Brilio.net - Tes IQ sering diyakini sebagai patokan untuk mengukur kecerdasan seseorang. Beberapa tes IQ memiliki berbagai cakupan mulai dari kemampuan kognitif, bakat, logika, hingga kepribadian seseorang.

Memang tak semua hasil test IQ benar-benar akurat mengukur tingkat intelektual seseorang. Dalam beberapa kasus, hasil test IQ yang diberikan pada seseorang bisa berbeda dalam beberapa tahun selanjutnya.

Meski begitu, tes IQ juga bisa menjadi salah satu prediksi tentang kemampuan dan minatnya akan suatu pekerjaan. Sehingga bisa dijadikan arahan untuk mempertimbangkan keputusan di masa depan. Sementara itu, ada juga yang menjadikan tes IQ sebagai hiburan semata dan mencocokkan dengan situasi yang ia rasakan sekarang, terutama tes IQ yang menggunakan gambar.

Nah, berikut beberapa tes IQ gambar dan jawabannya seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (12/5).

Tes IQ gambar untuk menguji ketelitian.

Loading...

Gambar-gambar ini akan menguji ketelitianmu. Semakin banyak kamu menemukan gambar yang dicari, maka semakin tinggi pula tingkat ketelitian mu.

1. Temukan tujuh lumba-lumba dalam gambar ini jika kamu merasa teliti.

Tes IQ gambar dan jawabannya berbagai sumber

foto: brightside.me

2. Dikecoh dengan warna hitam putih, ada sepuluh bintang dalam gambar ini.

Tes IQ gambar dan jawabannya berbagai sumber

foto: brightside.me

3. Pada gambar ini akan ada 24 wajah, ada wajah manusia dan juga wajah kuda, bisa temukan semua?

Tes IQ gambar dan jawabannya berbagai sumber

foto: brightside.me

4. Ayo cari lagi, ada tujuh binatang dalam gambar ini lho.

Tes IQ gambar dan jawabannya berbagai sumber

foto: brightside.me

5. Ada berapa kuda dalam gambar ini? Setidaknya kamu harus menemukan 16 wajah kuda.

Tes IQ gambar dan jawabannya berbagai sumber

foto: brightside.me

Tes IQ dan kepribadian gambar beserta jawaban.

6. Pilih satu gambar bulu yang kamu suka

Tes IQ gambar dan jawabannya berbagai sumber

foto: Instagram/@rahasiagadis

Jawaban:

- Bulu nomor 1.

Jika kamu memilih bulu nomor 1, maka kamu tipe orang yang tahu bagaimana bersikap baik kepada semua orang. Kamu memiliki banyak teman karena kemampuanmu bersosialisasi dan ramah. Kamu merupakan sosok yang cinta damai. Selain itu, kamu juga memiliki sikap mulia seperti senang membantu orang lain. Akan sulit bagimu untuk berkata tidak ketika seseorang meminta bantuan. Meski pandai bersosialisasi dengan orang lain, tetapi kamu lebih suka berteman dengan orang-orang yang punya selera dan minat yang sama denganmu.

- Bulu nomor 2.

Sementara, jika kamu memilih bulu kedua kamu merupakan sosok yang perfeksionis dan mencoba untuk selalu memberikan yang terbaik dari apa yang kamu punya. Kamu sangat pintar dan ulet.

Kamu lebih suka menghabiskan waktu menyendiri dan tak suka menyerahkan pekerjaan pada orang yang belum tentu bisa menanganinya.

- Bulu nomor 3.

Jika memilih bulu nomor 3, maka kamu merupakan sosok yang mandiri dan selalu mengejar tujuan dan impianmu. Kamu berjiwa petualang. Jika mengalami kegagalan pun, kamu bisa langsung bangkit dan kembali berjuang. Kamu tidak peduli akan kegagalan karena kamu sadar bahwa itu adalah pengalaman yang membuatmu lebih besar, lebih kuat, dan bijak. Karena itulah, kamu punya potensi besar untuk menjadi pemimpin yang hebat.

- Bulu nomor 4.

Jika memilih bulu nomor 4 maka kamu merupakan sosok yang super unik jika kamu memilih gambar nomor empat. Kamu memiliki banyak imajinasi dan keterampilan untuk menangani masalahmu. Kamu juga selalu berhasil mencari solusi terbaik. Berkat kepribadianmu yang kuat dan mengesankan, orang lain dengan mudah memperhatikan kehadiranmu. Disisi lain, kamu tidak selalu menyukai semua orang karena kamu cukup otoriter jika menyangkut masalah pekerjaan.

