Brilio.net - Menyikapi kondisi terkini terkait penyebaran virus Corona atau COVID-19, diharapkan semua orang mau mengikuti imbauan dari pemerintah dan mengambil langkah preventif untuk mencegah penyebaran virus yang kini sedang diperangi bersama penduduk dunia.

Langkah beberapa negara untuk menekan penyebaran virus Corona yakni dengan langkah lockdown atau penguncian wilayah. Aturan ini diterapkan agar masyarakat tidak keluar rumah dan diminta untuk mengganti sementara aktivitasnya di luar ruangan.

Indonesia memang tidak melakukan hal serupa, mengingat aktivitas perekonomian masyarakat. Hal ini pun disampaikan langsung oleh Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito.

"Di Indonesia banyak sekali yang bekerja mengandalkan upah harian. Itu menjadi salah satu kepedulian pemerintah, supaya aktivitas ekonomi tetap berjalan," tutur Wiku di Kantor Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, seperti dilansir dari liputan6.com.

Meski lockdown tidak diberlakukan di Indonesia, namun pemerintah menerapkan aturan lain untuk mengurangi penyebaran COVID-19, yakni dengan mengajak masyarakat melakukan pembatasan interaksi sosial atau social distancing terkait virus Corona. Hal itu didukung dengan kebijakan setiap kepala daerah di antaranya meliburkan sekolah dan menutup sementara tempat wisata.

Loading...

"Lockdown artinya membatasi betul-betul satu wilayah atau daerah dan itu memiliki implikasi ekonomi, sosial, keamanan. Maka itu kebijakan belum bisa diambil saat ini. Kembali social distancing yang paling penting," jelas dia.

Lalu bagaimana jika masih ada yang bekerja di kantor? Pemerintah memang menganjurkan agar setiap orang bisa mengerjakan pekerjaannya di rumah. Namun ada beberapa alasan yang akhirnya membuat beberapa perusahaan masih memberlakukan bekerja di kantor.

Bagi kamu yang bekerja di kantor, tetap tenang dan lakukan beberapa tahapan yang bisa mencegah menyebaran Virus Corona. Hal ini harus dimulai dari kesadaran diri sendiri. Apa saja? Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (20/3).

1. Tingkatkan kebugaran tubuh.

Cara mudah mencegah penularan virus corona di tempat kerja istimewa

foto: sleepify.co

Penting bagi kamu yang masih menjalani aktivitas di luar untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Bangun lebih awal dari biasanya agar bisa berolahraga pagi di rumah.

Sebelum berangkat ke kantor pastikan semua keperluan tubuh terpenuhi, terutama sarapan dan mengonsumsi vitamin peningkat daya tahan tubuh. Selalu pastikan untuk membawa masker dan hand sanitizer.

2. Pastikan tempat kerja bersih dan higienis.

Cara mudah mencegah penularan virus corona di tempat kerja istimewa

foto: nbcnews.com

Biasanya ruang kerjaan atau kantor sudah dibersihkan oleh office boy atau cleaning service. Meski begitu kamu tetap harus melakukan pengecekan ulang. Bersihkan kembali meja, kursi, PC dan beberapa hal yang ada di sekitar kamu.

Hal ini perlu kamu lakukan lantaran tempat kerja menjadi tempat berkumpulnya banyak orang. Beberapa benda-benda sekitar dan bahkan meja kerjamu disentuh oleh banyak orang. Oleh karenanya membersihkan ulang menjadi solusi terbaik.

3. Cuci tangan.

Cara mudah mencegah penularan virus corona di tempat kerja istimewa

foto: wellandgood.com

Cuci tangan menjadi yang wajib dilakukan. Sebenarnya kebiasaan ini sudah harus dilakukan sejak dulu, bahkan sebelum virus Corona merebak. Namun ketika situasi seperti sekarang ini, maka mencuci tangan perlu dilakukan lebih ekstra.

Ikuti tahapan mencuci tangan yang benar, dan pastikan untuk menggunakan hand sanitizer setiap kali habis memegang benda-benda tertentu.

4. Sarankan rekan kerja yang sakit untuk tetap di rumah.

Cara mudah mencegah penularan virus corona di tempat kerja istimewa

foto: themuse.com

Pencegahan virus Corona harus dilakukan secara bersamaan. Saling mengingatkan adalah yang perlu dilakukan. Misalnya saja, ada teman sekantor yang kurang sehat, mintalah dia untuk tetap di rumah sampai benar-benar pulih.

Jika perlu sarankan teman kamu untuk mengunjungi rumah sakit dan memeriksa kesehatannya. Hal ini dianggap penting karena tidak ada yang tahu mengenai kondisi fisik seseorang.

5. Gunakan masker ketika tidak sehat.

Cara mudah mencegah penularan virus corona di tempat kerja istimewa

foto: asiaone.com

Jika memang ada hal yang mendesak dan memaksa kamu untuk datang ke kantor meski dalam keadaan flu atau batuk, cobalah untuk mengenakan masker. Hal ini penting untuk mencegah penyebaran virus, baik untuk orang lain maupun diri sendiri.

6. Jaga jarak dengan teman sekantor.

Cara mudah mencegah penularan virus corona di tempat kerja istimewa

foto: pri.org

Social distancing yang diterapkan pemerintah perlu dijalani. Pastikan untuk menjaga jarak antar teman sekantor. Meski kamu tahu temanmu dalam keadaan sehat, tetap saja menjaga jarak sangat perlu dilakukan saat ini.

Jika tidak ada keperluan mendesak untuk mengunjungi meja teman sekantor, lebih baik untuk tidak melakukannya. Kamu bisa memulai perkacapan melalui pesan singkat secara online.