Brilio.net - Bunga kembang sepatu merupakan jenis tanaman yang cukup dikenal di kalangan masyarakat. Bunga yang memiliki nama latin Hibiscus rosasinesis kerap dijadikan hiasan oleh setiap orang karena karena punya warna yang cerah. Namun tak banyak yang tahu bahwa bunga sepatu memiliki manfaat cukup tinggi untuk manusia setiap harinya.

Beberapa bagian dari bunga sepatu kaya akan kandungan nutrisi yang dapat digunakan sebagai pengobatan genetik maupun herbal. Salah satu yang menarik adalah bunga sepatu memiliki manfaat tinggi di dunia kecantikan. Tak hanya itu saja, kandungan antioksidan berupa antitoksin dan flavonoids yang terdapat pada bunga sepatu dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit.

Bagian bunga yang mengandung gossy peptin anthocyanin dan glucoside hibiscin mempunyai efek diuretic dan choleretic, memperlancar peredaran darah, mencegah tekanan darah tinggi, serta berfungsi sebagai tonik atau obat kuat. Sekitar 15-30 persen dari tanaman bunga sepatu terdiri dari asam tanaman. Termasuk asam sitrat, asam malat, asam tartarat dan allo-hidroksisitrat lakton asam, yaitu asam kembang sepatu.

Lalu apa saja manfaat bunga sepatu untuk kecantikan? Berikut beberapa manfaatnya, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (2/4).

1. Mencegah jerawat.

Loading...

 Manfaat bunga sepatu istimewa

foto: pixabay.com

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa bunga kembang sepatu mengandung antioksidan dalam bentuk vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan tersebut mampu menjadi obat pencegah jerawat.

Cara menggunakannya sangat mudah. Sediakan 5 kuntum bunga sepatu, 5 lembar daunnya, serta 230 ml minyak zaitun. Tumbuk halus secara bersamaan, kemudian panaskan, kemudian dinginkan, lalu oleskan pada wajah berjerawat secara teratur.

2. Mengatasi rambut rontok.

 Manfaat bunga sepatu istimewa

foto: pixabay.com

Nutrisi yang terkandung di dalam bunga sepatu juga sangat baik untuk memperlancar peredaran darah di kulit kepala, sehingga dapat mengatasi kerontokan. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Kamu tinggal membuat masker rambut dan conditioner dari kelopak dan daun bunga sepatu.

Haluskan secara bersamaan bunga dan daunnya, lalu gunakan untuk masker. Gunakan secara rutin dan rasakan perbedaannya.

3. Mencegah penuaan dini.

 Manfaat bunga sepatu istimewa

foto: theactivetimes.com

Bunga sepatu mengandung emollient dan vitamin C yang berfungsi untuk menjaga keremajaan sel-sel kulit. Cara menggunakannya sangat mudah. Sediakan 5 kuntum bunga sepatu, 5 lembar daunnya, serta 230 ml minyak zaitun. Tumbuk halus secara bersamaan, kemudian panaskan, lalu dinginkan.

Setelah menjadi minyak, kamu bisa menggunakannya secara rutin ke wajah. Lakukan pemijatan ringan untuk melancarkan peredaran darah.

4. Mengangkat sel kulit mati.

 Manfaat bunga sepatu istimewa

foto: pixabay.com

Bunga kembang sepatu mengandung Alphahydroxy Acids (AHA) dan asam amino yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Cara menggunakannya sediakan bunga sepatu, gosokkan ke kulit secara perlahan, lalu bilas hingga bersih.

5. Mencegah uban.

 Manfaat bunga sepatu istimewa

foto: pixabay.com

Bunga kembang sepatu mengandung asam amino yang berfungsi untuk meningkatkan produksi keratin dan berbagai kandungan vitamin lainnya untuk menutrisi dan menjaga kesehatan folikel rambut. Dengan begitu, kilau hitam dan kelembapan rambut pun akan tetap terjaga dengan baik.

6. Sebagai eksfoliator alami.

 Manfaat bunga sepatu istimewa

foto: pixabay.com

Kandungan AHA dalam bunga sepatu ternyata dapat membantu mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit jadi lebih halus dan bebas dari kusam. Selain itu, kandungan pro vitamin B5 dan emollient alaminya juga dikenal efektif dalam menjaga kelembapan alami kulit.