Brilio.net - Kamu pasti seringkali melihat banyaknya tes intelegensi yang beredar di internet. Seperti tes tebak-tebakan benar dan salah yang bisa menentukan kejeniusan, hingga tes yang akhirnya bisa menentukan bagaimana kepribadianmu. Lalu bagaimana jika kamu dihadapkan dengan tebak-tebakan kasus kriminalitas seperti penyelidikan detektif?

Nah, kali ini seperti yang dilansir brilio.net dari laman Brightside.me, Minggu (5/11), empat tebak-tebakan detektif yang bisa kamu coba untuk jawab. Seperti apa? Yuk, simak di bawah ini!

1. Musim panas di danau.

pertanyaan ksus detektif © 2017 brilio.net

Suatu hari di musim panas, seorang detektif yang sedang berjemur di pinggir danau mendengar tangisan dari seorang wanita.

Loading...

"Ada apa? Tenanglah, dan ceritakan ada apa?" tanyanya pada gadis tersebut.

"Gelangku hilang, aku datang ke sini setiap hari, dan seperti biasanya aku meletakkan gelangku di atas buku sambil berjemur, aku pun tertidur tapi ketika bangun, gelangku sudah tidak ada," jelasnya.

Detektif itu pun memikirkan beberapa kemungkinan di mana orang lain yang bisa dicurigai. Sepasang suami istri yang sedang berburu dengan menggunakan panah, anak kecil yang berenang di danau, pria yang sedang memancing, dan seorang pria yang sedang bermain perahu apung. Dengan melihat jejak kaki yang ada di dekat si korban, detektif pun tahu siapa yang mengambilnya.

Menurut kamu, siapa nih yang pantas dicurigai pertama kali?

2. Kalung yang dicuri.

pertanyaan ksus detektif © 2017 brilio.net

Nyonya Smith pergi ke kantor polisi dan melaporkan bahwa kalung antiknya telah dicuri. Ketika polisi ke tempat kejadian, mereka tidak melihat tanda-tanda rumah dibobol. Hanya jendela yang pecah, dan ruangan yang berantakan serta jejak kaki di seluruh ruangan. Keesokan harinya, nyonya Smith ditangkap karena penipuan, mengapa?

3. Jendela yang membeku.

pertanyaan ksus detektif © 2017 brilio.net

Suatu hari di musim dingin, Johnny menemukan Mark meninggal di rumahnya. Johnny pun memanggil polisi dan mengatakan bahwa saat itu ia baru saja melewati rumah Mark dan memutuskan untuk masuk ke rumahnya. Ia sudah mengetuk pintu berkali-kali namun tak ada jawaban.

Namun ia bisa melihat sebuah cahaya melalui jendela yang diliputi es beku. Ia pun membersihkan jendela tersebut dengan napasnya dan melihat Mark tergeletak di jendela. Keesokan harinya, Johnny ditangkap sebagai pelaku utama. Mengapa?

4. Ditangkap oleh pembunuh berantai.

pertanyaan ksus detektif © 2017 brilio.net

Seorang pembunuh berantai telah ditangkap karena mencullik banyak orang dan menyuruh orang yang diculiknya untuk minum satu dari dua pil: satu adalah pil tak berbahaya, satunya adalah pil beracun.

Pil mana pun yang diambil oleh korban, maka pembunuh tersebut akan meminum pil yang lainnya. Namun, ketika sang korban meminum obat mereka dengan minuman yang disediakan oleh pembunuh, mereka selalu meninggal. Begitu terjadi seterusnya, dan si pembunuh yang selalu terhindar dari pil 'mematikan' tersebut.

Kemudian, bagaimana sang pembunuh selalu mendapat pil yang tidak mematikan?

Nah setelah menebak keempat pertanyaan di atas, yuk cocokin dulu dengan jawaban yang benar!

1. Tebakan yang pertama.

Satu-satunya orang yang bsia mengambil gelang tanpa harus membuat jejak kaki di pasir danau adalah pria yang membawa alat pancing ikan. Ialah yang akan menjadi orang pertama yang dicurigai.

2. Tebakan yang kedua.

Polisi yakin kalau nyonya Smith berpura-pura kehilangan kalungnya karena jika melihat jendela ruangan tersebut, kita bisa melihat bahwa itu dipecahkan dari dalam. Jika dipecahkan dari luar, maka pecahan kaca akan berada di dalam ruangan bukan di luar.

3. Tebakan yang ketiga.

Polisi tahu bahwa Johnny berbohong soal jendela kaca yang beku karena kita tidak akan bisa menghilangkan es pada kaca dari luar rumah karena biasanya es tersebut berada di dalam ruangan, bukan di luar.

4. Tebakan keempat.

Kedua pil tersebut sebenarnya sama sekali tidak berbahaya, yang berbahaya adalah air dalam gelas tersebut dan bisa membunuh korban.