Brilio.net - Mengonsumsi buah-buahan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah-buahan mengandung vitamin, mineral, dan semua nutrisi yang dibutuhkan yang tidak hanya penting untuk kesehatan tubuh. Namun tak hanya itu, buah-buahan juga baik menghasilkan untuk kulit yang indah, bersih, dan bercahaya.

Karena kaya kandungan vitamin, dengan mengonsumsi buah kita juga dapat menutrisi kulit dari dalam. Memiliki kulit wajah sehat dan cerah tentu keinginan setiap individu, khususnya para kaum hawa.

Selain menggunakan produk kecantikan, kamu bisa menghilangkan kulit kusam, jerawat dan masalah kulit lainnya dengan bahan alami seperti buah-buahan. Selain dikonsumsi secara langsung, kamu dapat mengolah buah menjadi sebuah masker wajah.

Buah-buahan dikemas dengan banyak vitamin, mineral dan antioksidan yang bekerja sangat baik untuk menghilangkan stres pada kulitmu, membersihkannya dan mengembalikan cerah wajahmu. Mereka juga memiliki manfaat seperti spa terapeutik yang membuat kulit lebih rileks. Oleh karena itu perawatan kulit terbaik yaitu menggunakan bahan-bahan alami seperti dengan buah-buahan segar.

Untuk menggunakan masker buah, kamu dapat mencoba membuatnya sendiri di rumah. Selain aman karna tidak terkandung bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit, masker buat juga akan membuat kulit terasa lebih segar.

Loading...

Tak hanya itu, melakukan perawatan wajah dengan buah juga akan lebih hemat biaya daripada melakukan perawatan wajah di salon yang kita belum tentu tau apakah bahan-bahan yang digunakan benar-benar aman untuk kulit atau tidak. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari buah-buahan, kamu dapat menambahkan beberapa bahan alami lainnya untuk menambahkan beberapa khasiat dari masker buah dan tentunya harus sesuai takaran yang pas.

Dengan takaran bahan masker yang pas, meski terbuat dari bahan alami, tentu akan memberikan efek samping yang buruk apabila berlebihan dalam membuat dan memakainya. Nah, berikut 10 cara membuat masker dari buah, seperti dirangkum brilio.net dari Style Craze pada Rabu (9/9).

1. Masker pepaya.

Masker dari buah © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Pepaya kaya akan vitamin A dan enzim yang disebut papain, yang memiliki sifat pengelupasan yang membantu mengangkat sel kulit mati. Buah ini juga mengandung sifat anti-inflamasi dan anti-virus yang dapat membantu mengurangi jerawat.

Oleh karena itu, dapat merilekskan dan menenangkan kulit yang rentan berjerawat. Pepaya juga mengurangi penuaan dini dengan membuat kulit kencang dan memudarkan garis-garis halus, bekas luka, dan noda. Pepaya dapat menutrisi kulit, membuat terlihat lebih cerah, lembap, dan bersinar.

Bahan:

- 2 buah pepaya

- 1 sdt madu

Cara membuat:

1. Haluskan pepaya menjadi bubur yang bagus dan halus dan tambahkan madu ke dalamnya.

2. Oleskan campuran tersebut secara banyak pada kulit yang bersih dan kering.

3. Biarkan istirahat selama sekitar 15-20 menit.

4. Cuci wajah dengan air dingin dan keringkan.

2. Masker kiwi dan alpukat.

Masker dari buah © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Alpukat kaya akan antioksidan. Mereka mengandung alfa dan beta-karoten yang mencegah radikal bebas, sehingga melindungi kulit dari kerusakan dan tanda-tanda penuaan dini yang terlihat. Alpukat juga mengandung banyak vitamin C dan E yang membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Sementara itu kandungan kiwi pada masker ini juga seperti alpukat, diperkaya dengan vitamin C dan E serta antioksidan yang membantu meningkatkan kolagen dan meremajakan kulit, sehingga meningkatkan elastisitas kulit dan membuatnya tampak awet muda dan bercahaya.

Bahan:

- 1 buah alpukat

- 1 buah kiwi

- 1 sdt madu

Cara membuat:

1. Kupas alpukat dan kiwi, lalu haluskan menjadi pasta yang lembut.

2. Tambahkan madu dan aduk rata.

3. Oleskan pasta ke wajah dan lehermu. Biarkan selama sekitar 30 menit.

4. Bilas dengan air dan tepuk-tepuk kulitmu hingga kering.

3. Masker pisang.

Masker dari buah © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Pisang mengandung vitamin B6, vitamin C, silika, kalium, dan nutrisi lain yang penting untuk elastisitas dan keutuhan kulit. Sehingga masker ini dapat membantu membersihkan hiperpigmentasi dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Masker ini cocok untuk kulit kering dan sensitif.

Bahan:

- 1/2 pisang

- 1/2 sdt madu

- 1 sdt air perasan lemon

Cara membuat:

1. Hancurkan pisang, tambahkan madu dan air perasan lemon ke dalamnya.

2. Aduk rata dan aplikasikan pada kulit bersih.

3. Biarkan selama sekitar 20 menit dan bersihkan.

4. Masker stroberi.

Masker dari buah © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Stroberi kaya akan vitamin dan mineral esensial. Mereka mengandung vitamin C yang dapat melawan radikal bebas dan menunda penuaan dini.

