Brilio.net - Minyak zaitun sudah sejak lama dipercaya dapat memberikan khasiat pada manusia, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Minyak zaitun adalah minyak yang diperoleh dari ekstraksi buah zaitun. Buah zaitun memiliki nama ilmiah Olea europaea yang masih tergolong dalam famili oleaceae.

Tanaman zaitun tersebar luas di negara-negara Mediterania, Afrika, semenanjung Arab, India, dan Asia. Tak hanya untuk kesehatan dan kecantikan saja, minyak zaitun juga dijadikan sebagai penambah cita rasa makanan pada masakan.

Dilansir dari merdeka.com, Selasa (28/7), dalam satu penelitian terhadap tikus, minyak zaitun terbukti bekerja untuk melawan sel-sel penyebab kanker kulit. Tingkat tumor secara signifikan lebih rendah pada tikus yang menggunakan minyak zaitun untuk kulit.

Kandungan minyak zaitun seperti vitamin A, D, dan K, serta vitamin E memang dipercaya sangat bagus dijadikan sebagai bahan alami merawat kulit.

Berikut ini beberapa manfaat minyak zaitun untuk kecantikan kulit, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (28/7).

Loading...

1. Mengatasi kulit kering.

Manfaat minyak zaitun untuk kulit © 2020 brilio.net

foto: ogee.com

Kandungan kandungan vitamin E dan kandungan antioksidan yang tinggi pada minyak zaitun dapat mengatasi kulit kering. Jika kamu mengalami ini, kamu bisa mengolesi minyak zaitun secara rutin sebagai pengganti lotion. Antioksidan dalam minyak zaitun berguna mengatasi radikal bebas dan mampu untuk mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit.

2. Mengecilkan pori-pori wajah.

Manfaat minyak zaitun untuk kulit © 2020 brilio.net

foto: skinkraft.com

Pori-pori wajah menjadi masalah umum banyak orang. Pori-pori yang besar akan menimbulkan banyak minyak dan komedo yang hinggap di dalam pori-pori.

Jika kamu mengalami hal ini, cukup oleskan minyak zaitun di area-area tertentu wajah kamu yang mengalami masalah pori-pori besar dan berminyak.

3. Mengurangi keriput.

Manfaat minyak zaitun untuk kulit © 2020 brilio.net

foto: cosmeticsdesign-europe.com

Selain melembabkan, minyak zaitun juga bisa mengatasi berbagai tanda penuaan seperti kerutan, flek hitam, serta kulit yang sudah mulai kendur. Kamu cukup mengoleskannya secara rutin pada wajah, baik sebelum maupun sesudah bangun tidur. Secara perlahan, wajah kamu akan terasa lebih halus dan kencang.

4. Menyembuhkan jerawat.

Manfaat minyak zaitun untuk kulit © 2020 brilio.net

foto: playcrazygame.com

Jerawat menjadi masalah yang cukup mengganggu. Tak hanya terasa sakit dan gatal, jerawat juga dapat merusak penampilan.

Kandungan vitamin E yang tinggi pada minyak zaitun, bisa menyembuhkan jerawat. Selain itu, sifat antiinflamasinya berguna untuk menyembuhkan jerawat dan bekas-bekasnya.

Kandungan antibakteri minyak zaitun pun mampu menyembuhkan jerawat karena infeksi bakteri. Antioksidan dalam minyak zaitun yaitu polifenol dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, serta mencegah segala macam jenis infeksi yang biasa terjadi saat jerawatan.

5. Memutihkan wajah.

Manfaat minyak zaitun untuk kulit © 2020 brilio.net

foto: skinmethod.ca

Jika kamu yang ingin memiliki kulit wajah yang putih secara alami, minyak zaitun bisa menjadi pilihan kamu. Kandungan zat polifenol dalam minyak zaitun akan membantu untuk melindungi sel-sel kulit dari kerusakan paparan ultraviolet atau radikal bebas.

Minyak zaitun pun akan membantu menghilangkan sel kulit mati di wajah, sehingga wajah tampak lebih bersih dan bersinar.