Brilio.net - Buah merupakan salah satu makanan yang dapat membantu manusia memenuhi kebutuhan vitamin dan gizi. Salah satu buah yang kaya vitamin adalah buah lemon. Buah dengan rasa asam ini adalah jenis jeruk yang kaya akan vitamin C, serat, dan berbagai senyawa tanaman bermanfaat.

Selain vitamin C, lemon juga mempunyai berbagai jenis vitamin lain seperti vitamin B5, B3, B1, B2, hingga vitamin E. Bahkan lemon juga mempunyai kandungan mineral yang baik untuk tubuh. Mulai dari potassium, kalsium, kalium, magnesium, zat besi, niasin, hingga asam folat.

Meskipun lemon memiliki rasa sangat asam, banyak manfaat yang akan kita dapatkan apabila mengonsumsinya. Manfaat lemon salah satunya yaitu menjaga kesehatan tubuh dengan cara melakukan detoks tubuh dari racun-racun yang selama ini tersisa di dalam tubuh.

Namun perlu kamu tahu, tidak semua tubuh bisa menerima 'asam'-nya lemon ini. Jadi bagi yang punya perut sensitif, kamu bisa menambahkan bahan manis alami seperti madu atau satu sendok teh pemanis alami nol kalori pada lemon yang akan dikonsumsi.

Manfaat lemon untuk kesehatan akan terasa jika tubuh diimbangi dengan berolahraga dan makan makanan bergizi lainnya. Untuk mengetahui manfaat lemon, yuk simak 10 manfaat lemon untuk kesehatan yang dilansir brilio.net dari healthline dan sumber lainnya pada Rabu (19/8).

Loading...

1. Menjaga kesehatan jantung.

Lemon untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik

Satu lemon menyediakan sekitar 31 mg vitamin C, yang merupakan 51% dari referensi asupan harian (RDI). Penelitian menunjukkan bahwa makan buah dan sayuran yang kaya vitamin C seperti lemon dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Membantu mengontrol berat badan.

Lemon untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik

Lemon sering digunakan sebagai makanan penurun berat badan. Satu teori umum menjelaskan bahwa serat pektin larut di dalam lemon dapat mengembang di perut dan membantu seseorang merasa kenyang lebih lama.

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa tanaman dalam ekstrak lemon dapat membantu mencegah atau mengurangi penambahan berat badan dengan berbagai cara, bisa dengan dimakan atau diminum dalam bentuk jus.

3. Mencegah batu ginjal.

Lemon untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik

Batu ginjal adalah gumpalan kecil yang terbentuk saat produk limbah mengkristal dan menumpuk di ginjal seseorang. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa lemon efektif mencegah batu ginjal, tetapi hasilnya beragam.

Hal ini dikarenakan kandungan asam sitrat dalam lemon yang dapat membantu mencegah batu ginjal dengan meningkatkan volume urin dan meningkatkan pH urin, serta menciptakan lingkungan yang kurang menguntungkan untuk pembentukan batu ginjal.

4. Mencegah anemia.

Lemon untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik

Anemia terjadi karena tubuh kekurangan zat besi. Lemon mengandung beberapa zat besi, sehingga dapat mencegah anemia dengan diimbangi mengonsumsi makanan nabati agar penyerapan zat besi pada tubuh dapat optimal. Lemon juga mengandung vitamin C dan asam sitrat yang dapat melindungi dari anemia dengan memastikan bahwa tubuhmu menyerap zat besi sebanyak mungkin dari makanan lainnya juga.

5. Mengurangi risiko kanker.

Lemon untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik

Diet sehat yang kaya buah dan sayuran dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker. Beberapa penelitian observasi menemukan bahwa orang yang makan buah jeruk seperti lemon, memiliki risiko lebih rendah terkena kanker.

Dalam penelitian tabung reaksi, banyak senyawa dari lemon telah membunuh sel kanker. Beberapa peneliti berpikir bahwa senyawa tanaman yang ditemukan dalam lemon, seperti limonene dan naringenin dapat memiliki efek antikanker, tetapi hipotesis ini perlu diselidiki lebih lanjut.

6. Meningkatkan kesehatan pencernaan.

Lemon untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik

Lemon terdiri dari sekitar 10% karbohidrat, sebagian besar dalam bentuk serat larut dan gula sederhana. Serat utama dalam lemon adalah pektin, sejenis serat larut yang dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Serat larut dapat meningkatkan kesehatan usus dan memperlambat pencernaan gula dan pati. Efek inilah yang dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah dalam tubuh.

7. Meningkatkan sistem imun.

Lemon untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik

Manfaat buah lemon bagi kesehatan berikutnya adalah mampu meningkat kekebalan tubuh dengan meningkatkan sistem imun. Manfaat ini masih didapatkan dari peran vitamin sebagai zat antioksidan yang mampu merangsang sistem imun tubuh yang lebih kuat.

8. Mengontrol tekanan darah.

Lemon untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik

Lemon diketahui memiliki serat dan minyak esensial alami yang mampu mengontrol kadar kolesterol darah dengan baik. Mengonsumsi lemon dengan berbagai cara seperti dimakan atau diminum dalam bentuk jus, dapat membantu mengontrol tekanan darah.

9. Menurunkan risiko stroke.

Lemon untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik

Kandungan vitamin C dalam lemon berperan sebagai zat antioksidan flavonoid yang dapat bekerja menurunkan risiko stroke iskemik pada wanita. Tak hanya itu, kandungan flavonoid pun dinilai ampuh mencegah penyakit stroke secara umum. Sebab, dengan konsumsi buah lemon tubuh bisa mendapatkan asupan vitamin C yang cukup. Mengingat salah satu penyebab penyakit stroke sendiri adalah kurangnya kadar vitamin C pada darah.

10. Mengatasi sakit tenggorokan.

Lemon untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik

Kandungan vitamin C di dalam lemon merupakan antioksidan alami yang berguna untuk menambah sistem kekebalan tubuh serta bersifat anti-bakteri. Minuman jus lemon akan membantu mengurangi pembengkakan di dalam tenggorokan. Kemudian zat asamnya akan menghilangkan virus dan bakteri berbahaya.