Brilio.net - Dulu ada anggapan begini. Setiap orang mesti memenuhi tiga kebutuhan pokok, sandang, pangan, dan papan. Sekarang, pandangan ini juga berlaku di kalangan milenial.

Hanya saja, kebutuhan pokok ketiga yang jadi prioritas para milenial bukan lagi papan alias rumah, tapi jalan-jalan. Mereka gemar mengeksplorasi tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi orang.

Perjalanan mereka pun makin hits setelah diunggah di media sosial. Nggak heran jika muncul anggapan generasi milenial saat ini menjadi trensetter traveling.

Travel Tips © 2017 brilio.net

Nah di era digital saat ini, para milenial dengan gampang mencari informasi destinasi wisata yang disesuaikan dengan budget yang mereka miliki. Faktor ini juga yang membuat berbagai destinasi wisata di Indonesia punya daya tarik. Nggak cuma Bali.

Hal ini tidak lepas dari peranan generasi milenial yang suka mengeksplorasi tempat-tempat baru dan mengunggahnya di media sosial. Nggak jarang, tempat tersebut pun viral.

“Generasi milenial saat ini menjadi trensetter di dunia travel. Mereka kerap mencari identitas diri dengan melakukan perjalanan untuk menjelajah tempat-tempat eksotis yang jarang dikunjungi masyarakat. Mereka sangat mudah ter-influence untuk traveling,” ujar Chief Commercial Officer Citilink Abdy Adrian Febryanto kepada brilio.net saat ditemui di acara peluncuran kerajasama belanja online dalam penerbangan nasional antara Citilink dengan JD.ID, baru-baru ini di Jakarta. 

Travel Tips © 2017 brilio.net

Tren generasi milenial yang melakukan travel juga terus meningkat, khususnya mereka yang menggunakan pesawat terbang sebagai sarana transportasi. “Itu sudah terlihat dari pertumbuhan penumpang pesawat saat melakukan perjalanan. Para milenial mencari tempat-tempat baru,” tambahnya.

Nah supaya perjalanan kamu berkesan, nggak ada salahnya kamu perhatikan empat tips perjalanan yang berhasil dirangkum brilio.net. 

1. Pintar-pintar mengatur budget

Travel Tips © 2017 brilio.net

Yang namanya traveling sudah pasti harus disesuaikan dengan budget di kantong. Jangan memaksakan diri menjelajah tempat eksotis yang mesti mengeluarkan biaya mahal. Karena itu kamu mesti pintar-pintar mengatur keuangan untuk keperluan perjalanan, mulai dari urusan logistik, akomodasi dan transportasi. Nggak mau kan traveling kamu berantakan gara-gara tekor.

 

2. Tentukan tujuan kamu

Travel Tips © 2017 brilio.net

Sebelum traveling, sebaiknya kamu tentukan dulu destinasi yang ingin dikunjungi. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat tersebut. Sekarang nggak susah kok dapetin informasi. Tinggal cari di internet.

 

3. Buat rencana yang matang biar nggak kecewa

Travel Tips © 2017 brilio.net

Setelah budget dirasa cukup dan informasi didapat, buat rencana yang matang. Jangan pergi tanpa tahu tujuan yang pasti. Ya supaya kamu bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan persiapan yang matang, kamu bisa asik traveling. Apalagi tidak semua infrastruktur di Indonesia bagus loh. Kamu harus siap dengan kondisi seperti itu. Jangan sampai datang ke suatu tempat ternyata nggak sesuai dengan ekspektasi kamu.

 

4. Pilih sarana transportasi yang punya reputasi baik

Travel Tips © 2017 brilio.net

Nah yang nggak kalah penting adalah memilih moda transportasi. Apalagi jika kamu harus menggunakan pesawat terbang. Pilih maskapai yang punya reputasi baik. Meski saat ini banyak maskapai yang menawarkan low cost carrier sebaiknya pilih yang menawarkan service premium. Pilih maskapai yang on time performance. Jangan yang sering delay. Bisa berantakan traveling kamu.