Brilio.net - Kanker kulit merupakan jenis kanker yang sangat berbahaya, meskipun kanker ini menyerang bagian kulit. Karena tidak menutup kemungkinan penyebaran secara perlahan akan mempengaruhi organ-organ lain seperti mata. Tidak jarang penderita kanker kulit yang kehilangan indra penglihatannya akibat penyebaran sel kanker yang mempengaruhi fungsi mata.

Oleh karena itu, bagi kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya lindungi diri dari paparan sinar matahari secara langsung. Hal ini karena kanker kulit pada dasarnya disebabkan oleh bahaya sinar UV yang memapar kulit. Berikut brilio.net lansir dari The Independent, Rabu (3/5) 7 tanda penyakit kanker kulit yang sebaiknya kamu ketahui.

 

1. Kamu melihat adanya 'benjolan jelek'.

skin cancer skin cancer
foto: independent.co.uk


Kamu perlu memperhatikan tahi lalat yang terlihat berbeda dengan yang lain pada tubuh. Namun perlu diingat bahwa tahi lalat yang ada sejak lahir bisa berkembang menjadi kanker kulit dan tidak semua tahi lalat yang baru muncul itu berbahaya.

 

2. Ada garis gelap vertikal di kuku.

skin cancer skin cancer
foto: pixbay.com


Indikasi kanker ini juga bisa tampak seperti adanya pigmen gelap di kuku, atau sesuatu yang terlihat seperti darah melepuh yang mengarah ke pangkal kuku.

 

3. Kamu tiba-tiba mendapatkan masalah penglihatan.

skin cancer skin cancer
foto: independent.co.uk


Jenis melanoma (ganguan sel) yang paling umum adalah melanoma mata. Hal ini hanya bisa diketahui saat orang memeriksakan matanya. Karenanya penting untuk memeriksan mata saat tiba-tiba mata mengalami gejala sakit tanpa ada sebab sebelumnya.

 

4. Muncul dan hilang di tempat yang sama.

skin cancer skin cancer
foto: pixbay.com


Beberapa kanker bisa tampak seperti jerawat yang tidak jelas - atau mungkin hilang dan segera kembali ke tempat yang sama.

 

5. Tahi lalat di kaki.

skin cancer skin cancer
foto: pixbay.com


Banyak orang tidak secara aktif melihat kaki mereka sehingga sering kali tidak diketahui jika sebuah tahi lalat, yang bentuknya berbeda dengan lainnya muncul di kaki mereka.

 

6. Ada pigmentasi setelah mengeluarkan tahi lalat.

skin cancer skin cancer
foto: pixbay.com


Jika kamu memiliki tahi lalat yang hilang dan mulai melihat pigmentasi di sekitar bekas luka, lepaskan.

 

7. Ada noda hitam di pipi.

skin cancer skin cancer
foto: independent.co.uk


Bagian dalam pipi, rongga hidung, daerah dubur dan vagina adalah lokasi lain yang kurang dikenal di mana kamu bisa terkena melanoma. Selau perhatikan area-area ini agat tidak luput ketika ada gejala yang tidak wajar.