Brilio.net - Liburan menjadi kegiatan yang dinantikan banyak orang. Dengan liburan, segala beban berat hidup sehari-hari bisa terlupakan. Liburan akan terasa makin lengkap jika dilakukan bareng keluarga. Bukan rahasia lagi kalau di Indonesia liburan bersama keluarga menjadi salah satu kegiatan paling dinantikan.

Hal ini diketahui melalui survei yang diakukan sebuah perusahaan di bidang penyewaan akomodasi liburan, HomeAway. Mereka mencatat jumlah orang Indonesia yang ingin lebih sering bepergian bersama keluarga lebih tinggi dibandingkan negara-negara tetangga. Dari survei tersebut ditemukan sebanyak 94% orang Indonesia berharap dapat lebih sering bepergian dengan keluarga mereka dibandingkan sebelumnya.

Liburan dan berkumpul bersama keluarga memang menjadi momen paling indah. Sulit mencari tandingan kenikmatan bercanda, bercengkerama bersama keluarga sambil menikmati keindahan alam Indonesia. Nah, berikut brilio.net ulas alasan penting lainnya kenapa sering traveling bareng keluarga bisa bikin lebih bahagia, Jumat (24/11).

1. Rileks dari stres dan ketegangan pikiran.

grab alasan traveling © 2017 brilio.net

foto: Shutterstock.com

Sebagian besar keluarga menghabiskan hari-hari mereka dengan rutinitasnya, baik di tempat kerja, sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, atau tugas rumah tangga.

Kesibukan dalam karier maupun rutinitas lainnya secara tidak langsung sedikit menjauhkan fokus untuk memikirkan keluarga. Di sisi lain efek dari rutinitas yang monoton dapat meningkatkan stres dan ketegangan pikiran. Tidak jarang mereka yang sedang mengalami masalah di tempat kerja atau sekolah akan melampiaskan kekesalan pada keluarga.

Nah, liburan bersama adalah waktu yang paling pas untuk rehat sejenak dari rutinitas harian maupun menyegarkan hubungan antaranggota keluarga yang mungkin selama ini terlalu tegang. Dengan adanya waktu berlibur, hal-hal yang menegangkan bisa terkikis dengan kisah-kisah menyenangkan selama liburan.

2. Orangtua menjadi role model anak dalam hal problem solving.

grab alasan traveling © 2017 brilio.net

foto: nomadicmatt.com

Adanya kerjasama antar anggota keluarga saat liburan menjadi salah satu cara untuk meningkatkan keharmonisan keluarga. Sayangnya, terkadang rencana liburan nggak sesuai harapan dan menemui kendala. Seperti misalnya ketika rencana liburan keliling kota ternyata terhambat karena mobil sewaan bermasalah padahal anggota keluarga yang lain tetap ingin bisa jalan-jalan.

Nah, di sinilah peran orangtua dalam problem solving. Ayah bisa menjelaskan kepada anak bahwa transportasi yang bisa digunakan untuk jalan-jalan nggak melulu harus mobil, tapi juga bisa pakai motor.

3. Belajar pengalaman baru.

grab alasan traveling © 2017 brilio.net

foto: FlipKey.com

Liburan mengajak kita mengeksplore budaya, orang, dan tempat baru. Setiap satu kali perjalanan traveling, kamu belajar menjadi lebih mandiri dalam menghadapi persoalan-persoalan yang akan kamu temukan sepanjang perjalanan. Misalnya masalah penginapan, rute, transportasi, dan hal-hal lain yang membutuhkan keputusan tepat dari diri kamu sendiri. Dari sini, kamu akan semakin terpacu untuk mengeksplorasi hal baru yang ingin kamu pelajari dan keluar dari zona nyaman.

Nah, membawa anggota keluarga liburan bersama juga memberi mereka pengalaman baru yang dapat membentuk kembali bagaimana memandang dunia. Mereka dapat melihat orang yang berbeda, mengagumi lingkungan alam baru, mencoba makanan baru dan bahkan akan terpapar bahasa baru. Selain itu, anak-anak dapat mengalami langsung hal-hal yang mungkin selama ini hanya mereka pelajari di sekolah atau di rumah.

4. Mempererat hubungan keluarga.

grab alasan traveling © 2017 brilio.net

foto: wtvr.com

Saat berlibur bersama, anggota keluarga adalah sebuah tim. Ketika rencana liburan bareng dibuat bersama seluruh anggota keluarga, sudah pasti proses saling menanyakan keinginan masing-masing dan mencari tahu lokasi dan rute liburan bersama akan sangat mengasyikkan.

Selain dapat lebih mengenal cara berpikir satu sama lain, kamu dan anak-anak akan mendapat pengalaman dan pengetahuan baru bersama. Nah, momen liburan bersama ini dimungkinkan untuk keluarga saling berkomunikasi dengan gembira dan pikiran yang segar sehingga dapat menjalin hubungan yang harmonis dengan lebih erat lagi.

5. Menciptakan kenang-kenangan indah.

grab alasan traveling © 2017 brilio.net

foto: peccin.com.br

Setiap detik bersama keluarga tercinta memang menghadirkan perasaan tentram. Setiap orang pasti setuju dengan pernyataan "uang bisa dicari kapan saja, namun memori saat-saat bersama keluarga tidak didapatkan kapan saja." Karena itu, jangan segan untuk menganggarkan pengeluaran untuk traveling bersama keluarga.

Memori tersebut akan melekat dalam waktu yang lama dan tak dapat tergantikan. Jika biasanya keluarga hanya bisa berkumpul saat malam atau pagi hari saja, tidak dengan saat liburan. Saat berlibur, keluarga akan bertemu hampir selama 24 jam. Akan lebih banyak waktu bersama yang dihabiskan, akan banyak momen menyenangkan yang terlewati. Bertahun-tahun kemudian, kamu dan keluarga akan mengingat betapa berharganya waktu yang telah terlewati dan momen manis yang ada saat liburan tersebut.

Nah, semua manfaat itu bisa semakin menarik untuk dikejar jika kamu beruntung dapat #GrabMasnya buat #dekatdengangrab. Kamu cuma perlu pesen Grab Bike terus jika kamu beruntung, kamu akan dihampiri driver GrabMasnya yang berjaket dan berhelm emas. Nah, Grabmasnya bakal ngasih kamu voucher yang bisa discratch. Di situ ada kejutan hadiah menarik yang bakal kamu dapatkan. Kalau beruntung, kamu bisa dapatkan hadiah sampai Rp 5 juta! Tawaran yang menarik bukan?

Nggak hanya liburannya bisa jalan terus tapi juga berkesempatan dapat hadiah menarik. Nah, tunggu apa lagi? Yuk buruan pesen Grab sekarang juga dan cek di Instagram Grab di sini.