Brilio.net - Kesehatan jadi aset yang berharga. Apalagi kondisi saat ini sangat memungkinkan untuk membuatmu terserang berbagai penyakit. Cuaca yang nggak menentu dan setumpuk kegiatan tentu akan semakin menguras tenagamu. Maka dari itu penting untuk kamu menjaga kesehatan sebaik mungkin.

Tentu ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh agar selalu fit. Mulai dari menjaga asupan makanan, berolahraga hingga menghindari stres. Untuk mempertahankan kesehatan, kamu juga bisa mengonsumsi vitamin dan nutrisi tambahan untuk tubuh.

Untuk menjaga kesehatan, nggak perlu bingung harus memilih apa. Ada banyak asupan nutrisi sehat yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah dengan menggunakan lemon dan kunyit.

Yaps, dua bahan alami ini pasti sudah nggak asing untuk kamu. Lemon dan kunyit kerap digunakan dalam berbagai jenis masakan. Pencampuran duo bahan alami ini bisa meningkatkan cita rasa makananmu.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Tapi kamu tahu nggak sih, lemon dan kunyit memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan. Bahkan kandungan nutrisi di dalamnya juga bisa membantu untuk proses diet sehat. Nah apalagi sih manfaat dari lemon dan kunyit? Simak selengkapnya ya, dalam ulasan brilio.net pada Rabu (26/8) dari berbagai sumber.

1. Menjaga kesehatan pencernaan.

Manfaat lemon dan kunyit © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Gangguan kesehatan pada pencernaan akan mengganggu aktivitasmu. Jangan sampai situasi ini muncul di momen pentingmu. Karena dampaknya akan membuatmu jadi cemas dan nggak percaya diri. Maka dari itu kamu perlu menjaga kesehatan pencernaanmu, salah satunya dengan menggunakan lemon.

Caranya, kamu hanya perlu menyediakan air lemon hangat. Air lemon hangat sangat baik dalam membersihkan liver. Kandungan dalam lemon dapat meningkatkan gerakan peristaltik di perut.

Selain itu lemon juga cocok untuk kamu yang ingin buang air besar secara teratur. Hal ini seperti pemurni darah, air lemon hangat baik diminum setelah makan siang atau makan malam.

Di sisi lain, untuk melancarkan pencernaan kamu juga bisa menggunakan air kunyit hangat secara rutin. Kunyit dapat merangsang pelepasan empedu di dalam tubuh, jadi bisa memperlancar pencernaan dengan baik.

 

2. Menyehatkan jantung.

Manfaat lemon dan kunyit © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Lemon dan kunyit menjadi bahan yang perlu kamu sediakan di rumah. Nggak cuma bermanfaat sebagai bumbu masakan dua bahan ini juga memberikan dampak baik untuk kesehatan jantungmu. Lemon adalah salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi agar terhindar dari penyakit jantung.

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi sangat berguna untuk mencegah resiko terkena penyakit jantung. Karena kekurangan vitamin C di dalam darah bisa mengarah pada penyakit-penyakit serius yang berhubungan dengan jantung seperti stroke dan serangan jantung.

Kamu juga bisa mengonsumsi kunyit secara rutin untuk menjaga kesehatan jantung. Kunyit mengandung kurkumin yang dapat membantu membersihkan darah, terhindar dari pembekuan, sehingga dinding jantung terhindar dari plak yang menempel.

 

3. Meredakan stres.

Manfaat lemon dan kunyit © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Stres tak terhindarkan saat kondisi dalam banyak tekanan dan tuntutan? Entah tertekan karena pekerjaan ataupun tugas yang nggak selesai-selesai. Nah jangan panik, kamu hanya perlu tenang dan mengatasinya. Nggak perlu repot untuk meredakan stres. Kamu bisa mencoba untuk mengatasinya dengan lemon dan kunyit.

Lemon mengandung minyak esensial yang berguna untuk meningkatkan mood. Sementara itu kunyit mengandung karotenoid dan vitamin B. Dua khasiat ini dapat meningkatkan kadar serotonin pada otak. Kunyit juga tinggi akan polifenol atau kurkumin yang sangat baik untuk kinerja otak. Hal ini menjadikan kunyit sebagai salah satu solusi untuk meredakan stres.

 

4. Menjaga organ hati.

Manfaat lemon dan kunyit © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Lemon dan kunyit adalah dua bahan alami yang sama-sama memiliki manfaat untuk menjaga organ hati. Dengan mengonsumsi kunyit secara rutin, membantu tubuh melakukan regenerasi sel, melindungi tubuh dari kerusakan organ dalam. Kunyit dapat merangsang empedu agar dapat bekerja dengan baik.

Sementara itu, kandungan kolin di dalam lesitin dan minyak pada kulit lemon dapat mendetoksifikasi hati agar bekerja lebih efektif. Oleh sebab itu manfaat lemon untuk kesehatan lainnya adalah detoksifikasi hati. Untuk mendapatkan manfaatnya kamu bisa menikmati jus lemon untuk memulai detoksifikasi tubuh dan meningkatkan sistem kerja pencernaan.

 

5. Mengatasi perut buncit.

Manfaat lemon dan kunyit © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan perut menjadi buncit. Mulai dari pola makan yang tidak teratur sampai pola hidup yang tidak sehat. Kondisi ini bisa membuat tubuh mnejadi tidak nyaman. Ditambah juga perut membuncit juga bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang.

Tapi kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi perasan air lemon yang telah dicampur dengan segelas air hangat setiap sore dan minimal 3 kali dalam seminggu. Perut dengan kondisi buncit juga bisa disebabkan karena kembung lho.

Kurkumin dalam kunyit dapat membantu otot organ pencernaan bergerak lebih lancar. Hal ini membuat otot organ dapat bergerak seperti seharusnya untuk mengurangi tekanan gas dalam perut dan menghentikan produksi asam lambung berlebih yang menyebabkan perut kembung.

6. Menurunkan berat badan.

Manfaat lemon dan kunyit © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Diet kerap kali dipilih sebagai jalan untuk menurunkan berat badan. Boleh-boleh saja, asal kamu melakukannya dengan aman dan juga sehat. Selain itu kamu juga perlu menyesuaikan diet dengan kondisi tubuhmu ya. Sehingga jangan sampai kamu melakukan diet dan berujung menyiksa diri sendiri.

Kalau kamu ingin melakukan diet dengan bahan alami, lemon bisa jadi salah satu pilihannya. Kandungan asam sitrat yang sangat tinggi pada buah jeruk lemon dapat menurunkan berat badan secara cepat dan drastis. Mengonsumsi segelas air hangat yang telah dicampur dengan perasan jeruk lemon setiap pagi hari dapat menghindarkan tubuh dari obesitas atau kelebihan berat badan.

Kalau kamu nggak suka lemon, cobain deh menggunakan kunyit. Kurkumin pada kunyit berfungsi menekan respon peradangan pada sel tubuh, termasuk sel pankreas, lemak, dan otot.

Reaksi ini dapat membantu mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah, dan kolesterol serta gangguan metabolik lainnya akibat berat badan berlebih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menambahkannya dengan asam jawa.

(brl/lea)