Brilio.net - Kesuksesan seseorang tak bisa diraih dengan cara instan. Butuh proses dan nggak bisa sekadar mengandalkan bakat alam. Salah satu hal yang menjadi kunci penting kesuksesan adalah karakter diri.

Karakter merupakan nilai-nilai perilaku dari setiap pribadi yang menjadi ciri khas seseorang. Dan akan menentukan bagaimana seseorang menanggapi sesuatu keadaan seperti kompas atau petunjuk dalam menjalani kehidupan.

Orang sukses punya karakter diri berbeda dari orang pada umumnya. Mereka memiliki keunikan dan karakter baik dan kuat dalam dirinya. Dengan pembiasaan yang rutin dan terus menerus, karakter kuat akan menjadi salahsatu modal meraih sukses.

Lantas, bagaimana detail karakter diri yang baik dan kuat itu? Berikut ulasannya sebagaimana disarikan dan dikembangkan brilio.net dari Results Empowerment, Rabu (13/12).

1. Bisa dipercaya.

Bukan bakat ini 6 rahasia yang menentukan kesuksesan seseorang Istimewa

foto: djarumbeasiswaplus.org

Salah satu ciri orang dengan karakter yang kuat adalah mampu memegang kepercayaan yang diberikan orang lain. Orang berkarakter kuat akan membalas kepercayaan itu dengan perlakuan maksimal. Ia tak akan menodai kepercayaan dari orang.

2. Kemampuan memengaruhi.

Bukan bakat ini 6 rahasia yang menentukan kesuksesan seseorang Istimewa

foto: djarumbeasiswaplus.org

Tak hanya bisa dipercaya, orang sukses juga pribadi yang mampu memengaruhi orang lain. Mereka akan menularkan semangatnya yang besar ke lingkungan sekitarnya, sehingga semuanya bisa bergerak menjadi lebih baik.

3. Memanfaatkan kegagalan.

Bukan bakat ini 6 rahasia yang menentukan kesuksesan seseorang Istimewa

foto: Istimewa

Rahasia orang sukses adalah tak pernah menyerah pada kegagalan. Baginya, kegagalan merupakan salah satu pembelajaran untuk meraih kesuksesan di masa mendatang. Kegagalan menjadi sebuah evaluasi untuk tak mengulangi kesalahan yang sama.

Orang sukses tak pernah menyalahkan kegagalan yang dialaminya pada orang lain. Meskipun sebenarnya ada andil dari orang lain yang berdampak pada kegagalan, orang sukses akan tetap menghormati orang tersebut. Mereka paham bahwa tak ada yang sempurna dalam mengambil keputusan. Menjaga sikap untuk tetap sopan adalah pilihan tepat dari orang sukses.

4. Mempertahankan kesuksesan.

Bukan bakat ini 6 rahasia yang menentukan kesuksesan seseorang Istimewa

foto: Istimewa

Orang dengan karakter yang kuat akan tahu bagaimana cara mempertahankan kesuksesan. Merasa telah di titik tertinggi bukan membuat orang sukses berpuas diri. Mereka akan tetap memberikan kemampuan terbaiknya, senantiasa rendah hati dan tak menyombongkan diri dengan pencapaian yang telah diraihnya.

Dalam mempertahankan kesuksesan, orang berkarakter kuat paham betul bahwa keadilan dan keterbukaan harus ditegakkan. Selain itu, kunci utamanya adalah menciptakan kesetaraan di mana semua orang di sekelilingnya berhak ikut andil dalam mengambil keputusan.

5. Bertahan di masa-masa sulit.

Bukan bakat ini 6 rahasia yang menentukan kesuksesan seseorang Istimewa

foto: djarumbeasiswaplus.org

Tak dipungkiri setiap orang pasti memiliki masa-masa sulit. Tapi, yang membedakan orang sukses dan orang gagal adalah kemampuannya bertahan dan membalik keadaan menjadi lebih baik. Mereka yang berkarakter kuat akan terus berjalan dan pantang menyerah dengan keadaan.

Di samping itu, ketika melihat orang lain membutuhkan bantuan, mereka tak segan untuk menolong sesama. Rasa peduli yang besar begitu tertanam dalam diri orang berkarakter kuat.

6. Berpendirian kuat.

Bukan bakat ini 6 rahasia yang menentukan kesuksesan seseorang Istimewa

foto: Istimewa

Orang sukses itu selalu punya pendirian yang kuat dalam situasi apa pun. Mereka tak akan mudah goyah dalam keadaan terhimpit sekalipun. Orang sukses juga menyadari bahwa dirinya adalah warga negara yang baik. Ia tak pernah melanggar aturan dan selalu menghormati peraturan yang berlaku. Mereka percaya dan menghormati peraturan yang ada adalah penuntun kesuksesannya.

Nah, enam karakter tadi bukan bawaan lahir. Kamu juga nggak bisa mendapatkannya begitu saja, melainkan harus berlatih rutin untuk mengasahnya.

Kamu bisa mencari tempat terbaik buat mengasah karakter diri, seperti mengikuti Djarum Beasiswa Plus. Program ini nggak sekadar memberi dana untuk bantuan biaya pendidikanmu, tapi juga memberimu beragam pelatihan soft skills yang akan membentuk kecerdasan emosional dalam dirimu. Buruan cek info lengkapnya di sini.

 

Bukan bakat, ini 6 rahasia yang menentukan kesuksesan seseorang