Brilio.net - Kalau mendengar minyak kelapa, apa sih yang pertama kali muncul dalam benakmu? Wujudnya? Aromanya? Atau justru manfaatnya? Pasti banyak deh, yang terlintas di kepala. Karena minyak yang satu ini bukan sembarang minyak lho. Minyak kelapa merupakan minyak yang dibuat dari bahan baku kelapa segar. Untuk mendapatkannya, bisa melalui proses pemanasan atau tanpa pemanasan sama sekali. Setelah itu, kamu baru bisa deh, menikmati khasiat dari minyak kelapa.

Khasiat minyak kelapa memang nggak sedikit. Ada banyak manfaat yang diperoleh terutama untuk kesehatan tubuh. Kalau kamu ingin mendapatkan yang lebih baik lagi bisa mendapatkan dari minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO).

Minyak kelapa yang baik diekstrak dari kelapa yang masih segar tanpa menggunakan tambahan bahan kimia dan tanpa menggunakan suhu tinggi saat mengolahnya. Hal ini akan membuat kandungan alaminya tidak hilang dan rusak.

Minyak kelapa murni memiliki kandungan senyawa phenolic, dan berpotensi sebagai antioksidan yang baik. Selain itu minyak kelapa murni juga mengandung asam laurat, kaprilat, dan kaprat yang dapat menunjang pertumbuhan probiotik di dalam saluran pencernaan dan berfungsi melawan bakteri jahat, jamur, hingga memiliki sifat antibiotik.

Nah, mau tahu apa lagi manfaat minyak kelapa untuk kesehatanmu? Yuk, simak selengkapnya dalam ulasan brilio.net berikut ini, seperti dirangkum dari berbagai sumber pada Rabu (26/8).

Loading...

1. Menjaga kesehatan jantung.

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Jantung merupakan organ vital yang perlu kamu jaga. Memiliki jantung yang sehat merupakan aset yang berharga. Jadi kamu perlu menjaganya termasuk dengan menggunakan minyak kelapa.

Minyak kelapa memiliki kandungan polifenol yang dapat mencegah terjadinya aterosklerosis, yaitu pengerasan dinding pembuluh darah akibat penumpukan plak lemak pada dinding pembuluh darah.

2. Baik untuk penderita diabetes.

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Penyakit ini harus kamu waspadai agar tidak mudah menyerang tubuh.

Namun kamu harus tahu juga, rantai asam lemak dalam minyak kelapa diduga dapat memperbaiki toleransi glukosa dalam tubuh. Pada kasus diabetes tipe 2, minyak kelapa juga dipercaya mampu memperbaiki sensitivitas insulin.

3. Membantu proses diet.

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Apakah kamu sedang melakukan program diet? Kalau iya kamu menemukan jawaban yang tepat. Ada banyak cara dan solusi untuk menurunkan berat badan. Tapi terkadang dalam prosesnya kamu kerap merasa tergoda untuk mengunyah makanan.

Nah, minyak kelapa akan membantumu untuk merasa kenyang lebih lama nih. Minyak kelapa murni ini akan membantu menstimulasi metabolisme, yang bisa menyebabkan kenyang lebih lama.

Lemak yang terkandung dalam minyak kelapa murni juga mudah dihancurkan dan dibakar oleh tubuh. Cara memanfaatkannya gampang banget, kamu hanya perlu mencampur minyak kelapa pada masakanmu.

4. Meminimalisir risiko alzheimer.

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Minyak kelapa juga memiliki kandungan zat keton. Kandungan ini memiliki peran untuk menjaga kesehatan otak. Zat ini sangat baik untuk menjaga fungsi otak saat tubuh memiliki kandungan glukosa yang lebih rendah. Keton juga dapat membantu meningkatkan memori dan sangat berpotensi untuk membantu para penderita alzheimer.

5. Mengatasi kolesterol.

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kolesterol juga nggak kalah sering disebut sebagai salah satu gangguan kesehatan yang bisa menyerang siapa saja. Maka dari itu, kamu perlu memilah makanan yang masuk dalam tubuhmu.

Konsumsi juga makanan yang bisa mengatasi permasalahan ini. Minyak kelapa adalah salah satu bahan yang bisa kamu coba. Minyak kelapa murni ternyata bisa mengurangi lemak jahat yang ada dalam tubuh.

Manfaat minyak kelapa murni dapat mengurangi kolesterol total, lemak jahat, dan trigliserida, dan bisa meningkatkan lemak baik.

6. Merawat kesehatan rambut.

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Minyak kelapa nggak hanya melindungi organ dalam saja lho. Rambutmu juga bisa merasakan manfaatnya dari minyak yang satu ini. Rambut merupakan mahkota bagi seseorang.

Kesehatan dan keindahan rambut juga menjadi sumber kepercayaan diri seseorang. Maka jangan sampai mood mu jadi berantakan gara-gara rambut nggak sehat.

Atasi permasalahan ini dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa dapat membantu dalam pertumbuhan rambut yang sehat dan memberikan rambut yang berkilau. Minyak kelapa juga sangat efektif dalam mengurangi hilangnya protein yang dapat menyebabkan kualitas rambut menjadi tidak sehat.

7. Melembapkan kulit.

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Jangan cuma kulit wajah saja yang kamu perhatian. Keseluruhan kulitmu juga perlu kamu jaga. Kulit menjadi pelindungmu, maka berikan perawatan terbaik agar kulit tetap sehat.

Dengan begitu kamu dapat melakukan berbagai aktivitas dengan nyaman. Nah, salah satu permasalah kulit yang sering terjadi adalah kondisi kulit yang kering.

Sekarang kamu bisa nih mengatasi permasalahan ini dengan menggunakan minyak kelapa. Efek antibakteri yang terdapat pada minyak kelapa juga bisa digunakan pada penyakit kulit eksim dan psoriasis.

Selain itu efek antibakterinya juga sangat berguna untuk melawan penyebaran bakteri stafilokokus pada penyakit ini.