Brilio.net - Semenjak virus Corona mewabah di Indonesia, semakin sering kita mendengar anjuran untuk menjaga kebersihan. Virus Corona atau COVID-19 menjadi virus yang masih baru untuk Indonesia, sehingga para ahli masih harus terus melakukan penelitian mengenai virus ini.

Menurut WHO, virus Corona adalah keluarga virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Pada manusia, beberapa virus Corona diketahui menyebabkan infeksi pernapasan mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti MERS dan SARS. Virus Corona yang paling baru ditemukan menyebabkan penyakit coronavirus COVID-19.

Berdasarkan data WHO pada Jumat (20/3) tercatat 220.313 orang positif terjangkit Corona, 85.769 orang dinyatakan sembuh, dan 8.983 orang meninggal dunia akibat virus ini. Sedangkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melaporkan sebanyak 309 orang dinyatakan positif Corona, 15 orang sembuh, dan 25 orang meninggal dunia akibat virus Corona atau COVID-19.

Maka dari itu, yang bisa kamu lakukan dalam membentengi diri adalah dengan cara menjaga kebersihan. Sepintas, menjaga kebersihan merupakan kegiatan yang sepele untuk dilakukan. Namun faktanya nggak semua orang bisa melakukan dengan tepat lho.

Membersihkan tangan nggak sekadar membilas dengan air bersih. Hal itu dianggap kurang efektif dalam membuat tangan kita terhindar dari kuman. Walaupun sekilas tampak tidak perlu tapi menjaga kebersihan tangan mampu memberikan banyak dampak baik untuk kamu lho.

Loading...

Kondisi tangan yang bersih mampu menghindarkan kita dari beberapa penyakit seperti diare, iritasi, dan juga permasalahan yang bisa tertular melalui tangan. Yaps, tangan menjadi perantara yang ampuh untuk menularkan berbagai macam penyakit. Maka penting untuk kamu memperhatikan kebersihan dan juga kesehatan tangan.

Apalagi saat ini wabah Corona masih menjadi salah satu perhatian masyarakat Indonesia. Nah seperti apa sih cara merawat kebersihan tangan yang tepat? Dan pada jam berapa saja kamu perlu melakukan pembersihan tangan? Simak yuk ulasan brilio.net pada Jumat (20/3) dari covid19.go.id.

Langkah mencuci tangan.

Cara membersihkan tangan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

1. Pertama, kamu perlu membasahi tangan terlebih dahulu dengan air mengalir. Gunakan sabun pada telapak tangan kemudian gosok pada permukaan tangan. Lalu usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar.

2. Selanjutnya, usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian.

3. Gosok sela-sela jari tangan secara bergantian.

4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci.

5. Lalu gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian.

6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan.

7. Terakhir bilas dengan air bersih dan keringkan.

Waktu tepat untuk mencuci tangan.

Cara membersihkan tangan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Mencuci tangan disarankan agar menggunakan air mengalir dan juga sabun. Hal ini dipercaya lebih baik untuk membersihkan tangan. Kalau kamu sudah melakukan cuci tangan dengan tepat, kamu juga perlu pahami kapan waktu yang tepat untuk membersihkan tangan. Dengan memahami ini, kamu juga bisa meminimalisir penyebaran virus Corona. Menurut situs resmi covid19.go.id, ada 5 waktu penting untuk melakukan "cuci tangan pakai sabun" atau CTPS.

1. Sebelum makan.

Yaps, mencuci tangan sebelum makan pasti sudah nggak asing lagi dong dalam kebiasaanmu. Mungkin sejak kecil kamu sudah diajarkan untuk selalu membersihkan tangan sebelum memasukkan makanan ke mulut. Hal ini penting dilakukan agar makanan yang masuk ke dalam tubuh kita sudah bersih dari kuman dan juga virus yang ada di tangan. Meskipun kamu menggunakan sendok, sebaiknya tetap cuci tangan terlebih dahulu ya.

2. Setelah BAB.

Wah untuk yang satu ini kamu pasti sudah paham dong. Penting untuk kamu membersihkan tangan setelah beraktivitas di kamar mandi. Tidak hanya ketika Buang Air Besar (BAB), saat kamu Buang Air Kecil (BAK) pun juga perlu membersihkan tangan sesudahnya. Kamar mandi bisa menjadi sarang kuman, jadi jangan sampai kamu membawa kuman ketika sudah meninggalkan kamar mandi ya.

3. Sebelum menjamah makanan.

Tangan adalah organ yang sering kita gunakan untuk melakukan berbagai hal. Melalui tangan, kamu bisa menyentuh berbagai benda yang bisa jadi memiliki kandungan virus. Apalagi ketika kamu berada di area makanan, kamu perlu memastikan tangan sudah bersih terlebih dahulu. Nggak mau dong kalau kuman dan virus tersebut masuk ke tubuhmu?

4. Sebelum menyusui.

Menyusui adalah proses bayi mendapatkan asupan makanan dari ASI ibu. Maka dari itu pastikan kamu sudah mencuci tangan sebelum melakukannya. Jangan sampai bayi menyusu dengan tangan dari ibu yang tidak bersih. Apalagi bayi memiliki kulit sensitif dan juga imunitas yang tidak lebih kuat dari orangtua. Maka akan lebih rentan bagi bayi untuk terjangkit berbagai penyakit.

5. Setelah beraktivitas.

Jangan lupa akhiri segala kegiatanmu dengan mencuci tangan ya. Bahkan akan lebih baik jika sekaligus membersihkan seluruh badan. Setelah berkegiatan di luar memungkinkan kamu membawa berbagai virus dan kuman pada tubuh. Ganti juga pakaianmu setelah membersihkan diri ya.