Buah merupakan salah satu makanan yang dapat membantu manusia memenuhi kebutuhan vitamin dan gizi. Salah satu buah yang kaya vitamin adalah buah lemon. Buah dengan rasa asam ini adalah jenis jeruk yang kaya akan vitamin C, serat, dan berbagai senyawa tanaman bermanfaat.

Selain vitamin C, lemon juga mempunyai berbagai jenis vitamin lain seperti vitamin B5, B3, B1, B2, hingga vitamin E. Bahkan lemon juga mempunyai kandungan mineral yang baik untuk tubuh. Mulai dari potassium, kalsium, kalium, magnesium, zat besi, niasin, hingga asam folat.

Meskipun lemon memiliki rasa sangat asam, banyak manfaat yang akan kita dapatkan apabila mengonsumsinya. Manfaat ini akan lebih maksimal jika lemon dicampur dengan teh hijau. Secangkir teh hijau yang memberikan ketenangan akan semakin nikmat jika ditambahkan perasan air lemon.

Nggak cuma melegakan tenggorokan, namun manfaatnya bisa sekaligus melindungi organ dalam tubuh lho! Nah, penasaran apa saja manfaat lemon campur teh hijau? Yuk simak 17 manfaat lemon campur teh hijau, dirangkum brilio.net dari healthline.com dan sumber lainnya pada Kamis (5/8).

1. Melindungi dari penyakit kronis.

Manfaat lemon dan teh hijau © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Bukan rahasia lagi kalau teh hijau kaya akan kandungan antioksidan, begitu juga dengan lemon. Teh hijau kaya akan antioksidan seperti epigallocatechin gallate (EGCG), quercetin, asam klorogenat, dan theogallin.

Sementara itu lemon adalah sumber antioksidan asam askorbat, hesperidin, naringin, dan asam ferulat yang baik. Penelitian menunjukkan antioksidan memainkan peran kunci dalam kesehatan dan penyakit dan dapat melindungi terhadap kondisi kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, kanker, dan obesitas.

2. Melindungi dari diabetes.

Manfaat lemon dan teh hijau © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Pola makan yang kurang teratur dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya diabetes. Dan yang menarik adalah beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah dan melindungi terhadap diabetes tipe 2.

Minum teh secara teratur juga dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan insulin secara efisien. Seperti yang kamu tahu, insulin merupakan hormon yang memindahkan gula dari aliran darah ke dalam sel. Meski begitu, penelitian lebih lanjut juga masih diperlukan mengenai hal ini.

3. Menjaga kesehatan jantung.

Manfaat lemon dan teh hijau © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Menurut penelitian, lemon dan teh hijau juga sudah dikaitkan dengan beberapa manfaat untuk kesehatan jantung. Ditambah lagi, flavanoid jeruk, termasuk yang ada pada lemon mampu menekan peradangan, meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan mendukung kadar kolesterol yang sehat.

Sementara itu, studi lain menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lemon setiap hari mengalami penurunan tingkat tekanan darah, terutama ketika mereka juga berjalan secara teratur. Analisis dari sembilan penelitian menunjukkan bahwa orang yang secara teratur mengonsumsi teh hijau memiliki risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke yang lebih rendah daripada mereka yang tidak minum teh hijau.

Terlebih lagi, tinjauan terbaru dari 24 penelitian juga menemukan bahwa minum teh hijau dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik yang tinggi, yang keduanya merupakan faktor risiko penyakit jantung.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat lemon dan teh hijau © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Daya tahan tubuh yang kuat menjadi salah satu penunjang kelancaran aktivitas. Kamu dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi lemon. Sebab vitamin C memberikan peran sentral dalam sistem kekebalan dengan mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi sel-sel kekebalan. Dengan meningkatkan asupan vitamin C kamu juga dapat membantu mengobati dan mencegah berbagai jenis infeksi pernapasan dan sistemik.

