Brilio.net - Rimpang menjadi salah satu obat herbal tradisional yang telah digunakan sejak lama di berbagai negara Asia. Macamnya pun beragam, ada jahe, kunyit, kencur, lengkuas, temulawak dan banyak lainnya. Salah satu yang memiliki banyak khasiat kesehatan yakni temulawak. Umumnya temulawak ini disajikan untuk diminum dan dipercaya dapat menjaga daya tahan tubuh.

Temulawak memiliki bentuk yang hampir sama dengan kunyit, namun dari segi rasa dan aroma berbeda. Temulawak memiliki kandungan utama yakni kurkumin, protein, karbohidrat, dan berbagai mineral seperti mangan, besi, kalium, natrium dan magnesium. Berkat semua senyawa tersebut, temulawak banyak diambil manfaatnya untuk kesehatan dan juga kecantikan, salah satunya dapat meremajakan kulit lho.

Tanaman asli Indonesia ini memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza, rupanya memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Manfaat temulawak untuk kecantikan ini bisa didapatkan dengan dua cara yaitu dengan mengonsumsi sari temulawak atau dengan menggunakannya sebagai masker.

Berikut manfaat temulawak untuk kecantikan seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (11/9).

1. Meremajakan kulit.

Manfaat temulawak untuk kecantikan freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Bila gejala penuaan dini sudah terlanjur muncul, tak perlu khawatir. Kamu bisa meremajakan kulit dengan berbagai macam perawatan alami. Salah satunya adalah dengan menggunakan temulawak. Ya, kamu bisa menemukan manfaat temulawak untuk meremajakan kulit wajah.

Manfaat temulawak untuk wajah tidak hanya dapat mencegah gejala penuaan, namun bisa juga membantu meremajakan kulit. Perawatan dengan temulawak dapat memberikan nutrisi pada kulit sehingga kulit pun menjadi lebih sehat. Kulit yang sehat akan terlihat lebih segar sehingga kamu akan terlihat lebih muda.

2. Membantu mengatasi jerawat.

Manfaat temulawak untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Masalah jerawat biasanya disebabkan karena peradangan di wajah  yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Faktor penyebabnya pun sangat beragam mulai dari tak rajin membersihkan wajah, terkena polusi, hingga faktor hormon. Nah, bagi sebagian orang jerawat sangat mengganggu penampilan.

Untuk mengatasi masalah jerawat di wajah ini kamu bisa menggunakan bahan alami dari temulawak. Kandungan antiinflamasi di dalamnya dipercaya dapat meredakan peradangan jerawat dan membantu membuat jerawat menjadi lebih cepat kering. Kamu dapat menggunakan temulawak ini sebagai salah satu masker.

3. Menghaluskan wajah.

Manfaat temulawak untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat temulawak untuk wajah selanjutnya adalah bisa menghaluskan wajah. Kamu bisa menggunakan masker temulawak secara rutin untuk mendapatkan wajah yang halus dan tidak kasar. Nah, kalau kulit wajah kamu menjadi halus, maka akan terlihat terawat dan juga akan membuat makeup yang digunakan terlihat lebih sempurna.

4. Menyamarkan noda hitam.

Manfaat temulawak untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Aktivitas di luar ruangan menyebabkan paparan sinar matahari dan radikal bebas memicu noda hitam pada wajah. Jika dibiarkan maka noda hitam ini akan semakin banyak dan susah untuk dihilangkan. Temulawak dipercaya dapat menyamarkan noda hitam dan juga bekas jerawat jika digunakan secara rutin untuk masker.

5. Melembapkan kulit.

Manfaat temulawak untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Banyak faktor yang bisa mengakibatkan kulit wajah kamu menjadi kering alis tidak lembap. Misalnya saja sering terpapar sinar matahari dan debu yang membuat kulit wajah jadi kering. Nah, manfaat temulawak yang tak kalah penting yakni dapat melembapkan kulit.

Untuk membuat wajah lembap, kamu bisa mengaplikasikan  temulawak sebagai masker. Caranya campurkan bubuk temulawak dengan minyak zaitun dan juga telur. Lalu oleskan pada wajah, diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih.                                        

6. Membantu mencerahkan kulit wajah.

Manfaat temulawak untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Temulawak memiliki manfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Penumpukan sel kulit mati pada wajah ini dapat menjadikan kulit wajah menjadi kusam dan gelap. Buat kamu yang ingin membuat kulit menjadi lebih cerah, kamu bisa melakukan eksfoliasi pada wajah secara rutin guna mengangkat sel kulit mati. Kamu bisa menjadikan temulawak ini sebagai bahan untuk melakukan eksfoliasi dan nikmati hasil kulit wajah cerah

7. Mengecilkan pori-pori.

Manfaat temulawak untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Memiliki pori-pori wajah yang besar, kadang juga menjadi salah satu masalah kecantikan yang serius bagi sebagian orang. Sebab memiliki pori-pori wajah yang besar biasanya dapat menimbulkan wajah berjerawat. Untuk mengecilkan pori-pori, kamu dapat menggunakan masker temulawak secara rutin. Sifat astringent yang terkandung di temulawak bermanfaat mengecilkan dan menghambat minyak secara berlebih.

8. Menghilangkan bekas luka pada wajah.

Manfaat temulawak untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Wajah menjadi salah satu pusat penampilan yang kerap diperhatikan orang lain. Oleh sebab itu menjaga kecantikan dan kebersihan wajah menjadi hak yang perlu diperhatikan. Tapi, ada kalanya kulit wajah mengalami masalah, seperti bekas luka. Untuk menghilangkan bekas luka, kamu bisa menggunakan masker temulawak secara rutin. Maka secara bertahap bekas luka pada wajah dapat tersamarkan.

9. Mengencangkan kulit.

Manfaat temulawak untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Memiliki kulit yang kencang dan tak kendur adalah dambaan banyak orang. Tapi seiring bertambah usia, kulit semakin tidak kencang. Untuk menjaga kulit wajah tetap kencang secara alami, kamu bisa menggunakan temulawak. Penggunaan temulawak secara rutin dipercaya dapat menghasilkan kulit yang lebih kencang. Kandungan antioksidan dalam temulawak memiliki peran dalam proses membantu mengencangkan kulit.

10. Antioksidan bagi kulit.

Manfaat temulawak untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat temulawak untuk kecantikan yang terakhir yakni dapat menjadi antioksidan yang alami. Sebagai antioksidan alami, temulawak dapat membantu memelihara kesehatan kulit dan mencegah berbagai masalah kulit akibat dari radikal bebas yang mungkin menyerang kamu.