Brilio.net - Dalam keadaan karantina virus corona untuk menghadapi pandemi Covid-19 seperti saat ini, kebutuhan sehari-hari menjadi sangat penting. Namun ketika kebutuhan ternyata habis dan tidak dapat dibeli secara online, maka mau tak mau kamu harus keluar rumah untuk membelinya sendiri.

Tapi karena penyebaran virus corona semakin meluas, membuat orang was-was keluar rumah. Padahal kebutuhan rumah harus tetap terpenuhi. Ya kan?

Sebelum memutuskan keluar, sebaiknya kamu mengerti dahulu kiat-kiat aman agar terhindar dari penyebaran virus corona atau Covid-19. Sebab pemerintah sendiri meminta masyarakat untuk physical distancing. Berbelanja di supermarket pun termasuk kegiatan yang boleh dilakukan asal dengan waspada dan berhati-hati.

Selama kamu dalam keadaan sehat dan tidak termasuk dalam golongan lanjut usia atau seorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, belanja kebutuhan pokok di luar dapat dilakukan dengan aman.

Nah, demi menjaga diri agar tidak terpapar infeksi virus corona kepada banyak orang di supermarket, ada baiknya jangan berlama-lama selama belanja.

Lalu seperti apa cara aman belanja cepat di supermarket?

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (8/4), berikut 7 cara aman belanja cepat di supermarket selama pandemi virus corona.

1. Membuat daftar barang belanja.

belanja cepat di supermarket © 2020 freepik.com

foto: freepik.com

Masa pandemi corona juga patut dijadikan momen untuk belajar hidup hemat. Dianjurkan pula untuk selalu berbelanja dengan daftar barang belanja. Hal ini akan membantu kamu membeli semua yang dibutuhkan tanpa harus kembali ke supermarket atau pasar berkali-kali.

Catat semua daftar belanja makanan dan juga daftar kebutuhan rumah tangga lainnya. Setibanya di sana, kamu harus fokus perhatikan untuk mencari semua barang yang tertera dalam daftar belanja. Mempersiapkan daftar belanja juga merupakan salah satu cara penting untuk menghemat waktu di supermarket.

2. Menggunakan masker dan sarung tangan.

belanja cepat di supermarket © 2020 freepik.com

foto: freepik.com

Salah satu cara melindungi diri dari paparan virus corona, yakni dengan menggunakan masker dan juga memakai sarung tangan. Ya, kamu dapat menggunakannya sarung tangan ketika belanja di supermarket apalagi saat mengambil produk-produk dan juga saat bertransaksi. Tetapi saat ini yang terbaik adalah menghindari menyentuh apa pun yang tidak perlu, cukup menggunakan mata untuk menentukan pilihan.

Jika makanan tersebut dibungkus dengan kantong plastik, berhati-hatilah untuk menyentuhnya. Hanya sentuh yang benar-benar kamu ambil. Jangan lupa menggunakan penutup hidung dan mulut selama pergi belanja di supermarket maupun di pasar.

3. Hindari belanja di jam sibuk.

belanja cepat di supermarket © 2020 freepik.com

foto: freepik.com

Ketika pandemi corona, masyarakat dianjurkan untuk melakukan physical distancing atau menjaga jarak fisik. Nah, salah satu caranya dengan memilih waktu yang tepat atau menghindari waktu belanja di jam sibuk, seperti siang hari atau pagi-pagi sekali saat supermarketnya baru buka.

4. Siapkan pembersih.

belanja cepat di supermarket © 2020 freepik.com

foto: freepik.com

Saat sampai di supermarket, gunakan lap pembersih untuk mengelap dan menggosok bagian yang banyak disentuh orang, seperti keranjang dan pegangan troli. Hal ini juga bisa dilakukan ketika kamu lupa membawa sarung tangan.

Setelah selesai belanja segeralah keluar dari jalur pembayaran. Kemudian gunakan pembersih tangan atau hand sanitizer lalu cuci tangan.

5. Hindari menyentuh area wajah.

belanja cepat di supermarket © 2020 freepik.com

foto: freepik.com

Melindungi area tubuh yang terbuka seperti mata, mulut, dan hidung adalah hal paling penting. Sebab ketiga organ tubuh itulah yang menjadi titik awal masuknya virus corona.

Sebagai bentuk antisipasi yang mujarab, jangan menyentuh tiga area tersebut terlebih selama melakukan transaksi di supermarket. Karena kita tidak pernah tahu apakah barang atau produk masih bersih dari mikroorganisme.

6. Jangan menimbun belanjaan.

belanja cepat di supermarket © 2020 freepik.com

foto: freepik.com

Sebaiknya untuk persediaan selama karantina, membeli makanan secukupnya atau setidaknya untuk selama dua minggu ke depan. Sebab jika menimbun barang terlalu banyak akan membuat kamu menjadi lebih boros. Selain itu juga bisa menyebabkan kesulitan bagi orang lain untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga mereka.

7. Langsung membersihkan diri setibanya di rumah.

belanja cepat di supermarket © 2020 freepik.com

foto: freepik.com

Setibanya di rumah dari berbelanja di supermarket, segeralah membersihkan diri, seperti mengganti baju dan celana. Sebab kita tak pernah tahu apakah ada virus yang menempel pada baju atau tubuhmu.

Kamu bisa menyemprotkan cairan disinfektan ke seluruh pakaian dan sepatu sebelum masuk ke rumah. Langsung bergegas ke kamar mandi untuk membersihkan diri. Jangan lupa buang semua kertas struk dan plastik di tempat sampah luar.

(brl/gib)

(brl/gib)