Brilio.net - Kecerdasan hadir dalam berbagai bentuk dan antara satu dengan yang lain berbeda. Maka kita perlu mengidentifikasi kecerdasan masing-masing. Tujuannya menyadari keterampilan apa yang mungkin perlu dikembangkan. Kamu juga dapat berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain, dan mulai menemukan lingkungan kerja terbaik demi meraih kesuksesan.

Misalnya salah seorang paling kaya di dunia, Bill Gates, membangun karier dengan kecerdasan logika dan kemampuan matematika yang kuat, menjadikan dirinya sebagai coder brilian dengan bakat untuk memecahkan masalah teknis. Tapi dia mengaku tidak memiliki kekuatan lain, seperti keterampilan interpersonal yang kuat. Kecerdasan logika-matematis adalah kemampuan untuk menghitung, mengukur, mempertimbangkan proposisi dan hipotesis, serta melakukan operasi matematis yang lengkap.

Kecerdasan logis biasanya berkembang dengan baik pada matematikawan, ilmuwan, dan detektif. Orang dewasa dengan kecerdasan logis tertarik pada pola, kategori, dan hubungan. Mereka tertarik pada masalah aritmatika, permainan strategi dan eksperimen.

Dikutip dari cnbc.com, ada sembilan jenis kecerdasan menurut psikolog Howard Gardener, yaiutu sebagai berikut.

Tipe Kecerdasan  © 2017 cnbc.com

 

1. Spasial: Memvisualisasikan dunia dalam 3D

2. Naturalis: Memahami makhluk hidup dan membaca alam

3. Musik: Membedakan suara, nada, nada, ritme dan timbre mereka

4. Logika-Matematika: Menghitung sesuatu, membuat hipotesis dan membuktikannya

5. Eksistensial: Menangani pertanyaan mengapa kita hidup dan mengapa kita mati. Kecerdasan eksistensial adalah kepekaan dan kemampuan untuk mengatasi pertanyaan mendalam tentang eksistensi manusia, seperti makna hidup, mengapa kita mati, dan bagaimana kita sampai di sini.

6. Interpersonal: Merasakan perasaan dan motif orang. Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan untuk memahami dan berinteraksi secara efektif dengan orang lain. Ini melibatkan komunikasi verbal dan nonverbal yang efektif, kemampuan untuk mencatat perbedaan antara lain, kepekaan terhadap mood dan temperamen orang lain, dan kemampuan untuk menghibur banyak perspektif.

7. Bodily-Kinesthetic: Mengkoordinasikan pikiran dengan tubuh Anda

8. Linguistik: Menemukan kata-kata yang tepat untuk mengungkapkan apa yang orang maksud

9. Intra-personal: Memahami diri sendiri, apa yang Anda rasakan dan apa yang Anda inginkan