1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Kepribadian
02 Desember 2017 10:01

Begini beda kepribadian anak sulung, tengah, & bungsu, kamu yang mana?

Kepribadian saudara kandung berbeda karena sejumlah faktor.
foto: shutterstock.com

Brilio.net - Kamu mungkin pernah mendengar bahwa kepribadian anak bisa dipengaruhi oleh urutan lahirnya. Misalnya anak sulung cenderung bertanggung jawab, sedangkan si bungsu terkenal sebagai pribadi yang manja dan kerap mencari perhatian.

Nah, rupanya selain faktor lingkungan tempat tinggal, urutan kelahiran seseorang ternyata memang berpengaruh dalam menunjukkan kepribadian mereka.

Seorang psikolog, Dr Kevin Leman mengungkapkan bahwa anak yang lahir pertama dan anak yang lahir kedua akan menjadi sosok yang berbeda. Ia percaya bahwa perbedaan kepribadian saudara kandung itu terjadi karena ada sejumlah faktor seperti urutan lahir dan cara orangtua membesarkan anak.

Lalu bagaimanakah kepribadian ketiganya? Yuk langsung cek ulasannya yang disarikan brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (2/12) berikut ini.

Anak sulung

foto: shutterstock.com

Menurut Leman, anak sulung cenderung berorientasi pada sebuah prestasi, sering tampil, dan berkembang dalam posisi kepemimpinan. Hal tersebut dibuktikan pada sebuah penelitian di University of Georgia yang menunjukkan bahwa anak sulung adalah pribadi yang paling mungkin untuk memegang peran kepemimpinan dan berjuang untuk prestasi.

Mereka juga memiliki rasa tanggung jawab yang sangat kuat, dan biasanya paling dewasa dibanding saudara yang lain. Meski memiliki kasih sayang yang sama besar dengan adik-adiknya, biasanya anak pertama menjadi harapan dan tumpuan bagi orangtua mereka. Kondisi ini disebabkan anak sulung kerap mengambil tanggung jawab untuk adik-adik mereka.

Alhasil, kepribadian anak sulung menunjukkan sikap lebih peduli serta lebih bersedia menggantikan peran orangtua. Anak sulung juga lebih banyak berinisiatif dibanding anak lainnya. Maka tak heran, anak sulung adalah tipe pekerja keras dan pemimpin yang baik.

Tak hanya itu, sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Child Development juga menemukan bahwa anak sulung lebih mungkin bermanifestasi sebagai pribadi yang berusaha menyenangkan orangtua. Si sulung juga selalu berusaha melakukan hal baik di sekolah atau di tempat kerja. Anak pertama biasanya diidentifikasi lewat prestasi pencapaian akademik yang tinggi dan sifat ambisiusnya.

Meski berkepribadian positif, anak sulung juga memiliki kekurangan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Research in Personality mengungkap anak sulung memang lebih jujur dan dominan. Namun, anak sulung cenderung kurang ramah dan kurang tahan terhadap stres. Contoh selebriti yang lahir menjadi anak pertama adalah Nadine Chandrawinata, Vicky Shu, Ayu Ting Ting, Ahmad Al Ghazali, Verrel Bramasta, dan Rizky Febian.

Anak tengah

foto: shutterstock.com

Anak tengah dikenal sebagai kepribadian dengan sosok yang gigih berusaha. Kondisi ini disebabkan anak kedua sering kali merasa harus berjuang lebih keras untuk mengungguli si kakak. Alhasil, di dalam keluarga anak tengah cenderung memiliki kepribadian ambisius. Ia kerap menetapkan standar pencapaian yang terlalu tinggi sehingga jumlah kegagalannya juga lebih sering dirasakan dibanding saudaranya.

Sebuah studi yang dilakukan di Stanford University menunjukkan bahwa anak tengah paling sering iri. Namun, anak tengah lebih memahami bagaimana caranya mengatasi kesulitan hidup sehingga anak tengah lebih tahan banting dan kuat.

Selain itu, anak tengah dipercaya memiliki sikap yang mudah bekerja sama, fleksibel, dan senang bergaul.