Yang nggak kalah menarik beberapa penelitian pada hewan telah menemukan bahwa senyawa tertentu dalam teh hijau, seperti EGCG, dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan melindungi terhadap gangguan autoimun, termasuk multiple sclerosis. Perpaduan teh hijau dan lemon juga kaya akan antioksidan, yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

5. Mencegah batu ginjal.

Manfaat lemon dan teh hijau © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Batu ginjal merupakan endapan mineral keras yang dapat terbentuk di ginjal dan menyebabkan gejala seperti nyeri, mual, dan sering buang air kecil. Salah satu penelitian besar menemukan bahwa minum teh hijau dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena batu ginjal, terutama untuk kaum pria.

Asam sitrat yang terdapat dalam lemon juga dapat membantu mencegah batu ginjal dengan meningkatkan volume urin dan mengikat kalsium oksalat. Hal ini dapat mencegah akumulasi kristal yang mengarah pada pembentukan batu ginjal. Untuk mendapatkan manfaatnya kamu bisa mengonsumsi 4 ons (118 mL) jus lemon per hari untuk mengatasi batu ginjal.

6. Menghindari dehidrasi.

Manfaat lemon dan teh hijau © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Asupan air diperlukan tubuh agar selalu sehat dan bugar. Kamu bisa menghindari dehidrasi dengan mengonsumsi perpaduan lemon dengan teh hijau. Manfaat yang kamu peroleh dapat menjaga kesehatan pencernaan, menjaga fungsi ginjal, mengatur berat badan, hingga menjaga fungsi otak.

7. Membantu mengurangi berat badan.

Manfaat lemon dan teh hijau © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dapat membantu mengatur berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat mendukung penurunan berat badan dan meningkatkan pembakaran lemak.

Sementara itu satu ulasan dari 15 penelitian menyebutkan, minum teh hijau dengan jumlah EGCG yang lebih tinggi selama setidaknya 12 minggu dikaitkan dengan penurunan berat badan dan lemak tubuh.

Ditambah lagi satu studi pada 115 wanita juga menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak teh hijau selama 12 minggu menyebabkan penurunan berat badan, indeks massa tubuh, dan lemak perut yang signifikan. Beberapa penelitian pada hewan juga telah menemukan bahwa senyawa tertentu dalam lemon juga dapat membantu mencegah penambahan berat badan.

8. Menjaga kesehatan otak.

Manfaat lemon dan teh hijau © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Beberapa hasil penelitian menunjukkan teh hijau dan lemon mampu memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan otak. Meski penelitian lebih lanjut masih dilakukan, namun dalam studi lain menemukan bahwa sering mengonsumsi teh hijau dapat meningkatkan metabolisme protein tertentu yang terlibat dalam perkembangan penyakit.

9. Meningkatkan energi.

Manfaat lemon dan teh hijau © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Salah satu cara sederhana untuk menjaga kebugaran tubuh bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi perpaduan teh hijau dengan lemon. Pasalnya, teh hijau menjadi sumber alami kafein yang merupakan stimulan sistem saraf pusat yang sering digunakan orang untuk meningkatkan energi mereka.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan kinerja atletik dan meningkatkan daya tahan. Karena teh hijau dengan lemon mengandung lebih sedikit kafein daripada kopi atau minuman energi, ini mungkin pilihan yang baik bagi mereka yang sensitif terhadap efek kafein dosis tinggi.

10. Mencegah kanker.

Manfaat lemon dan teh hijau © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Sifat melawan kanker juga bisa ditemukan dari teh hijau dan lemon. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa tertentu yang diekstraksi dari lemon dapat membantu mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Mengonsumsi lebih banyak buah jeruk dapat dikaitkan dengan risiko beberapa jenis kanker yang lebih rendah, termasuk kanker paru-paru, perut, kerongkongan.

Di samping itu teh hijau dikaitkan dengan penurunan risiko kanker. Secara khusus, penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu melindungi terhadap sel kanker kandung kemih, payudara, kolorektal, dan prostat.

11. Kaya akan antioksidan.

Manfaat lemon dan teh hijau © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Teh hijau dan lemon sama-sama tinggi antioksidan, senyawa yang membantu melindungi diri terhadap peradangan dan kerusakan sel akibat oksidasi. Teh hijau kaya akan antioksidan seperti epigallocatechin gallate (EGCG), quercetin, asam klorogenat, dan theogallin. Sementara lemon merupakan sumber antioksidan asam askorbat, hesperidin, naringin, dan asam ferulat yang baik.

