Brilio.net - Saat ini, Lampung menjadi salah satu destinasi wisata favorit. Selain memiliki jarak yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, Lampung juga memiliki keindahan alam mulai dari pantai hingga pegunungannya. Tak heran Pemerintah Lampung sedang gencar mempromosikan destinasi wisatanya.

Rupanya, tak hanya keindahan alam saja, namun wisata edukasi juga sedang dibangun untuk para wisatawan. Salah satunya pembangunan observatorium di Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman. Namun berbeda dengan Bosscha yang ada di Bandung, observatorium di Lampung ini menggunakan teknologi yang diklaim lebih canggih.

"Mengingat Bosscha sudah dibangun dari zaman Belanda dan polusi cahaya sudah sangat tinggi di Bandung sehingga membuat teleskop tidak bisa berfungsi secara optimal. Untuk itu kami ingin membuatnya di Lampung," kata Gubenur Lampung M. Ridho Ficardo kepada awak media beberapa waktu lalu.

Destinasi wisata ini rencananya bisa dinikmati 2-3 tahun mendatang. Bila teleskop di Bosscha masih menggunakan ukuran yang besar karena sudah puluhan tahun lalu, namun di observatorium Lampung ini di desain lebih baik.

"Nanti, tempat observator akan lebih modern dibandingkan Bosscha kawasan lebih bersih dari polusi cahaya dan berada di balik bukit agar terhindar dari cahaya," tukasnya.

Loading...

Nantinya wisatawan juga bisa menikmati keindahan alam di sekitar observatorium. Di mana landscape seperti perbukitan serta pohon rindang mendominasi lokasi sehingga bisa menjadikan destinasi sebagai wisata kota selama berada di Lampung.