- Bulu nomor 5.

Jika memilih bulu nomor 5, maka kamu adalah seniman dengan kreativitas dan imajinasi yang mengesankan.

Namun, terkadang kamu tidak memiliki kepercayaan pada keahlianmu Kamu mudah merasa khawatir dan takut.

Kamu suka berpikir secara detail.

Kamu seorang perfeksionis dan mencoba untuk selalu memberikan yang terbaik dari dirimu dan mengharapkan hal yang sama dari orang lain.

7. Pilih gambar mata untuk mengetahui kepribadianmu.

Tes IQ gambar dan jawabannya berbagai sumber

foto: brightside.me

Jawaban:

- Mata nomor 1.

Kamu adalah orang yang bersifat sangat lembut dan berempati, serta menyambut siapapun ke dalam hatimu. Kamu lebih memilih mendapatkan pengalaman lebih banyak daripada menutup diri dari dunia. Kamu juga tidak suka berbagi masalah dengan orang lain. Sebab kamu yakin masalah yang ada harus dihadapi secara pribadi. Kamu juga sosok yang senang membantu orang lain.

- Mata nomor 2.

Keadilan adalah prinsip yang ingin selalu kamu tegakkan. Kamu menganggap dirimu adil dan suka melakukan hal yang benar. Itu adalah satu di antara nilai dasar yang kamu miliki dalam kehidupan dan kamu mencoba untuk mengikutinya. Kamu gemar membuat kesan pertama yang baik serta memiliki gambaran yang sempurna mengenai diri ideal yang ingin kamu wujudkan.

Kamu juga percaya, tindakanmu membuat dampak besar dalam kehidupan orang lain, tidak peduli seberapa kecil hal itu. Kamu tidak suka melihat kesengsaraan dan ketidakadilan di sekitarmu dan mencoba memperbaikinya melalui tindakan.

- Mata nomor 3.

Jauh di dalam hati, kamu merasa seperti terjebak, tetapi terkadang kamu tidak dapat menentukan dari mana perasaan itu berasal. Kamu adalah tipe orang yang memiliki masa lalu yang sangat liar dan tidak menyenangkan dan masih memengaruhi dirimu hingga sekarang.

Kamu selalu merasa, hidupmu adalah semacam lelucon yang menyakitkan dan ironis. Namun, kamu juga berkepribadian sangat kuat dan selalu berusaha menemukan kedamaian dengan cara apa pun yang kamu bisa, di dalam hal-hal terkecil dalam kehidupan sehari-hari sekalipun. Kamu memang pernah mengalami luka yang dalam, tetapi memilih untuk menyimpannya sendiri. Kamu juga bisa memahami karakter orang lain, serta tahu cara menata kembali hal-hal atau perasaan yang berantakan.

- Mata nomor 4.

Kamu gemar mengamati dan menganalisis detail.

Kamu suka mencari kata-kata dan gambar untuk memahami dunia sekitar. Karena itulah, kamu sering banyak berpikir atau menganalisis. Namun dengan cara ini, kamu bisa mengetahui makna yang lebih dalam dari suatu masalah.

Kamu kerap tersesat dalam pikiranmu sendiri dan ini menyebabkan persepsimu menjadi kabur. Kamu menganggap dirimu sebagai individu yang sangat percaya diri. Kecenderungan mu adalah melihat kehidupan sebagai teka-teki yang rumit dan mencoba untuk mencari tahu semua bagian yang cocok pada tempatnya.

- Mata nomor 5.

Kamu adalah tipe orang yang belum menemukan jati dirimu sendiri. Namun kamu tidak suka dengan pengkategorian orang yang mulai dibeda-bedakan. Kamu menyukai kontradiksi dan perasaanmu mudah dipengaruhi oleh hal-hal sederhana. Kamu juga tidak banyak berbagi tentang dirimu kepada orang lain karena kamu takut dibanding-bandingkan.

Kamu adalah orang yang lebih banyak bingung pada banyak hal. Namun jika sudah menemukan keyakinan atas suatu hal, kamu akan terus konsisten memegangnya.

- Mata nomor 6.

Kamu adalah tipe orang yang suka mengamati sesuatu. Kamu juga dapat merasakan emosi yang sangat dalam dan kuat. Kadang-kadang hal-hal yang paling kecil pun dapat mempengaruhimu. Kamu pandai memahami situasi dan sering menjadi orang pertama yang dapat memperkirakan atau melihat apa yang akan terjadi selanjutnya.