×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Manfaat daun sirsak untuk rambut dan cara menggunakannya

View Image

0

BRILIO » Kesehatan

5 Manfaat daun sirsak untuk rambut dan cara menggunakannya

foto: pixabay.com

Jangan sia-siakan daun sirsak mulai sekarang..

(brl/vin)

07 / 11 / 2019 08:02

Brilio.net - Sirsak salah satu jenis buah yang kaya akan manfaat. Bahkan suku Indian yang hidup di Amazon mempunyai kebiasaan untuk memanfaatkan hampir seluruh bagian dari pohon sirsak. Akar, daun, kulit, daging buah, dan biji sirsak dipergunakan selama berabad-abad untuk dijadikan obat.

Kehebatan buah sirsak telah diteliti oleh para ahli, salah satunya The National Cancer Institute yang melakukan penelitian terhadap sirsak sejak tahun 1976. Uji coba itu dilakukan 20 laboratorium independen yang berbeda di bawah pengawasan The National Cancer Institute.

Selain terkenal sebagai obat kanker, sirsak atau graviola ini juga memiliki beragam khasiat lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh.  Asam urat, rematik, nyeri punggung, diabetes, hingga bisul. Namun salah satu bagian sirsak yang sering digunakan untuk mengatasi permasalahan sehari-hari adalah bagian daunnya yang mampu menjadi solusi untuk permasalahan rambut.

Jadi buat kamu yang memiliki permasalahan rambut, simak yuk manfaat daun sirsak untuk rambut dan cara penggunaannya yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (7/11).

1. Rambut gatal.

Loading...

Manfaat daun sirsak untuk rambut © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Gatal pada rambut menjadi salah satu kendala yang dapat mengganggu aktivitas. Rambut gatal dapat terjadi karena beberapa hal seperti mengikat rambut terlalu kencang, alergi, atau kurang menjaga kebersihan rambut.

Untuk mengurangi rasa gatal, kamu cukup merebus 7 lembar daun sirsak muda dengan air 1,5 liter. Kemudian tunggu hingga air berubah warna, tunggu sampai air dingin dan setelahnya gunakan air tersebut untuk keramas. Jangan lupa bilas dengan air bersih setelahnya.

2. Ketombe.

Manfaat daun sirsak untuk rambut © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Ketombe adalah kulit kepala yang mati dan mengering hingga terkelupas. Ketombe terlihat seperti serbuk putih yang sering terlihat di pundak. Hal ini dapat mengganggu penampilan apalagi ketika memakai pakaian berwarna gelap karena ketombe semakin jelas terlihat.

Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab munculnya ketombe. Perawatan rambut yang tidak tepat dapat memicu timbulnya ketombe, seperti pemilihan sampo yang tidak sesuai dan terlalu sering keramas. Untuk mengatasinya, kamu bisa menyiapkan beberapa helai daun sirsak. Kemudian tumbuk sampai halus dengan menambahkan sedikit air. Oles secara merata pada rambut sebagai masker. Setelah dibiarkan selama 30 menit, bilas rambut dengan air bersih.

3. Kutu rambut.

Manfaat daun sirsak untuk rambut © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Hati-hati ketika kutu sudah menyerang rambut! Selain dapat membuat gatal, kutu rambut dapat menyebar ke leher hingga telinga. Kutu rambut merupakan serangga parasit yang cukup sering menyerang manusia. Kutu rambut dapat menyerang anak-anak hingga orang dewasa.

Segera atasi permasalahan ini dengan menggunakan daun sirsak. Untuk membasmi kutu dengan daun sirsak dapat melalui berbagai cara. Salah satu yang mudah dilakukan adalah merebus 7 lembar daun sirsak muda dengan air 1,5 liter, tunggu hingga air berubah warna. Air rebusan tersebut digunakan untuk keramas. Sebelum membilasnya hingga bersih, beri pijatan lembut selama 15 menit.

4. Rambut rontok.

Manfaat daun sirsak untuk rambut © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Rambut rontok merupakan permasalahan yang lumrah terjadi pada wanita maupun pria. Kondisi tubuh yang stres menjadi penyebab rontok yang sering ditemukan. Selain itu rambut rontok juga terjadi kepada orang anemia dan pasca persalinan.

Obat-obatan, terapi kesehatan yang tidak tepat dapat membuat rambut rontok. Maka hal ini bisa dihindari dengan memperbaiki gaya hidup dan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Jika kerontokan masih ditemukan maka cobalah siapkan beberapa daun sirsak, lalu bersihkan dan haluskan dengan cara di tumbuk, kemudian campurkan dengan 5 sendok makan air mawar. Setelah itu, aplikasikan masker ini ke permukaan rambut secara merata. Kemudian biarkan selama 25 menit dengan membungkusnya menggunakan handuk. Terakhir, bersihkan rambut dengan air bersih.

5. Eksim.

Manfaat daun sirsak untuk rambut © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Eksim merupakan kondisi kulit saat iritasi, merah, dan terasa gatal. Eksim dapat muncul di bagian tubuh mana saja, termasuk kulit kepala. Banyak orang yang beranggapan ketombe adalah eksim di kulit kepala. Faktanya, ketombe hanyalah salah satu gejala dari eksim.

Gejala eksim dapat terlihat ketika kulit kepala merah, bersisik, dan sangat gatal. Terkadang eksim juga menunjukkan ciri seperti kulit kepala berminyak, berlilin, bahkan melepuh. Jika eksim menyebar hingga telinga, maka akan keluar cairan bening di telinga. Meski telah sembuh, akan muncul pula perubahan pada warna kulit.

Daun sirsak dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini. Khasiat antivirus dan antibakteri yang terkandung dalam sirsak mampu mencegah segala jenis infeksi kulit. Pijatlah kulit kepala menggunakan buah sirsak yang sudah dihaluskan di bagian yang mengalami eksim. Tetapi jika tidak menempel, kamu juga bisa menggunakan air sirsak pada daerah yang terkena eksim.

Reporter: Rizka Miftakhul





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more