Brilio.net - Kamu pasti sering dong melihat mural atau lukisan yang banyak menghiasi dinding-dinding bangunan kota? Goresan di dinding ini bukan pekerjaan iseng lho, tapi merupakan sebuah karya seni jalanan yang apik. Jika kita melihat dari sejarahnya, street art di berbagai negara di dunia kebanyakan berawal dari grafiti yang menyuarakan opini berkaitan dengan isu-isu politik maupun isu lainnya.

Namun nggak berhenti di situ aja, seni-seni tersebut saat ini ternyata juga semakin ngehits dan dipakai untuk memajukan pariwisata di negara tersebut. Seperti di beberapa kawasan di Negeri Singa, Singapura.

Walaupun "hanya" jalanan kecil saja, namun beberapa kawasan tersebut berhasil disulap sedemikian rupa penuh dengan warna dengan mural-mural unik yang tentunya layak buat dikunjungi dan Instagramable banget. Seperti apa sih? Yuk simak di bawah ini, Kamis (3/8).

1. Mural Faces from The Past di Haji Lane, Kampong Glam

mural Istimewa

foto: lovebellavida.com

Mural wajah seorang pria mengenakan turban dengan menikmati chai di Haji Lane ini sangat mudah untuk ditemukan, tepatnya di 26 Haji Lane, The Singapura Club Haji Lane. Lukisan wajah ini merupakan karya dari Ceno2, yang memang dikenal sebagai pelukis foto realistis.

2. Mural warna-warni karya Didier Jaba Mathieu di Haji Lane, Kampong Glam

mural Istimewa

foto: Choo Yut Shing/Flickr

Mural ini sendiri merupakan karya dari seniman Singapura yang tinggal di Kolumbia, Didier Jaba Mathieu. Mural ini dimiliki oleh pemilik restoran, Aileen Tan. Ini merupakan deretan mural yang terbesar dan wajib untuk dikunjungi jika kamu ke Haji Lane.

Selain seni mural di beberapa titik di atas, kamu juga bisa menemukan beragam seni-seni mural lainnya di kafe-kafe di sederet jalan Haji Lane.

mural Istimewa

foto: en-diary.com

mural Istimewa

foto: en-diary.com

 

3. Mural di Tiong Bahru
Selain kawasan di Haji Lane, kamu juga bisa mengunjungi kawasan Tiong Bahru yang merupakan kawasan dengan arsitektur kuno yang menarik. Selain itu, mural berupa gambaran kehidupan warga lokal yang khas juga wajib untuk dikunjungi. Seperti mural Bird Singing Corner yang terletak di Tiong Bahru, Seng Poh Lane Block 71.

mural Istimewa

foto: yipyc.com

Atau keunikan mural yang berjudul Home di bawah ini. Sama halnya dengan mural Bird Singing Corner, mural yang terletak di Tiong Poh Road Block 74 ini dibikin pada bulan Maret 2016.

mural Istimewa

foto: yipyc.com

Satu lagi mural yang paling sering dikunjungi adalah mural berjudul Pasar and The Fortune Teller, yang terletak di Tiong Bahru, Eng Watt Street Block 73. Dari gambar mural ini, terlihat kehidupan dari masyarakat beragam di Singapura.

mural Istimewa

foto: yipyc.com

 

4. Mural Old Days of Chinatown di Chinatown, Singapura.

mural Istimewa

foto: homeanddecor

Mural yang berkisah tentang dua orang bermain catur ini terletak di Block 4 Sago Lane, Block 5 Banda Street and Block 333 Kreta Ayer Road, Chinatown. Mural ini menghabiskan waktu pembuatan selama 6 bulan dan memiliki lebar 18,5 m dan tinggi 3,7 m.

mural Istimewa

foto: thefinder.com.sg

Jika kamu ingin mengunjungi titik-titik mural di Chinatown, make sure kalau kamu bisa mengunjungi Street Food Centre, Kreta Ayer Road, dan Sago Land.

5. Little India dan Jalan Besar

mural Istimewa

foto: theoccasionaltraveller.com

Jalan-jalan ke Singapura dan menikmati keunikan dan keindahan mural di sana, rasanya nggak lengkap kalau kamu melewatkan Little India dan Jalan Besar. Seni mural di kawasan ini juga nggak kalah beragamnya lho. Seperti mural Light in Little India karya Elmac yang terletak di Jalan Rowell dan Jalan Desker ini.

mural Istimewa

foto: theoccasionaltraveller.com

mural Istimewa

foto: theoccasionaltraveller.com

Atau mural yang menggambarkan bagaimana transaksi tradisional di Little India zaman dulu yang berjudul Traditional Trades of Little India. Selain itu kamu bisa menemukan di sepanjang kawasan Little India dengan mural yang dijamin bisa menarik mata.

Nah, buat kamu yang nggak puas dengan hanya berjalan-jalan saja. Kini kamu bisa menikmati berlibur di Singapura dengan suasana yang berbeda lho. Kamu bisa berkeliling ke Singapura dengan mengendarai Vespa dan seru-seruan bareng temenmu berkeliling dan menyusuri jalan di beberapa titik lokasi mural di Singapura dengan Vespa unik dan vintage abis.

mural Istimewa

foto: vespa_tours_singapore

Cukup dengan 50 SGD atau Rp 489 ribuan untuk satu jam. Kamu bisa menyewa Vespa untuk menemani perjalanan serumu dengan suasana vintage nih! Cek dulu Instagram Vespa Tours Singapura, @vespa_tours_singapore dan rasakan sensasi berbeda.

Wah...jadi mupeng jalan-jalan ke Singapura, nih. Nah, ada kabar baik nih. Kamu bisa liburan ke Singapura dengan ikutan #SGSeruBarengBrilio. Dua orang pemenang bakalan dapetin fasilitas tiket Pulang Pergi (PP) dan uang saku senilai Rp 3 juta, lho. Info lebih lanjut dapat kamu baca di sini. Tunggu apa lagi? Yuk Jelajahi Singapura!