masker dari madu seperti disarikan Brilio.net dari Be Spotted, Senin (31/8).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Masker madu untuk kulit kering.

Membuat masker madu © 2020 brilio.net

foto: freepik

Bahan:

- 2 sdt madu

- 1 sdm alpukat tumbuk

- 1 sdt yoghurt

Cara membuat:

1. Haluskan alpukat, coba singkirkan semua gumpalan. Saat sudah halus, tambahkan yogurt dan aduk.

2. Terakhir, tambahkan madu dan aduk semuanya dengan baik.

Cara pakai:

Oleskan masker ke wajah yang bersih, sebaiknya setelah scrub wajah yang lembut. Biarkan masker selama 20 menit. Bilas bersih dan gunakan pelembap yang cocok untuk kulit kering.

Jika kamu memiliki kulit kering yang sering terlihat kusam, abu-abu dan lelah, masker madu ini akan membuat kondisi kulitmu lebih hidup dan ternutrisi. Dengan campuran alpukat yang kaya akan lemak sehat, akan melembapkan dan menutrisi kulit. Serta yoghurt berfungsi untuk mengelupas lapisan sel kulit yang mati dan kusam serta mendorong proses pembaruan alami kulit.

2. Masker madu untuk kulit berminyak.

Membuat masker madu © 2020 brilio.net

foto: freepik

Bahan:

- 2 sdt madu

- 1-2 sdt kaolin

- 1 sdt air lemon

Cara membuat:

1. Campur madu dan air lemon dalam mangkuk.

2. Tambahkan kaolin secukupnya untuk membentuk pasta yang halus. Aduk rata.

Cara pakai:

Oleskan masker ke wajah yang bersih, sebaiknya setelah digosok dengan lembut. Biarkan selama 10-15 menit, atau sampai mengering. Cuci bersih menggunakan pembersih lembut dan oleskan pelembap.

Perpaduan madu dengan kaolin dan air lemon sangat bagus untuk mengontrol produksi sebum dan memberikan kelembapan yang dibutuhkan kulit. Partikel halus dari kaolin bertugas mengumpulkan minyak berlebih, yang membuat kulitmu kusam dan terdetoksifikasi. Sementara itu, air lemon berfungsi untuk mengelupas kulit, membuka pori-pori yang tersumbat, dan mencegah munculnya jerawat.

3. Masker madu untuk bekas jerawat.

Membuat masker madu © 2020 brilio.net

foto: freepik

Bahan:

- 1 sdt madu

- 1 sdt gel lidah buaya

- 4-5 tetes air lemon

Cara membuat:

1. Campur seluruh bahan, aduk hingga membentuk pasta.

Cara pakai:

Oleskan masker ke wajah yang bersih, sebaiknya setelah scrub wajah yang lembut. Bilas setelah 15-20 menit. Oleskan krim wajah yang ringan dan gunakan masker ini minimal seminggu sekali.

Sama seperti madu, gel lidah buaya juga dapat mencerahkan kulit. Ini juga memiliki efek penyembuhan yang luar biasa pada kulit. Lemon memiliki khasiat pemutih alami yang membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit sehingga perlahan dapat memudarkan bekas jerawat pada wajah.

4. Masker madu untuk mencegah jerawat dan penuaan dini.

Membuat masker madu © 2020 brilio.net

foto: freepik

Bahan:

- 2-3 sdt madu

- 1 sdt tepung beras

- 1 sdt bubuk teh hijau matcha

- 2-3 tetes minyak esensial tea tree

Cara membuat:

1. Campur madu dan minyak esensial tea tree dengan baik.

2. Tambahkan bubuk matcha. Terakhir tambahkan tepung beras secukupnya untuk mendapatkan konsistensi yang tidak terlalu kental atau terlalu encer.

Cara pakai:

Oleskan masker pada wajah yang bersih, saat kulit masih agak lembap setelah cuci muka. Biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas. Setelah itu oleskan pelembap wajah yang ringan.

