Brilio.net - Asma merupakan penyakit yang menyerang pernapasan seseorang. Kondisi ini membuat terasa nyeri dan seperti diikat dengan sangat kencang, sehingga sulit untuk bernapas. Sejauh ini memang asma sulit disembuhkan, namun masih bisa diredakan.

Jika kamu mengalami penyakit asma, maka yang harus dilakukan agar tidak mudah kambuh adalah menghindari hal-hal yang menjadi pantangan. Misalnya, tidak terlalu capek, hindari stres dan lainnya. Hal terpenting adalah rajin olahraga, namun pastikan yang ringan saja.

Jika asma menyerang, maka kamu bisa meredakannya dengan beberapa bahan alami atau tanaman obat. Selain lebih aman, obat herbal biasanya lebih manjur dan membuat kamu jauh lebih tenang setelah itu.

Apa saja? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (4/2).

1. Bawang putih.

Tanaman obat asma freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Bawang putih memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk meredakan asma. Hal ini dikarenakan sifat anti-inflamasi yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari healthline.com, hal ini diungkapkan oleh sebuah penelitian tahun 2013.

Asma adalah penyakit radang, sehingga bawang putih dapat membantu meredakan gejalanya. Namun, tidak ada bukti konklusif bahwa bawang putih efektif melawan serangan asma.

2. Jahe.

Tanaman obat asma freepik.com

foto: freepik.com

Jahe adalah ramuan lain yang mengandung sifat anti-inflamasi dan dapat membantu mengatasi asma yang parah. Dilansir dari healthline.com, sebuah studi tahun 2013 menunjukkan bahwa suplemen pada jahe dapat atasi gejala asma.

3. Kunyit.

Tanaman obat asma freepik.com

foto: freepik.com

Kunyit dikenal memiliki sifat anti alergi yang kuat. Kandungan itu dapat mengatasi peradangan. Kunyit memiliki efek pada histamin yang dapat menghentikan peradangan.

4. Kafein.

Tanaman obat asma freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir dari healthline.com, sebuah studi mengungkapkan kafein dianggap sebagai obat asma alami yang efektif karena dapat membantu mengendalikan gejala asma. Hal ini dikarenakan kafein mengandung memiliki efek bronkodilator yang mampu membantu melegakan otot-otot saluran pernapasan. Kamu bisa mendapatkan asupan kafein melalui cokelat, kopi, dan teh.

5. Buah ara.

Tanaman obat asma freepik.com

foto: freepik.com

Buah ara bisa meningkatkan saluran pernapasan. Caranya, cuci 3 buah ara lalu masukkan ke dalam mangkuk berisi air hangat, kemudian rendam semalaman.

Keesokan harinya, kamu bisa makan buah ara yang telah direndam tersebut serta minum air rendamannya. Sebaiknya ramuan ini kamu konsumsi di saat perut kosong.