Stroberi juga membantu mencerahkan kulit, karena asam ellagic yang ada di dalamnya. Masker ini dapat membantu mengurangi dan memudarkan bintik dan noda.

Mangan dan antioksidan memberi warna pada kulit, dan asam alfa-hidroksi membersihkan kulit dan menghilangkan sel-sel mati.

Bahan:

- 4 buah stroberi

- 1 sdm bubuk kakao

- 1 sdt madu

Cara membuat:

1. Haluskan stroberi hingga menjadi bubur halus.

2. Tambahkan bubuk kakao dan madu ke bubur stroberi.

3. Oleskan masker ini di wajahmu dan biarkan selama sekitar 15 menit. 4. Cuci bersih dengan air hangat dan keringkan

5. Masker apel dan anggur.

Masker dari buah © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Apel mengandung vitamin C yang membantu membangun kolagen. Apel juga mengandung antioksidan dan polifenol kuat yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan penuaan. Namun, diperlukan lebih banyak bukti ilmiah untuk membuktikan keefektifannya dalam meningkatkan kesehatan kulit.

Anggur kaya akan vitamin C yang membantu mengencangkan kulit. Anggur juga mengandung antioksidan seperti flavonoid, tanin, dan resveratrol yang melawan radikal bebas dan menghambat pembentukan kerutan.

Bahan:

- 1/2 buah apel

- 7 buah anggur

Cara membuat:

1. Haluskan apel dan anggur sampai kamu mendapatkan pasta yang halus dan lembut.

2. Oleskan pada kulit bersih dan biarkan selama 30 menit. Cuci dan keringkan.

6. Masker mangga.

Masker dari buah © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Mangga mengandung antioksidan yang memiliki efek anti-inflamasi pada kulit. Mangga juga mengandung beta-karoten, vitamin C dan E yang membantu melawan radikal bebas. Nutrisi ini, bersama-sama, membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Bahan:

- 1 buah mangga matang

- 2-3 sdt kaolin

Cara membuat:

1. Haluskan daging buah mangga, kemudian campur dengan kaolin.

2. Aduk rata hingga membentuk pasta yang kental dan halus.

3. Oleskan masker ini ke wajah dan leher. Biarkan selama sekitar 30 menit.

4. Setelah kemasan mengering, cuci bersih, gosok perlahan dengan gerakan memutar.

7. Masker jeruk.

Masker dari buah © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Untuk membuat masker ini, yang dibutuhkan adalah bagian kulit jeruk. Kulit jeruk tinggi antioksidan dan vitamin C. Mereka membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Ekstrak kulit jeruk mengandung berbagai senyawa yang menunjukkan sifat anti-penuaan. Karena itu, kulit mungkin terlihat lebih cerah dan bercahaya dari sebelumnya setelah memakai masker ini.

Bahan:

- 3 buah jeruk

- 1 sdm yogurt

- 1 sdt madu

Cara membuat:

1. Kupas 3 buah jeruk, ambil kulitnya.

2. Potong kecil-kecil kulit jeruk lalu keringkan di bawah sinar matahari selama 3 hari.

3. Setelah mengering, haluskan kulit jeruk dan campur dengan yoghurt serta madu.

4. Oleskan pada wajah, biarkan selama sekitar 20 menit, lalu bersihkan wajah dengan air bersih.

8. Masker tomat.

Masker dari buah © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Tomat mengandung likopen, antioksidan kuat, dan vitamin B, C, dan E. Nutrisi ini membantu menjaga kulit dengan menyerap lebih banyak oksigen, yang tidak hanya menunda penuaan tetapi juga melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Tomat membantu mengurangi warna kulit gelap dan juga mencerahkan kulit.

Bahan:

- 1 buah tomat

- 1 sdm oatmeal

- 1 sdt yoghurt

Cara membuat:

1. Haluskan tomat hingga menjadi tekstur yang halus dan lembut.

2. Tambahkan oatmeal dan yogurt ke dalam tomat.

3. Oleskan masker ini ke wajah dan leher. Biarkan selama 10 menit dan kemudian bersihkan.

9. Masker nanas.

Masker dari buah © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Masker wajah nanas sangat bagus untuk meningkatkan produksi kolagen dan menjaga kulit tetap kencang. Selain masker ini juga dapat mengurangi dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Bahan:

- 1/4 buah nanas

- 1 sdm madu

Cara membuat:

1. Potong-potong buah nanas lalu haluskan.

2. Campurkan dengan madu, aduk rata.

3. Oleskan pada wajah lalu diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air bersih.

10. Masker lemon dan pisang.

Masker dari buah © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Pisang dan minyak almond adalah kombinasi yang bagus untuk kulit kering, mereka berfungsi untuk melembapkan dan melembutkan kulit. Serta perasan lemon akan membantu menyembuhkan dan melembapkan kulit secara maksimal.

Bahan:

- 2 sdt perasan lemon

- 1 sdm minyak almond

- 2 sdm pisang tumbuk

Cara membuat:

1. Hancurkan sepotong pisang hingga menjadi lembut.

2. Tambahkan perasan lemon dan minyak almond. Campur semuanya dengan baik.

3. Oleskan masker ke wajah yang bersih, sebaiknya setelah digosok dengan lembut. Biarkan selama 20-25 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.