Brilio.net - Rambut berketombe merupakan salah satu masalah yang kerap menghantui sebagian orang, baik laki-laki maupun perempuan. Tak jarang pula jika kondisi ini menjadikan kulit kepala lebih rentan terhadap iritasi, rasa gatal yang menyiksa serta mengelupasnya kulit kepala dan dapat mengganggu kepercayaan diri seseorang.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan munculnya ketombe. Hal yang sangat sulit dipercaya adalah kondisi mental. Siapa sangka, ternyata kondisi mental mampu membuat seseorang ketombean. Pasalnya stres yang dialami seseorang bisa menyebabkan perubahan pada hormon. Hal ini akhirnya membuat kulit seseorang sangat mudah menghasilkan banyak minyak, terutama pada kulit kepala.

Penyebab lain seseorang mengalami ketombe adalah tidak menjaga kebersihan rambut, diet, sakit, rambut kerap ditutup sehingga panas, dan lain sebagainya. Pada dasarnya gejala ketombe sangat mudah dikenali, yakni terdapat serpihan kulit mati berminyak dan berwarna putih di kepala seseorang. Kepala juga terasa sangat gatal hingga ketombe berjatuhan di bahu.

Kondisi seperti ini pastinya sangat mengganggu dan membuat khawatir. Nah, buat kamu yang sedang mengalami masalah ini, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan dapur untuk menghilangkannya. Apa saja?

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (1/10), berikut 13 cara menghilangkan ketombe menggunakan bahan dapur yang alami dan ampuh.

Loading...

1. Baking soda.

13 Cara menghilangkan ketombe pakai bahan dapur pixabay

foto: pixabay

Menggunakan baking soda mungkin menjadi suatu yang aneh bagi sebagian orang. Namun siapa sangka jika baking soda mampu menghilangkan ketombe secara alami dan cepat.

Cara menggunakannya mudah. Siapkan setengah sendok makan baking soda, larutkan dengan air hingga mengental, oleskan pada kulit kepala secara merata, diamkan beberapa saat, lalu bilaslah dengan air bersih. Lakukan dengan rutin satu hari sekali, misalnya. Rasakan perubahannya.

2. Bubuk pala.

13 Cara menghilangkan ketombe pakai bahan dapur pixabay

foto: pixabay

Rempah-rempah yang biasanya digunakan untuk memasak opor ini ternyata memiliki zat anti-bakteri dan anti-jamu. Tak heran jika dapat dimanfaatkan untuk membasmi ketombe secara alami. Terutama untuk rambut berketombe yang disebabkan oleh jamur malassezia.

Lakukan perawatan dengan membubuhkan masker bubuk pala secara merata pada kulit kepala, diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air panas. Kamu juga harus melakukannya secara rutin hingga ketombe membandel bisa berkurang bahkan hilang.

3. Lada hitam.

13 Cara menghilangkan ketombe pakai bahan dapur pixabay

foto: pixabay

Bumbu yang kerap digunakan untuk saus lezat ini juga ampuh mengatasai ketombe. Lada hitam memiliki kandungan bahan yang dapat menghalau penyebab ketombe, yakni zinc dan selenium.

Kamu bisa menggunakannya dengan cara merebus segenggam lada hitam dengan 3 gelas air, biarkan mendidih dan tersisa 2 gelas. Diamkan hingga hangat-hangat kuku, lalu basuh ke rambut kamu dengan cara memijat-mijat pelan hingga kulit kepala. Rendam selam sepuluh menit kemudian bilas dengan air bersih.

4. Bawang putih.

13 Cara menghilangkan ketombe pakai bahan dapur pixabay

foto: pixabay

Bawang putih juga bisa menjadi solusi terbaik untuk menghilangkan ketombe secara alami. Pasalnya bawang putih memiliki kemampuan membunuh jamur sekaligus bakteri penyebab ketombe. Namun cara ini memang tak banyak disukai orang karena baunya yang kurang sedap.

Cara menggunakannya, ambil satu siung bawang putih lalu haluskan. Kemudian campurkan sedikit madu dan jahe bubuk untuk mengurangi bau menyengat dari bawang putih. Oleskan pada kulit kepala secara merata, diamkan beberapa saat dan kemudian bilas hingga bersih.

5. Minyak zaitun.

13 Cara menghilangkan ketombe pakai bahan dapur pixabay

foto: pixabay

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, minyak zaitun juga merupakan cara menghilangkan ketombe secara alami, cepat dan permanen. Cara menggunakannya oleskan minyak zaitun pada kulit kepala secara merata, lakukan pijatan secara ringan pada kulit kepala agar minyak meresap. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

6. Kunyit.

13 Cara menghilangkan ketombe pakai bahan dapur pixabay

foto: pixabay

Bumbu dapur berwarna kuning ini tak hanya dapat digunakan sebagai bahan alami untuk dikonsumsi. Namun juga ampuh dalam menyehatkan kulit kepala, karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Serta mengandung sifat anti-jamur, antiseptik dan antibakteri.

