Brilio.net - Kemiri adalah salah satu bumbu dapur yang dijadikan pelengkap rasa sebuah masakan. Kemiri dikenal sebagai salah satu penyedap makanan yang sering digunakan pada masakan Asia. Kandungan minyak yang tinggi pada biji kemiri membuatnya cocok digunakan untuk mengentalkan makanan sekaligus melezatkannya.

Bumbu dapur yang memiliki nama lain Aleurites Moluccanus atau dalam bahasa Inggris disebut candlenut ini tumbuh di sebagian besar daerah tropis dan subtropis di dunia seperti Malaysia, Indonesia, Queensland serta beberapa bagian Australia. Pohon kemiri tumbuh di berbagai jenis tanah yang meliputi tanah asam, tanah berpasir, tanah lempung merah, tanah gamping dan tanah liat berbatu.

Dalam sebuah penelitian disimpulkan bahwa kemiri tidak hanya dapat diolah sebagai penyedap masakan, akan tetapi kemiri juga baik dalam menyembuhkan penyakit yang sering dialami manusia. Hal ini dikarenakan kemiri memiliki kandungan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Jika akan digunakan sebagai obat, kemiri tidak boleh dikonsumsi secara langsung dalam keadaan mentah. Hal ini karena kandungan getah pada biji kemiri dapat menjadi racun yang dapat menimbulkan masalah pada tubuh seperti gangguan pada lambung dan jantung sehingga untuk mengonsumsinya kamu dapat menjadikannya minyak kemiri atau mencampurkannya dengan makanan terlebih dahulu melalui proses pengolahan supaya matang.

Berikut 10 manfaat kemiri untuk kesehatan, brilio.net lansir dari Health Benefits Times dan sumber lainnya pada Selasa (15/9)

Loading...

-1. Menjaga sistem pencernaan.

Kemiri untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kemiri adalah sumber serat yang sangat baik, dan itulah mengapa dimasukkannya ke dalam makanan bisa sangat bermanfaat bagi saluran pencernaan. Mengonsumsinya secara teratur juga membantu mendorong pergerakan usus secara teratur karena minyak yang dikandungnya berfungsi sebagai pencahar ringan.

Kemiri direkomendasikan sebagai pengobatan trasisional kepada seseorang yang menderita diare karena kandungan seratnya dapat membantu menghentikan diare. Kemiri juga memiliki khasiat antimikroba, dan bukan rahasia lagi bahwa sebagian besar kasus diare disebabkan oleh konsumsi makanan dan air yang terkontaminasi. Selain itu, penggunaan kemiri tradisional lainnya dapat digunakan untuk pengobatan disentri.

-2. Mencegah infeksi jamur.

Kemiri untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Infeksi jamur mungkin tidak berbahaya, namun akan membuat penderitanya tidak nyaman dan tidak percaya diri. Untuk meredakannya, kamu perlu mengoleskan minyak kemiri ke bagian tubuh yang terkena infeksi jamur. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

-3. Mengurangi risiko penyakit jantung.

Kemiri untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kemiri sangat bermanfaat bagi orang yang kadar kolesterolnya berada di luar kisaran normal. Kemiri dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL atau high-density lipoprotein) dan dalam prosesnya menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL atau rendah).

Salah satu nutrisi dalam kemiri adalah kalium yang terkenal dengan kemampuannya menurunkan tekanan darah tinggi. Cara kerja kalium adalah merelaksasi dinding pembuluh darah, sehingga darah dapat mengalir lebih bebas ke seluruh sistem tubuh.

-4. Mengatasi insomnia.

Kemiri untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Insomnia adalah sejenis penyakit yang membuat seseorang tidak bisa tidur nyenyak. Insomnia disebabkan oleh depresi, banyak pikiran, ketakutan akan sesuatu. Namun dengan kemiri, kamu bisa mengatasinya. Karena kemiri memiliki kandungan melatonin yang akan membuatmu rileks dan cepat terlelap.

-5. Memperkuat imunitas tubuh.

Kemiri untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kandungan vitamin E dan vitamin C pada kemiri dapat berpotensi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kemiri juga memiliki kandungan Antioksidan yang berperan penting dalam menangkal radikal bebas. Sehingga dengan mengonsumsi makanan mengandung kemiri secara teratur dapat menghindarkan berbagai macam penyakit akibat virus.

-6. Mengatasi sembelit.

Kemiri untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Sembelit selalu terjadi bila seseorang kurang makan makanan berserat. Tapi jangan khawatir, salah satu manfaat kemiri adalah mengatasi sembelit. Caranya mudah, ambil 1 buah kemiri, 2 bawang bombay, 5 gram palasari, 10 gram kayu manis, 30 gram daun urang-aring, 1/2 sdt garam, 1/2 sdt adas, 800 cc air.

Haluskan semua bahan (tanpa 800 cc air) hingga halus. Lalu rebus semua bahan dengan 800 cc air. Rebus hingga volumenya minimal 400 cc. Saring dan taruh di gelas. Minumlah dua kali sehari, dan minum sebanyak 200 cc sekali minum.

-7. Mengobati demam pada anak.

Kemiri untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kemiri dapat dijadikan obat demam bagi anak-anak. Yang kamu butuhkan adalah 15 gram akar pulutan, sedikit minyak kemiri, dan air. Pertama, rebus semua bahan, 15 gram akar pulutan dan sedikit minyak kemiri, dengan air. Setelah itu, saring dan masukkan ke dalam gelas. Dan siap untuk diminum. Ramuan tradisional ini dipercaya dapat menurunkan demam bagi anak.

-8. Mencegah kerusakan kulit.

Kemiri untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kandungan minyak pada kemiri dapat membantu mencegah kerusakan kulit. Dengan mengoleskan minyak kemiri pada permukaan kulit secara rutin akan membantu mendorong sel-sel kulit baru, sehingga dapat melembapkan kulit dan terhindar dari kerusakan.

-9. Menyembuhkan gigitan serangga.

Kemiri untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Gigitan serangga yang gatal bisa disembuhkan dengan kemiri. Ambil 2 buah kemiri dan kunyit seukuran jari kelingking. Setelah itu haluskan hingga halus. Kemudian tempelkan pada bagian tubuh yang terasa gatal akibat gigitan serangga.

-10. Menjaga kesehatan rambut.

Kemiri untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Manfaat yang paling populer dari kemiri yaitu dapat menjaga kesehatan rambut. Kandungan asam lemak linoleat pada minyak kemiri berperan penting dalam memberikan nutrisi rambut, sehingga rambut akan tampak lembap dan mencegah kerusakan.

Untuk mendapatkan manfaat kemiri ini, kamu hanya perlu mengoleskan minyak kemiri ke permukaan kulit rambut dan memijatnya secara pelan-pelan. Minyak kemiri juga dapat dicampur dengan shampoo dan kondisioner, hal ini apabila dilakukan secara rutin dan teratur maka rambut akan semakin sehat dan terlihat berkilau.