Masker ini adalah kombinasi yang bagus untuk kulit berjerawat sekaligus mencegah penuaan dini pada kulit. Hal ini dikarenakan tepung beras yang dapat mencerahkan kulit dan membantu memudarkan bintik hitam serta bekas jerawat. Teh hijau matcha dengan kandungan antioksidan akan memberikan banyak vitamin dan mineral yang menjaga kulit tetap sehat dan awet muda.

5. Masker madu untuk kulit kombinasi.

Membuat masker madu © 2020 brilio.net

foto: freepik

Bahan:

- 1 sdt madu

- 2 sdt pisang tumbuk

- Beberapa tetes minyak esensial lavender

Cara membuat:

1. Pertama haluskan sepotong pisang dengan baik, sampai tak ada lagi gumpalannya.

2. Tambahkan madu dan minyak esensial lavender dan aduk semuanya, untuk mendapatkan masker wajah yang lembut dan berair.

Cara pakai:

Cuci dan eksfoliasi wajahmu. Oleskan masker dengan tebal. Biarkan selama sekitar 20 menit. Kemudian bilas masker dan segera oleskan krim wajah supaya lembap.

Semua bahan ini luar biasa untuk kulit kombinasi. Mereka melembapkan kulit tanpa membuatnya berminyak dan menyediakan nutrisi dengan vitamin, mineral dan antioksidan yang sangat penting untuk kulit.

6. Masker madu untuk kulit sensitif.

Membuat masker madu © 2020 brilio.net

foto: freepik

Bahan:

- 2 sdt madu

- 1 sdt gel lidah buaya

- 1-2 sdt bubuk oatmeal

Cara membuat:

1. Campur gel lidah buaya dan madu hingga menjadi campuran yang benar-benar halus.

2. Tambahkan bubuk oatmeal dan aduk.

Cara pakai:

Oleskan lapisan tebal masker ke wajah. Biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Oleskan pelembap yang cocok untuk kulit sensitif.

Semua bahan dalam masker ini memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat, menenangkan kulit, melembapkan, dan menutrisi sehingga sangat aman untuk kulit sensitif.

7. Masker madu untuk mencegah tanda penuaan.

Membuat masker madu © 2020 brilio.net

foto: freepik

Bahan:

- 2 sdt madu

- 1 sdt susu

- 1 sdt minyak almond

- 5 tetes minyak biji rosehip

Cara membuat:

1. Campur madu dan susu terlebih dahulu.

2. Saat campuran tercampur rata, tambahkan minyak almond dan minyak rosehip. Campur semuanya dengan baik.

Cara pakai:

Cuci wajah dengan air hangat dan pembersih wajah yang lembut. Oleskan masker dengan kapas. Biarkan selama sekitar 15 menit. Selama waktu tersebut, oleskan kembali masker setiap kali mulai mengering di kulitmu. Setelah 15 menit, bersihkan dan oleskan krim wajah anti aging.

8. Masker madu untuk kulit eksim.

Membuat masker madu © 2020 brilio.net

foto: freepik

Bahan:

- 2 sdt madu manuka

- 1 sdt cocoa atau shea butter

- 1 sdt pala bubuk

- 1/2 sdt minyak vitamin E

Cara membuat:

1. Hangatkan shea butter jangan sampai meleleh, hanya perlu sedikit melunak agar mudah mencampurkannya dengan bahan lain.

2. Tambahkan madu manuka dan aduk rata.

3. Kemudian tambahkan bubuk pala dan minyak vitamin E, aduk rata.

Cara pakai:

Oleskan lapisan tebal masker pada wajah yang bersih. Biarkan selama sekitar 30 menit. Bilas dengan air hangat.

Untuk orang yang menderita eksim, tentu akan memiliki kulit yang cenderung sensitif dan kering. Masker pala & madu ini adalah salah satu produk alami terbaik yang dapat kamu gunakan karena sangat melembapkan, menutrisi dan menenangkan dan memperkuat pelindung kulit.

(brl/tin)