Brilio.net - Manfaat daun pandan untuk kecantikan masih belum banyak diketahui orang. Padahal penggunaan daun pandan dalam kehidupan sehari-hari bisa dibilang cukup sering dan banyak ditemukan. Umumnya daun pandan digunakan sebagai penambah aroma ataupun perasa pada makanan dan minuman.

Pandan atau Pandanus amaryllifolius adalah bagian dari genus Pandanus (screwpine). Tanaman ini berwarna hijau dan tingginya bisa mencapai 1-2 meter. Serta memiliki memiliki aroma yang khas, yakni kuat, manis, dan wangi. Selain mudah diperoleh dan mudah ditanam, ternyata daun pandan juga punya beragam manfaat untuk kecantikan.

Daun pandan juga memiliki banyak kandungan nutrisi, yaitu mengandung berbagai jenis senyawa seperti polifenol, flavonoid, glikosida, saponin, hingga alkaloid. Maka tak heran ada banyak manfaat daun pandan untuk kecantikan yang bisa dirasakan jika digunakan secara tepat dan teratur.

Kira-kira apa saja manfaat dari daun pandan untuk kecantikan? Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Kamis (3/9), deretan manfaat daun pandan untuk kecantikan, salah satunya bisa mengatasi komedo.

1. Menghilangkan komedo.

daun pandan untuk kecantikan freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Adanya komedo kerap mengganggu penampilan. Jika dibiarkan terus menerus komedo bisa mengalami infeksi yang mengakibatkan munculnya kemerahan pada kulit bahkan juga jerawat. Jangan khawatir, kamu bisa mengatasi masalah komedo membandel ini dengan masker yang terbuat dari daun pandan.

Pertama siapkan 1/2 sendok teh air perasan daun pandan, 1 sendok teh madu, 1 buah pisang, dan 1/4 sendok teh minyak zaitun. Lalu bisa juga ditambahkan 1/2 sendok makan air jeruk nipis. Haluskan semua bahan dan campur hingga menjadi pasta kental. Terapkan pada wajah yang sudah dibersihkan dari makeup. Setelah itu diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.

2. Mengangkat kulit mati.

daun pandan untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat selanjutnya yakni untuk mengatasi kulit mati. Caranya dengan menggunakan daun pandan yang telah dihaluskan lalu diaplikasikan sebagai body scrub yang cukup efektif untuk mengangkat kulit mati.

Kamu bisa menyiapkan daun pandan secukupnya, lalu cuci bersih. Kemudian haluskan dengan peralatan yang steril. Setelah itu campur dengan madu atau minyak zaitun. Gunakan pasta tersebut untuk menggosok kulit tubuh yang perlu eksfoliasi. Gosok dengan gerakan melingkar, kemudian diamkan selama 3 menit. Terakhir bilas tubuh hingga bersih menggunakan air dingin.

3. Mencegah penuaan dini.

daun pandan untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Diketahui daun pandan memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Penggunaannya pada kulit berfungsi untuk menangkal radikal bebas sehingga akan mempercepat proses regenerasi sel-sel untuk menghambat terjadinya penuaan dini.

Cara penggunaannya pun cukup mudah yakni dengan menumbuk daun pandan sampai halus, lalu aplikasikan ke wajah sebagai masker.

4. Mengatasi panu.

daun pandan untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Panu biasanya dikarenakan infeksi jamur yang menimbulkan bercak putih pada permukaan kulit. Selain gatal, panu juga sangat mengganggu penampilan. Nah, untuk mengatasinya dapat memanfaatkan daun pandan ini. Cara menggunakannya pun cukup praktis, tumbuk daun pandan sampai halus.

Kemudian peras daun pandan yang sudah ditumbuk untuk mendapatkan sari-sarinya. Tambahkan sedikit garam dan minumlah secara rutin, setidaknya sehari sekali.

5. Menghilangkan flek hitam.

daun pandan untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Nggak hanya komedo dan panu saja yang mengganggu penampilan, tapi bercak hitam atau flek juga salah satunya. Solusi mengatasinya pun bisa dengan memanfaatkan daun pandan.

Caranya yaitu dengan membuat masker campuran air perasan daun pandan dengan madu murni, jeruk nipis, pisang, dan minyak zaitun. Lalu aplikasikan secara merata pada wajah dan gunakan secara rutin tiga kali seminggu.

6. Aromatherapy face steam.

daun pandan untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Untuk kamu yang bermasalah dengan kulit kering, berminyak, dan kusam, coba saja lakukan facial steam dengan air seduhan pandan. Minyak esensial yang terkandung di dalam pandan bisa membantu meredakan pusing dan menenangkan pikiran. Selain itu uapnya juga bisa membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan menghaluskan kulit.

Kamu bisa menyediakan sebaskom kecil air rebusan pandan yang masih panas. Kemudian ikatkan handuk di sekeliling kepala. Pastikan wajah sudah bersih dari makeup, kemudian tempatkan wajah di atas baskom. Kira-kira 10 cm di atas baskom selama 2 sampai 3 menit.

7. Mengatasi ketombe.

daun pandan untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Ketombe bisa terjadi pada pria atau pun wanita. Masalah ini sering kali mengakibatkan gatal dan juga tak nyaman. Namun jangan khawatir, sebab manfaat daun pandan untuk kecantikan salah satunya bisa mengatasi ketombe.

Untuk melakukannya, pertama-tama kamu perlu menghaluskan daun pandan kering. Caranya cukup ditumbuk sampai halus dan tambahkan air hingga berbentuk pasta. Selanjutnya, gunakan pasta tersebut untuk membersihkan rambut layaknya sedang menggunakan sampo.

8. Menghitamkan rambut.

daun pandan untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Banyak orang mengidam-idamkan rambut yang sehat, hitam, dan berkilau. Nah, buat kamu yang sedang mencari bahan alami untuk menghitamkan rambut bisa menggunakan daun pandan. Potong sekitar tujuh lembar daun pandan dan rebus dengan air. Biarkan airnya mengembun sepanjang malam.

Jika memiliki buah mengkudu, kamu dapat mencampurnya dengan air pandan di pagi hari dan pijat ke kulit kepala kamu. Lakukan secara teratur agar hasilnya terlihat.

9. Mencegah kerontokan rambut.

daun pandan untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat daun pandan yang terakhir yakni dapat mencegah kerontokan rambut. Sama seperti mengatasi ketombe, untuk mengobati rambut rontok daun pandan juga harus ditumbuk halus.

Bedanya, daun pandan ditumbuk dalam keadaan segar. Setelah halus, tambahkan air lalu gunakan untuk membersihkan dan memijat-mijat kepala. Gunakan secara merata. Diamkan beberapa saat baru kemudian bilas sampai bersih.