×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Traveler milenial tak perlu repot bandingkan harga, pakai aplikasi ini

View Image

0

BRILIO » Jalan-Jalan

Traveler milenial tak perlu repot bandingkan harga, pakai aplikasi ini

foto-foto: Brilio.net/Yani Andryansjah

Cari informasi jalan-jalan sekarang tinggal klik

21 / 02 / 2019 01:05

Brilio.net - Traveling kini sudah menjadi kebutuhan masyarakat, khususnya milenial. Bukan rahasia lagi jika di kalangan milenial ada paradigma tiga kebutuhan pokok yakni sandang, pangan, dan jalan-jalan. Nggak heran jika milenial merupakan pasar potensial untuk industri pariwisata.

Fakta ini pula yang membuat Wego, aplikasi agregator travel makin serius melirik pasar milenial di kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia. Apalagi, sejak berdiri pada 2005 lalu, Wego telah diunduh lebih dari 5 juta kali di seluruh dunia, di mana 80% di antaranya kalangan milenial.

Menurut James Huang, Head of APAC & Global Marketing Technology Wego, milenial adalah kelompok yang unik saat berwisata. Mereka nggak cuma sekadar ingin mendatangi destinasi wisata, tapi selalu ingin mencari pengalaman dan kesenangan baru saat melakukan perjalanan.   

Wego © 2019 brilio.netJames Huang, Head of APAC & Global Marketing Technology Wego (kiri) dan VP Performance Marketing Tiket.com, Dyah Wulandari. 

“Alasan ini yang membuat kita menampilkan fitur-fitur yang memudahkan milenial. Terlebih milenial selalu punya kebiasaan membandingkan harga tiket pesawat dan hotel. Tentu saja untuk menyesuaikan budget yang ada” ujar James dalam acara Media Lunch with Wego ‘Engage Milennial Travellers in South East Asia’, baru-baru ini di Morrissey Hotel Residence, Jakarta.

Loading...

Sadar akan kebiasaan milenial tersebut, Wego pun menampilkan fitur baru yang disebut Penawaran Eksklusif yang memuat berbagai promosi terkait perjalanan, mulai dari harga spesial tiket pesawat, diskon hotel, voucher restoran, hingga paket spa.

“Tingkat engagement rata-rata untuk fitur ini adalah di atas 40%, yang menunjukkan bahwa pengguna Wego (milenial) tertarik untuk mengetahui informasi penawaran atau promosi terkait perjalanan di aplikasi mereka,” kata James.

Travel Internet © 2018 brilio.net

Saat ini, lanjut James, milenial adalah konsumen yang cerdas. Mereka selalu membandingkan harga dari berbagai situs dan aplikasi, makanya Wego pun menggandeng sejumlah partner Agen Perjalanan Daring (Online Travel Agent atau OTA) besar, seperti Tiket.com, Nusatrip, Pegi-pegi, dan Arena Tiket.

Tidak hanya itu, Wego juga bekerja sama dengan sejumlah maskapai ternama Indonesia, seperti Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya Air, dan TransNusa. “Kerja sama tersebut telah berlangsung baik dan Wego akan terus mencari rekanan dalam bentuk OTA, maskapai penerbangan, dan jaringan hotel mancanegara,” terang James.

Selain itu, Wego juga menyediakan pilihan akomodasi alternatif bagi para wisatawan milenial yang memiliki selera unik. Karena itu di aplikasi ini bukan cuma hotel yang ditawarkan tetapi juga ada rumah, villa, dan vacation rental dari situs pemesanan akomodasi terbaik, seperti Airbnb, Rakuten, dan Booking.com.

Travel Internet © 2018 brilio.net

“Wego percaya bahwa menampilkan sebanyak mungkin informasi terkait harga adalah hal penting yang harus dilakukan untuk membantu wisatawan merencanakan perjalanan,” lanjut James.

Karena itu Wego memberikan rekomendasi harga terbaik, waktu terbaik, tanggal terbaik, dan maskapai terbaik untuk suatu tujuan wisata di situs Wego. Rekomendasi ini dapat ditemukan di halaman hasil setelah pengguna melakukan pencarian tiket pesawat melalui situs Wego. Semua rekomendasi ini berlaku hingga tiga bulan ke depan sehingga pengguna dapat lebih fleksibel dalam merencanakan perjalanan.

Sementara VP Performance Marketing Tiket.com, Dyah Wulandari menjelaskan, milenial yang sejatinya adalah digital savvy, sadar betul fungsi media sosial. Fakta ini yang memengaruhi gaya milenal saat traveling. Milenial seringkali punya alasan kuat mengapa mengunjungi suatu destinasi.

“Mereka itu sering terinspirasi untuk datang ke suatu destinasi. Karena itu kita sediakan konten. Apa yang bisa dilakukan di sebuah destinasi,” ucap Dyah.

Wego © 2019 brilio.net

Tentu saja konten yang disajikan memuat berbagai informasi dengan bahasa yang mudah dicerna. Milenial umumnya akan tertarik pada suatu destinasi ketika di tempat itu banyak pilihan aktivitas sesuai minat yang bisa dilakukan. “Ketika aktivitasnya menarik, barulah mereka mau pergi ke sana,” ujar Dyah.

Nah untuk merangkul wisatawan milenial, Wego pun menerapkan strategi digital awareness, digital activation, content marketing, dan offline activation. Tujuannya untuk mempromosikan destinasi yang menarik bagi milenial. Saat ini Inggris dinilai sebagai destinasi unggulan yang bisa menarik keingintahuan milenial.  

Pada kuartal pertama 2019, Wego telah melakukan kampanye destinasi dengan Visit Britain dan berpartisipasi dalam acara Lalalafest 2019. Selain itu Wego juga menggelar Wego Hangout dengan tema “Travel Fun to UK”.

Di acara ini milenial bisa ikutan berbagai acara menarik, seperti Best UK Costume Contest di Lalalafest 2019 yang berlangsung 23 Februari 2019 di Cikole, Bandung. Hadiahnya oke banget, tiket pesawat Jakarta-London-Jakarta untuk 2 pemenang.  

Sementara untuk kegiatan “Travel with Fun Instagram Contest” yang digelar Maret 2019 dalam acara Wego Hangout, hadiah totalnya mencapai Rp 10 juta  untuk 3 pemenang.

Jadi, buat Sobat Brilio yang suka traveling, sekarang nggak perlu repot lagi membandingkan harga tiket pesawat atau hotel dari aplikasi traveling. Kalau ada cara yang gampang, ngapain harus ribet sih. Yuk unduh Wego!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more