Lahir sebagai anak tengah membuat mereka menjadi lebih mudah menjalin persahabatan dengan orang lain. Anak tengah akan mencari hubungan persahabatan di luar keluarga karena biasanya tak mendapatkan perhatian sebanyak saudara lainnya.

Laman mengatakan, anak tengah ini cenderung memiliki pribadi yang bijaksana. Dia kerap menjadi penengah dalam suatu masalah, dikenal ramah, dan loyal.

Dalama sebuah penelitian tahun 2010, seorang anak yang punya urutan lahir tengah akan tumbuh menjadi anak yang ramah, setia dalam hubungan, dan pandai menjalin hubungan orangtua. Contoh selebriti atau publik figur yang lahir menjadi anak kedua adalah El Jalaluddin Rumi, Nisya Ahmad adik Raffi Ahmad, dan Kahiyang Ayu anak Presiden Jokowi.

Anak bungsu

foto: shutterstock.com

Beda dengan anak sulung, si bungsu ini punya kepribadian yang lebih kreatif, pemberontak, dan sering kali mencari perhatian. Hal ini disebabkan dari cara orangtua mengubah cara asuh dari si anak pertama hingga anak bungsu. Pada posisi ini, orangtua sering lepas tangan.

Mereka pun lebih banyak termotivasi untuk mengungguli saudara-saudara yang lebih tua, sehingga tak jarang anak bungsu mencapai kesuksesan di bidang khusus yang mereka kuasai.

Mereka mampu menemukan bidang apa yang mereka senangi dan memang bisa jadi yang terbaik, karena anak bungsu relatif tidak diarahkan untuk menjadi tulang punggung yang mapan untuk bisa menggantikan peran orangtua.

Meskipun begitu, anak bungsu juga cenderung lebih ceroboh daripada saudara lainnya. Menjadi anak terakhir membuat si bungsu lebih santai dan kurang tanggung jawab dibanding saudara lainnya. Seleb yang lahir sebagai anak bungsu adalah Dul Jaelani, Syahnaz Sadiqah, dan Vanesha Priscillia.


Itulah beberapa teori yang menunjukkan bahwa posisi sebagai anak dalam keluarga berpengaruh pada kepribadian yang tercipta. Eits, kendati demikian adanya, perbedaan kepribadian ini justru menjadi bumbu-bumbu manis dalam kehidupan di keluarga dan saling melengkapi antarsaudara.

Nah, buat kamu yang udah nggak tinggal sama kakak atau adik, yuk samperin pakai Grab Bike dan bawain hadiah buat mereka. Dengan #GrabMasnya, kamu bisa dapat hadiah total hingga Rp 20 juta!

foto: Istimewa

Pengen dapat hadiah bernilai fantastis ini? Besok siang, Minggu (3/12), langsung aja meluncur ke Stasiun Kota dari jam 14.00 sampai 18.00 WIB. Pada rentang waktu itu Grab lewat akun Instagramnya @grabid akan memberikan clue di mana letak hadiahnya.

Jadi kali ini kamu mesti pintar-pintar baca clue dan cepat-cepatan menuju lokasi tersembunyi itu. Tunggu apa lagi? Segera booking Grab Bike-mu dan meluncur ke tujuan. Sambil menunggu, kamu bisa atur strategi atau ngobrol seru dengan abang driver-mu. Makin seru kejar hadiahnya, makin #DekatDenganGrab.

 

(brl/tin)

Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    42%

  • Ngakak!

    25%

  • Wow!

    25%

  • Sedih

    8%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

Begini beda kepribadian anak sulung, tengah, & bungsu, kamu yang mana?.
Kepribadian saudara kandung berbeda karena sejumlah faktor.
https://www.brilio.net/kepribadian/begini-beda-kepribadian-anak-sulung-tengah-bungsu-kamu-yang-mana-171201n.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


AYO MENANGIN TOTAL 10 JUTA RUPIAH
UNTUK 10 CREATOR PALING KREATIF!

Ikutan SEKARANG!
TOP

Would you like to switch to the English Version?