Agar rambut berketombe dapat teratasi secara menyeluruh, kamu bisa mencoba menggunakan bubuk kunyit. Caranya siapkan 1,5 sendok bubuk kunyit, tambahkan 2 sendok minyak zaitun, aduk dan oleskan pada kulit kepala. Pijat-pijat lalu bilas.

7. Biji wijen.

13 Cara menghilangkan ketombe pakai bahan dapur pixabay

foto: pixabay

Siapa sangka biji wijen juga dapat mengatasi kulit rambut yang berketombe. Apalagi dengan olahannya yang dikemas dalam bentuk minyak. Minyak wijen sendiri dikenal memiliki kandungan moisturizer dan SPF yang dapat melindungi kulit kepala dari kekeringan ataupun radiasi sinar UV.

Mengaplikasikan minyak wijen juga mampu dalam memperlambat pertumbuhan sel kulit kepala yang menjadi penyebab ketombe. Caranya oleskan minyak wijen pada kulit kepala, pitat perlahan dan diamkan selama 15 menit, bilas dengan air bersih.

8. Jeruk nipis.

13 Cara menghilangkan ketombe pakai bahan dapur pixabay

foto: pixabay

Jeruk nipis juga dipercaya dapat mengatasi ketombe. Di dalam jeruk tak hanya terdapat kandungan vitamin C sebagaimana yang banyak diketahui orang, namun juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan gula.

Kandungan vitamin C di dalam jeruk juga berfungsi mendorong pertumbuhan rambut. Cara menggunakannya untuk menghilangkan ketombe yakni peras jeruk nipis, campurkan dengan air secukupnya, kemudian oleskan pada rambut. Diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih.

9. Minyak kemiri.

13 Cara menghilangkan ketombe pakai bahan dapur pixabay

foto: pixabay

Minyak kemiri tidak hanya digunakan untuk menyuburkan rambut saja, tapi juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami tanpa merusak rambut. Cara menggunakannya, gunakan minyak kemiri sebelum keramas, pijat-pijat perlahan kulit kepala, biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

 

10. Bawang merah.

13 Cara menghilangkan ketombe pakai bahan dapur pixabay

foto: pixabay

Ada beberapa orang yang mempercayai bawang merah dapat membuat rambut menjadi lebat. Namun tidak hanya itu saja, kamu bisa menggunakan bawang merah sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami.

Cara menggunakannya pun mudah. Haluskan bawang merah, oleskan merata pada kulit kepala, diamkan beberapa saat dan bilas dengan air bersih.

11. Cuka.

13 Cara menghilangkan ketombe pakai bahan dapur pixabay

foto: pixabay

Ketombe dapat diakibatkan jamur atau bakter yang berlebihan di kulit kepala, dan keduanya membutuhkan pH tertentu untuk hidup. Oleh karena itu perlu mengubah pH di kulit kepala untuk mengatasi masalah ketombe dengan menggunakan cuka.

Nah, cuka memiliki manfaat tambahan yaitu meredakan gatal-gatal yang berhubungan dengan ketombe. Tapi tentunya hati-hati jangan menggunakan cuka terlalu banyak.

Cara menggunakannya, siapkan satu sendok teh dan larutkan pada satu mangkuk air. Oleskan pada kulit kepala, biarkan beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih.

12. Garam.

13 Cara menghilangkan ketombe pakai bahan dapur pixabay

foto: pixabay

Selain digunakan untuk bumbu dapur, ternyata garam dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe. Sifat scrub dalam bahan ini mampu mengangkat kulit mati pada kepala. Cara menggunakannya, sediakan garam secukupnya gosok garam pada kulit kepala secara perlahan ke kulit kepala. Diamkan beberapa saat dan bilas hingga bersih.

13. Cuka apel.

13 Cara menghilangkan ketombe pakai bahan dapur pixabay

foto: pixabay

Cuka apel bisa kamu gunakan untuk menghilangkan ketombe secara ampuh. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa cuka apel sangat ampuh menghilangkan ketombe. Pasalnya larutan ini memiliki sifat asam yang dapat mengubah pH kulit kepala agar tidak dapat dihinggapi jamur penyebab ketombe.

Cara menggunakannya sangat mudah. Masukkan seperempat gelas cuka apel ke dalam botol dan campurkan dengan air. Kemudian semprot campuran tersebut ke rambut secara merata. Bungkus rambut dengan handuk dan biarkan 30-60 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.