Brilio.net - Menghabiskan waktu untuk mengurus bayi menguras fisik dan mental, wajar bila orangtua butuh penyegaran. Salah satu solusi termudah adalah pergi ke mal. Bila tidak bisa menitipkan anak, orangtua mau tidak mau harus membawa bayinya ke mal. Meski ada juga yang memang sengaja ingin mengajak buah hati jalan-jalan ke luar rumah meski usianya baru beberapa bulan.

Dokter spesialis anak Ariani Dewi Widodo mengingatkan orangtua untuk tidak memaksakan diri mengajak anak ke tempat yang penuh orang, apalagi bila buah hati masih bayi.

"Banyak kuman di dunia luar, jangan biarkan anak terlalu lama terpapar," katanya dalam media gathering di Jakarta, Selasa (2/5).

Bila daya tubuh bayi belum kuat, anak rentan terkena penyakit akibat serangan kuman-kuman di dunia luar. Flu, batuk, pilek dan diare adalah beberapa penyakit yang lazim diderita anak bila imunitas rendah. Sebab, tak hanya tempat berisi banyak orang yang berpotensi besar menularkan penyakit untuk anak.

Begitu pula dengan ruangan tertutup di mana sirkulasi udara terbatas, misalnya pesawat. Dia menambahkan, jangan lupa beri vaksinasi pada buah hati agar terlindung dari serbuan ragam penyakit di dunia luar.