Brilio.net - Penularan virus corona atau Covid-19 hingga kini masih meluas ke berbagai negara. Pemerintah pun terus bekerja keras mengatasinya.

Di tengah semua orang berupaya menghindar dari penularan, yang dilakukan wali kota di Jerman ini menuai kontroversi. Dia mengaku sengaja menginfeksi dirinya sendiri dengan virus corona.

Dilansir brilio.net dari dari New York Times, Rabu (8/4), Stephan Von Dassel, wali kota Distrik Berlin, Jerman mengungkapkan jika ia tertular pandemi virus corona dari pasangannya atas kesadarannya sendiri. Von Dassel mengatakan kepada penyiar publik RBB bahwa ia sengaja melakukannya agar mendapatkan imunitas dari virus corona dan tetap bisa bekerja di tengah wabah.

Von Dassel mengira jika saat ia terinfeksi virus corona, ia hanya akan sakit selama kurang lebih tiga hari saja dan akan sembuh tanpa menularkan ke orang lain.

Namun ternyata yang ia alami jauh lebih buruk dari yang dibayangkannya. "Saya sakit lebih lama dari yang saya kira," ungkapnya.

Keputusannya jelas menuai kontroversi karena bertentangan dengan anjuran social distancing demi memutus rantai penyebarannya.

Namun, Von mengaku sangat bertanggung jawab. Ia tetap mematuhi perintah dari pemerintah untuk dikarantina hingga sembuh dari paparan virus Covid-19.

"Mungkin pernyataan saya di radio hari ini menyesatkan, tapi perilaku saya bertanggung jawab. Saya adalah, saya dan tetap di karantina, sampai saya tidak lagi menular," ungkapnya.

Dalam keterangan yang dirilis Kantor Distik Berlin Mitte, hidup dengan orang yang positif terpapar virus corona "hampir tidak terhindarkan". Ia pun memutuskan untuk tinggal di hotel atau di tempat lain yang jauh dari pasangannya, karena ketika ia dikarantina dengan pasangannya justru itu akan membuatnya sulit untuk sembuh.

(brl/pep)

(brl/pep)