Penelitian menunjukkan antioksidan memainkan peran kunci dalam kesehatan dan penyakit dan dapat melindungi terhadap kondisi kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, kanker, dan obesitas.

12. Menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Manfaat lemon dan teh hijau © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Lemon campur teh hijau kaya akan antioksidan dan vitamin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Sifat antiseptik dan antibakteri dalam bahan tersebut dapat melindungi kulit dari infeksi. Vitamin A dengan C memerangi pembuatan DHT di kulit kepala yang pada gilirannya mengaktifkan pertumbuhan rambut. Selain itu lemon dan teh hijau juga mampu membuat rambut halus dan bercahaya.

13. Bantu menyembuhkan luka.

Manfaat lemon dan teh hijau © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Lemon adalah sumber vitamin C yang luar biasa yang dapat menyembuhkan luka dan melindungi kekuatan tulang, apalagi gigi. Sementara itu, bioflavonoid yang ada dalam lemon dapat mencegah sel kanker naik dan menyebar. Selain itu, antioksidan dalam lemon membantu mengurangi gejala peradangan dan radang sendi.

14. Menyeimbangkan PH tubuh.

Manfaat lemon dan teh hijau © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Lemon mengandung asam sitrat dan asam askorbat yang hanya dimetabolisme dari tubuh, memungkinkan zat mineral lemon untuk membantu membuat darah menjadi alkali. Minum teh hijau dengan air lemon dapat membantu menghilangkan keasaman umum dalam tubuh, termasuk asam urat di persendian, yang merupakan salah satu penyebab utama nyeri dan peradangan.

15. Meredakan pilek dan batuk.

Manfaat lemon dan teh hijau © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Lemon sangat kaya vitamin C yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. Sementara teh hijau penuh dengan antioksidan yang dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Jus lemon juga dikenal dapat menangkal efek pilek dan batuk.

Jadi mencampur lemon dalam teh hijau tidak hanya mengurangi flu tetapi juga membantu membangun daya tahan yang kuat terhadap flu yang tidak menyenangkan. Campuran ini membantu seseorang untuk segera sembuh jika mengalami masuk angin.

16. Mencegah anemia.

Manfaat lemon dan teh hijau © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Anemia terjadi karena tubuh kekurangan zat besi. Lemon mengandung beberapa zat besi, sehingga dapat mencegah anemia dengan diimbangi mengonsumsi makanan nabati agar penyerapan zat besi pada tubuh dapat optimal. Lemon juga mengandung vitamin C dan asam sitrat yang dapat melindungi dari anemia dengan memastikan bahwa tubuhmu menyerap zat besi sebanyak mungkin dari makanan lainnya juga.

17. Meningkatkan kesehatan pencernaan.

Manfaat lemon dan teh hijau © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Lemon terdiri dari sekitar 10% karbohidrat, sebagian besar dalam bentuk serat larut dan gula sederhana. Serat utama dalam lemon adalah pektin, sejenis serat larut yang dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Serat larut dapat meningkatkan kesehatan usus dan memperlambat pencernaan gula dan pati. Efek inilah yang dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah dalam tubuh.

Cara membuat teh hijau dan lemon.

Manfaat lemon dan teh hijau © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Dengan banyaknya manfaat dari teh hijau dan lemon kamu tentu akan sayang kalau kamu lewatkan begitu saja. Apalagi cara membuatnya juga nggak ribet lho. Pertama-tama, didihkan sekitar 1 cangkir (237 ml) air, angkat dari api, dan biarkan dingin selama 2-3 menit sebelum menuangkannya ke dalam cangkir.

Selanjutnya, tambahkan kantong teh hijau dan biarkan selama 1-3 menit. Lalu tambahkan air lemon segar dengan meremasnya, hingga setengah lemon ke dalam teh. Untuk menambah kenikmatannya, kamu bisa menambahkan madu, kayu manis, jahe, ataupun daun mint segar. Nikmati 3-5 cangkir per hari untuk tetap terhidrasi dan merasakan manfaat dari perpaduan lemon dan teh hijau.

(brl/lea)

(brl/lea)