Brilio.net - Menjaga kesehatan merupakan satu hal yang wajib dijaga oleh siapapun. Terlebih menjaga kesehatan pada organ-organ tubuh terpenting yang memang bisa berakibat fatal jika diabaikan. Salah satunya adalah menjaga kesehatan paru-paru, pasalnya paru-paru memiliki peranan penting dalam sistem pernapasan manusia.

Terlebih dalam kondisi sekarang ini, di mana dunia sedang menghadapi pandemi virus corona. Sangat dianjurkan untuk selalu menjaga kesehatan paru-paru, yakni dengan menjaga pola hidup sehat dan selalu menggunakan masker ketika sedang berada di luar ruangan, atau ketika dalam keadaan kurang sehat.

Paru-paru dapat tercemari oleh polusi, asap kendaraan, hingga asap rokok. Bagi kamu perokok aktif, penting sekali mengetahui bagaimana cara membersihkan paru-paru.

Dihimpun dari berbagai sumber, paru-paru memang memiliki mekanisme mandiri untuk membersihkan diri, namun tidak ada salahnya jika kamu juga mengupayakan beberapa cara untuk membantu membersihkan paru-paru.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan pari-paru, misalnya dengan melakukan terapi uap, caranya dengan menghirup uap air untuk membuka saluran udara dan membantu paru-paru mengeringkan lendir. Lalu kamu juga diwajibkan untuk rutin olahraga, mengonsumsi makanan antiinflamasi untuk mengurangi peradangan di paru-paru, yang bisa menyebabkan sesak napas dan gejala penyakit pernapasan lainnya.

Loading...

Tapi selain cara di atas, masih ada beberapa cara sederhana lainnya yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Apa saja ya?

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (16/7), berikut cara alami membersihkan paru-paru.

1. Konsumsi teh hijau.

Cara alami bersihkan paru-paru, © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Teh hijau sejak lama memang sudah dikenal dengan khasiatnya yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan. Minuman sehat ini mengandung banyak antioksidan yang berpotensi membersihkan segala peradangan dalam paru-paru, yang bisa disebabkan polusi dan asap rokok.

2. Bawang putih.

Cara alami bersihkan paru-paru, © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Bumbu masak ini bisa menjadi pilihan kamu untuk membersihkan paru-paru, pasalnya bawang putih memiliki sifat antiinflamasi. Kadar allicin dalam bawang putih bisa membantu melawan infeksi dan peradangan pada paru-paru.

3. Kacang-kacangan.

Cara alami bersihkan paru-paru, © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Paru-paru sangat membutuhkan kadar hemoglobin yang sehat agar dapat menyebarkan oksigen dalam tubuh. Dengan mengonsumsi kacang-kacangan juga dapat memberikan kesehatan pada paru-paru, sebab kacang bisa meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

4. Jeruk nipis.

Cara alami bersihkan paru-paru, © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Jika tidak ada jeruk nipis, kamu bisa menggantinya dengan lemon. Begitu juga sebaliknya. Keduanya memiliki kandungan yang sama untuk membersihkan paru-paru.  

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam air lemon atau jeruk nipis sangat berguna untuk melindungi paru-paru dari zat-zat berbahaya. Rutin mengonsumsinya akan sangat membantu meningkatkan kesehatan paru-paru.

5. Brokoli.

Cara alami bersihkan paru-paru, © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Jenis sayuran hijau ini dikenal sangat bagus dalam membersihkan paru-paru. Sebab brokoli mengandung vitamin C, karotenoid, folat, dan fitokimia yang bisa membantu mencegah kerusakan paru-paru.

Kamu juga bisa mengolahnya ke dalam beberapa jenis masakan, namun lebih baik direbus atau dijus saja.

6. Perbanyak konsumsi air putih.

Cara alami bersihkan paru-paru, © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Air putih sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak cuma membantu membersihkan paru-paru saja, namun juga berguna menjaga kesehatan organ tubuh lainnya, seperti ginjal.

Mengonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari akan sangat membantu menjaga kebugaran tubuh kamu dan juga membuat kulit lebih indah.