Brilio.net - Menjadi dewasa tentunya tak bisa lepas dari tanggung jawab atas banyak pilihan yang kamu ambil di hidupmu. Apalagi untuk kamu yang menginjak usia 20 tahun ke atas. Banyak perubahan yang akan kamu temukan.

Bagaimana tidak, kamu bukan lagi anak SMA yang apa-apa harus diputuskan orangtua, dan apabila kamu salah dalam mengambil suatu keputusan kecil, maka orangtua akan membantumu menyelesaikan hal tersebut.

Hidup yang terus berjalan, umur yang terus bertambah, mau tidak mau akan membentukmu menjadi pribadi yang baru.

Namun terkadang, bertambahnya usia pada beberapa orang tidak disertai dengan perubahan sisi kedewasaan. Banyak kebiasaan-kebiasaan buruk yang terbawa, karena mereka kurang dewasa. Tentunya kamu nggak mau dong, hal itu terjadi pada kamu?

Nah, kalau kamu ingin menjadi lebih dewasa, kamu harus bisa mengubah kebiasaan burukmu berikut ini sebelum usia 25 tahun, yang dilansir brilio.net dari greatist.com, Selasa (2/8). Check this out!


1. Sering membuat rencana menjadi wacana saja.

foto: cococoast.co.uk

Kalau dulu kamu suka membuat rencana dan jadinya malah cuma wacana, kamu harus mengubah kebiasaanmu itu, dan belajar untuk merealisasikan segala rencana yang kamu buat. Apalagi kalau itu berhubungan dengan masa depanmu.


2. Menghabiskan uang hanya untuk hal-hal yang berupa keinginan, bukan kebutuhan.

Loading...

foto: quotesgram.com

Bila ingin belajar lebih dewasa, kamu harus mulai bisa bedakan, mana keinginan, dan mana kebutuhan. Ingat guys, kebutuhan lebih penting dari sekadar keinginan di hidupmu.


3. Lebih banyak waktu untuk teman, bukan keluarga.

foto: clipartkid.com

Sudah dewasa, kamu yang dulunya hobi pergi hang out dengan teman, harusnya kini lebih banyak waktu untuk kamu habiskan bersama keluarga di rumah.


4. Gengsi terlalu tinggi.

foto: savioo.com

Masa muda memang masa yang berapi-api. Kata lagu dangdut Bang Roma sih begitu. Menuju usia 25, kamu harus mulai bisa mengalah, menurunkan gengsi, dan juga berani mengakui kesalahan dan meminta maaf kepada orang lain.


5. Lebih senang berinteraksi di media sosial, daripada dunia nyata. Mak jleb banget nih, buat kamu.. Ups!

foto: savioo.com

Hei, hidup tak melulu di status Facebook, Twitter, Path, Instagram, Steller, atau sampai SnapChat sekalipun. Kamu harus mulai belajar untuk berinteraksi dengan teman dan orang di sekitar. Jangan melulu di depan gagdet!

 



Tuh, guys.. Masuk akal kan, tipsnya? Kebiasaan berikutnya sangat penting kamu lakukan dari sekarang. Terutama nomor 7 dan 10.. KLIK NEXT

2 dari 2 halaman




6. Memilih karir tak sesuai dengan passion.

foto: comerecommended.com

Semakin dewasa, selain tahu prioritas, kamu juga harus tahu passion dan hasratmu dalam pekerjaan ada di mana. Jangan sampai kamu bekerja di tempat yang nggak sesuai dengan skill dan passion-mu ya. Bisa nggak betah lho, nanti.


7. Tak memulai untuk menabung.

foto: learnvest.com

Kalau dulu kamu boros banget. Mulai sekarang kamu harus coba untuk menabung demi masa depanmu. Jangan membeli barang yang nggak penting kayak zaman SMA dulu ya, guys.


8. Tak berani mengambil keputusan sendiri.

foto: gigarelifestyle.com

Kalau dulu kamu suka ikut apa kata orangtua, kini saat kamu sudah dewasa, kamu harus belajar untuk mengambil keputusan untuk hidupmu sendiri. Tetap meminta saran dari orangtua guna mengarahkan, tapi keputusan nantinya ada di tanganmu.


9. Masih suka berdebat dengan orangtua.

foto: empoweringparents.com

Coba deh, semakin kamu dewasa, semakin banyak untuk mendengarkan orang lain. Saring mana yang baik mana yang tidak. Udah nggak zamannya lagi kamu sibuk mendebat sana-sini hal yang kontra denganmu.


10. Tak menjaga kesehatan sedari dini.

foto: empoweringparents.com

Semakin tua, kondisi fisik pun menurun. Kamu harus mulai menjaga kesehatanmu sedari dini. Nggak mau kan, pas nanti kamu saatnya gendong cucu, tapi udah sakit-sakitan?