Brilio.net - Infeksi dapat ditularkan melalui makanan dan air minum yang terkontaminasi, dan lebih sering terjadi pada makanan yang kurang bersih atau higienis. Hal ini juga bisa ditularkan dari mereka yang memang sudah duluan terjangkit bakteri tersebut.

Dilansir brilio.net dari medicalnewstoday.com, Senin (26/7), setiap tahun ada sekitar 5.700 kasus di Amerika Serikat, dan 75 persen di antaranya saat bepergian ke luar negeri. Secara global, sekitar 21,5 juta orang per tahun terjangkit tipes. Jika tipes terdeteksi dini, dapat berhasil diobati dengan antibiotik; jika tidak diobati, tipes bisa berakibat fatal.

Tipes adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhimurium (S. typhi). Bakteri ini hidup di usus dan aliran darah manusia. Kondisi ini bisa menyebar ke manusia lainnya dengan cara kontak langsung. Menurut informasi dari medicalnewstoday.com, tidak ada hewan yang membawa penyakit ini, jadi penularan selalu dari manusia ke manusia.

Jika tidak diobati, sekitar 1 dari 5 kasus tipes bisa berakibat fatal. Dengan pengobatan, kurang dari 4 dari 100 kasus berakibat fatal. S. typhi masuk melalui mulut dan menghabiskan 1 sampai 3 minggu di usus. Setelah ini, dia membuat jalan melalui dinding usus dan masuk ke aliran darah.

Dari aliran darah, menyebar ke jaringan dan organ lain. Sistem kekebalan inang menjadi melemah, dan tidak bisa melawan karena S. typhi dapat hidup di dalam sel inang, sehingga aman dari sistem kekebalan. Tipes didiagnosis dengan mendeteksi keberadaan S. typhi melalui sampel darah, tinja, urin, atau sumsum tulang.

Jika masih dikategorikan ringan, kamu masih bisa mengatasinya dengan obat alami yang mudah dijumpai. Berikut beberapa cara mengobati tipes secara alami, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu  (28/7).

1. Oralit.

Cara mengobati tipes secara alami pexels.com

foto: pexels.com

Oralit yang terbuat dari tiga bahan dasar yaitu gula, garam, dan air pasti dapat dengan mudah kamu temukan di rumah. Nah, ternyata oralit dapat membantu mengurangi gejala tipes dan mempercepat pemulihan lho.

Cara membuat oralit juga mudah, cukup dengan mencampurkan setengah sendok teh garam dan enam sendok teh gula ke dalam 4 gelas air. Minum larutan oralit selama beberapa kali dalam sehari hingga tubuh benar-benar pulih.

2. Cuka sari apel.

Cara mengobati tipes secara alami pexels.com

foto: pexels.com

Bahan yang satu ini memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh, termasuk mengembalikan energi pada orang yang terkena tipes. Sifat asam dari sari cuka apel dapat membantu mengeluarkan panas tubuh sehingga mengurangi suhu tubuh secara perlahan.

Kandungan mineralnya pun dapat menggantikan mineral yang hilang karena diare. Ada dua cara jika mau menggunakan cuka sari apel bagi penderita tipes, pertama campurkan setengah sendok teh cuka sari apel dan sedikit madu dalam segelas air.

Minum larutan ini sebelum makan selama 5-7 hari. Kedua, campurkan cuka sari apel dan air hangat dengan perbandingan 1:2. Rendam kain lap dalam cairan tersebut, peras dan letakkan di dahi dan perut. Ulangi terus sampai demam turun.

3. Bawang putih.

Cara mengobati tipes secara alami pexels.com

foto: pexels.com

Sifat antimikroba yang terdapat pada bahan dapur ini berguna untuk membilas racun berbahaya dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh meningkat dan proses pemulihan tipes pun semakin cepat. Ada dua cara untuk mengonsumsi bawang putih sebagai obat alami tipes.

Pertama bisa dengan mengonsumsi dua siung bawang putih secara langsung ketika perut kosong. Lakukan cara ini selama beberapa minggu sampai mulai kembali pulih.

Kedua, dengan mencampurkan setengah sendok teh bawang putih yang sudah dihaluskan, secangkir susu dan empat gelas air. Rebus larutan ini hingga tersisa seperempatnya dan minum sebanyak 3 kali sehari.

Namun perlu menjadi catatan, mengonsumsi bawang putih tidak dianjurkan bagi ibu hamil dan bayi.

4. Daun Selasih (daun basil).

Cara mengobati tipes secara alami pexels.com

foto: pexels.com

Daun basil atau yang lebih dikenal dengan daun selasih merupakan salah satu bahan alami yang efektif mengobati tipes. Daun ini memiliki khasiat antibiotik dan antibakteri yang dapat menghambat bakteri Salmonella typhi dalam tubuh.

Tidak hanya itu, bahan alami ini juga dapat membantu menurunkan demam, menghangatkan perut dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara meraciknya juga cukup mudah, dengan menyiapkan 20 helai daun selasih, 1 sendok teh jahe yang dihancurkan dan 1 gelas air.

Kemudian rebus semua bahan hingga larutan berkurang setengahnya. Tambahkan sedikit madu untuk menambah rasa manis. Minum larutan tersebut sebanyak 2-3 kali sehari hingga masa pemulihan.

