Brilio.net - Minyak zaitun atau juga dikenal dengan olive oil adalah minyak yang memiliki banyak khasiat. Manfaatnya untuk kesehatan sudah tak diragukan lagi, karena itu banyak yang rela membayar lebih demi mendapatkan minyak zaitun.

Dilansir dari alodokter.com disebutkan bahwa minyak zaitun lebih sehat dibandingkan minyak kelapa. Hal ini dikarenakan olive oil memiliki lebih banyak lemak baik, dibanding dengan minyak kelapa murni yang biasa kita gunakan.

Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, olive oil juga memiliki berbagai khasiat untuk kecantikan. Salah satunya adalah untuk perawatan bibir.

Sebelum beranjak pada manfaat minyak zaitun, ada baiknya jika kita mengerti betul tentang minyak zaitun dan kandungan di dalamnya. Pohon zaitun sendiri adalah tanaman asli Mediterania.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Dilansir dari alodokter.com, minyak zaitun adalah minyak hasil ekstraksi dari buah zaitun. Dalam minyak zaitun terdapat sekitar 24 persen lemak jenuh, asam lemak omega 3 dan omega 6 yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Selain ketiga senyawa tersebut, minyak zaitun juga mengandung vitamin E, K, phenolic dan zat besi yang bermanfaat untuk kecantikan.

Dikutip dari doktersehat.com minyak zaitun adalah minyak multifungsi yang dapat digunakan sebagai bahan pahan dan nonpangan. Penggunaan minyak zaitun sebagai bahan pangan umumnya digunakan sebagai minyak untuk memasak dan dijadikan saus untuk salad. Minyak zaitun juga dikonsumsi sebagai obat.

Sedangkan pemanfaatan minyak zaitun sebagai bahan nonpangan biasa digunakan dalam minyak pijat, kosmetik, dan peralatan kebersihan seperti sabun.

Kini tak sedikit produk kecantikan yang memakai minyak zaitun sebagai bahan utamanya. Produk minyak zaitun pun tak lagi sulit untuk kita dapatkan.

Berikut beberapa manfaat minyak zaitun untuk kecantikan khususnya bibir yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa(22/10).

Dengan memakai bahan alami seperti minyak zaitun bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi masalah pada bibir dan memperindah bibirmu. Lengkap dengan cara penggunaannya dapat kamu praktekkan di rumah dengan mudah. Simak beberapa manfaat minyak zaitun sebagai berikut:

1. Menghilangkan warna hitam pada bibir.

manfaat minyak zaitun istimewa

foto: pixabay

Warna hitam pada bibir memang menjadi masalah bagi sebagian orang. Hal ini membuat kita tak percaya diri dan membuat penampilan terlihat kurang baik.

Setiap orang menginginkan bibir yang indah dengan warna merah merona, lembab dan tambak segar. Kandungan vitamin E dan K yang bisa memberi warna alami pada bibir membuat bibir tampak segar dan merona. Berikut adalah cara agar bibir kita tampak lebih merona dengan minyak zaitun:

- Siapkan minyak zaitun dan madu

- Ambil minyak zaitun dan 1 sdt madu lalu campurkan dalam suatu wadah

- Oleskan campuran minyak zaitun dan madu pada bibir yang telah dibersihkan

- Pijat secara perlahan agar lebih meresap pada bibir

- Diamkan beberapa menit sampai terasa agak kering

- Cuci dengan air sampai bersih

2. Menjaga kelembapan bibir.

manfaat minyak zaitun istimewa

foto: pixabay

Cuaca yang panas, dan kondisi tubuh yang kurang sehat membuat bibir terkadang menjadi kering. Hal tersebut membuat kita terlihat lesu dan tak segar.

Namun tak usah risau, karena permasalahan tersebut dapat diatasi dengan minyak zaitun. Minyak zaitun yang kaya akan nutrisi dan vitamin dapat membuat bibir menjadi lembap dan segar. Hal ini bisa kita lakukan secara rutin sebelum tidur. Berikut cara mudah untuk melembapkan bibir dengan minyak zaitun:

- Bersihkan bibir terlebih dahulu dengan air hangat

- Gunakan handuk bersih untuk mengeringkan bibir namun jangan menggosokkan handuk pada bibir

- Oleskan minyak zaitun secukupnya pada permukaan bibir secara merata

- Pijat bibir secara perlahan dengan lembut agar minyak zaitun lebih meresap pada bibir

- Diamkan hingga keesokan hari

- Bersihkan minyak zaitun dengan air bersih

3. Mengangkat sel kulit mati pada bibir

manfaat minyak zaitun istimewa

foto: pixabay

Dalam dunia kecantikan, sel kulit mati memang perlu dibersihkan secara rutin agar kulit terus bersih dan tetap sehat. Dengan membersihkan bibir secara rutin dari kulit mati membuat bibir tampak lebih merah merona dan sehat.

Untuk mengangkat sel kulit mati pada bibir, biasanya menggunakan scrub bibir yang mudah didapat di toko kecantikan. Namun kita juga bisa menggunakan minyak zaitun sebagai scrub bibir. Dengan menggunakan bahan alami, kita dapat mengurangi resiko dan efek samping. Berikut cara membuat scrub dari minyak zaitun:

- Campurkan 1 sdt minyak zaitun dan gula

- Oleskan campuran minyak zaitun dan gula pada bibir menggunakan sikat gigi yang lembut

- Gosok campuran minyak zaitun dan gula pada bibir dengan lembut

- Diamkan selama tiga menit kemudian bilas dengan air hangat

- Keringkan dengan handuk yang bersih

4. Meremajakan bibir

manfaat minyak zaitun istimewa

foto: pixabay

Sering kali bibir kita tampak kering dan kasar jika menggunakan lipstick. Tidak hanya itu, lipstick juga mudah hilang dan tidak tahan lama di bibir. Hal ini disebabkan karena lapisan kulit kering yang keluar dari bibir dan membuat bibir menjadi mengelupas.

Agar lipstick tetap tahan lama, perlu peremajaan bibir agar bibir tetap sehat dan indah. Berikut adalah cara meremajakan bibir dengan minyak zaitun:

- Haluskan pisang

- Campurkan minyak zaitun dengan pisang yang telah dihaluskan, aduk secara merata sampai menyatu

seperti pasta

- Oleskan sedikit campuran minyak zaitun dan pisang pada bibir

- Pijat dengan lembut agar teresap dengan baik oleh bibir

- Diamkan hingga 20 menit lalu bilas dengan air hangat

Itulah empat manfaat minyak zaitun untuk bibir lengkap dengan cara penggunaannya yang patut kamu coba. Tidak perlu mengeluarkan kocek yang mahal, cukup gunakan minyak zaitun untuk mempercantik bibirmu. Selamat mencoba!

reporter: mgg/hameda rachma

(brl/pep)