5. Cengkeh.

Cara mengobati tipes secara alami pexels.com

foto: pexels.com

Kandungan minyak esensial pada cengkeh ternyata memiliki sifat antibakteri. Cengkeh dapat membantu mengurangi tingkat keparahan diare dan muntah yang disebabkan oleh tipes.

Cara membuatnya mudah, masukkan 5-7 kuncup cengkeh dalam air mendidih dan rebus hingga airnya tersisa setengah. Setelah larutan menjadi dingin, minum secara rutin di siang hari selama minimal satu minggu.

6. Pisang.

Cara mengobati tipes secara alami pexels.com

foto: pexels.com

Buat kamu penyuka pisang, ternyata mengonsumsi pisang setiap hari bermanfaat untuk mencegah penyakit tipes. Kandungan pektin atau serat larut dalam pisang dapat menyerap cairan di usus, sehingga dapat menurunkan diare.

Selain itu, kandungan kalium pada pisang berfungsi untuk menggantikan elektrolit yang hilang akibat diare dan demam. Agar cepat pulih, dianjurkan untuk mengonsumsi 2-3 buah pisang setiap harinya atau kamu juga bisa mencampurkan dua buah pisang dengan setengah cangkir yogurt dan satu sendok teh madu. Konsumsi selama 2-3 kali setiap hari.

7. Air putih.

Cara mengobati tipes secara alami pexels.com

foto: pexels.com

Paling sederhana mengatasi tipes adalah dengan air putih. Meningkatkan asupan cairan tubuh dapat membantu mengendalikan gejala tipes, seperti diare dan demam. Cairan yang dikonsumsi dapat menghilangkan racun dalam tubuh dan membuatnya tetap terhidrasi.

Sebaiknya minumlah air putih sebanyak 8 sampai 10 gelas setiap hari. Pastikan untuk bawa air putih tersebut benar-benar bersih, jika perlu kamu merebusnya ulang agar kuman mati.

8. Telur.

Cara mengobati tipes secara alami pexels.com

foto: pexels.com

Selama menjalani masa pemulihan, telur sangat cocok untuk dikonsumsi. Pasalnya, telur merupakan makanan semi padat yang mudah dicerna. Tipes adalah penyakit yang menyerang saluran cerna, sehingga akan cepat mereda atau sembuh jika seseorang mau menjaga kesehatan pencernaannya.

Selain mengandung protein yang cukup tinggi, obat tipes alami ini juga mengandung vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

9. Susu.

Cara mengobati tipes secara alami pexels.com

foto: pexels.com

Susu mengandung protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Susu tak hanya bisa seimbangkan kadar protein, tetapi juga karbohidrat dan lemak baik. Si penderita tipes akan menjadi lebih bertenaga sehingga menunjang penyembuhan dengan cepat.

10. Kentang.

Cara mengobati tipes secara alami pexels.com

foto: pexels.com

Kentang menjadi makanan yang memiliki sumber kalori baik, karbohidrat, dan serat. Karbohidrat dalam kentang sangat tinggi dan sehingga kerap dijadikan sebagai pengganti nasi. Kandungan kentang yang baik ini sangat cocok bagi si penderita tipes. Terutama mampu membantu mengembalikan energi dan kekuatannya. Kentang juga menjaga sistem pencernaan selama proses pemulihan.

11. Oatmeal.

Cara mengobati tipes secara alami pexels.com

foto: pexels.com

Kandungan kalori dalam oatmeal bisa membantu memberikan energi tambahan dan kekuatan bagi pengidap tipes. Selain itu, ada pula kandungan mangan, seng, vitamin B, dan zat besi. Terdapat pula serat larut dalam gandum dan beta-glukan yang dapat kontrol kadar kolesterol.

Oatmeal menjadi makanan yang sangat cocok dikonsumsi penderita tipes yang sedang menjalani diet sehat.

12. Buttermilk.

Cara mengobati tipes secara alami pexels.com

foto: pexels.com

Buttermilk dikenal dapat mengatasi masalah pencernaan dengan baik, sehingga sangat baik jika dikonsumsi oleh si penderita tipes. Buttermilk adalah susu yang dihasilkan dari fermentasi mentega, sehingga sangat mudah dicerna dan membantu si penderita terhindar dari dehidrasi dan mempercepat proses pemulihan saat terkena tipes.

13. Lemon.

Cara mengobati tipes secara alami pexels.com

foto: pexels.com

Lemon dapat bertindak sebagai disinfektan alami, mampu mengatasi masalah pencernaan dan meredakan demam. Kamu bisa mencampurkan perasan lemon dengan sedikit madu, kemudian diminum.

14. Wortel.

Cara mengobati tipes secara alami pexels.com

foto: pexels.com

Wortel mengandung antioksidan tinggi, sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dengan begitu tubuh dapat memerangi virus yang ada di tubuh dengan baik.

15. Air kelapa.

Cara mengobati tipes secara alami pexels.com

foto: pexels.com

Air kelapa mengandung beberapa mineral penting seperti magnesium, sodium, lemak, kalsium, kalium, magnesium, karbohidrat, dan elektrolit. Kombinasi dari berbagai nutrisi tersebut dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan energi. Oleh karenanya, ketika kamu terserang tipes maka mengonsumsi air kelapa akan sangat baik untuk proses penyembuhan tipes.