Brilio.net - Siapa sih yang nggak tahu Karimunjawa? Destinasi wisata yang berada di Jepara, Jawa Tengah ini menawarkan berbagai keseruan main air, bahkan ada tempat untuk wisatawan berenang bersama hiu, wow!

Namun sayangnya, akses ke Karimunjawa agak sulit. Pelayaran ke Karimunjawa kadang menghadapi kendala bila terjadi cuaca buruk. Kapal rute Karimunjawa rata-rata berukuran kecil sehingga memilih menunda pelayaran saat gelombang besar.

Tapi kini ada kabar baik buat kamu yang tertarik traveling ke Karimunjawa. PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) telah membuka pelayaran ke Karimunjawa dengan kapal berukuran besar tipe KM Kelimutu. Sehingga, ketika cuaca ekstrem, kapal ini tetap berlayar. Sekarang ini pengguna kapal Pelni naik signifikan, dari awalnya berkisar 200-300 orang menjadi 600-700 orang.

km kelimutu instagram

KM Kelimutu/foto: instagram

Loading...

"Kelebihannya, ketika cuaca ekstrim kapal Pelni masih bisa berlayar karena kepalanya besar," ujar Manager Komunikasi dan Hubungan Kelembagaan PT. Pelni, Akhmad Sujadi saat dihubungi brilio.net melalui pesan singkat, Minggu (25/12).

Pada momen libur Natal ini, KM Kelimutu berangkat dari Semarang pada Sabtu (24/12) dinihari dan tiba pagi hari di Karimunjawa. Kembali dari Karimunjawa ke Semarang Minggu (25/12) pukul 13.00 dan akan tiba di Semarang pukul 18.00. "KM Kelimutu akan berangkat ke Karimunjawa setiap dua minggu sekali, jadi nanti akan berlayar kembali pada 13 Januari mendatang," tambahnya. Kapal tipe 1000 pax ini memiliki kapasitas 1.000 tempat tidur dengan tarif Rp 130.000 untuk sekali jalan.

Selain kapal Pelni ada pelayaran swasta dari Semarang dan Jepara ke Karimunjawa dengan kapal ukuran lebih kecil dibanding kapal Pelni. Kehadiran kapal Pelni ke Karimunjawa telah mendukung aktivitas warga dan meningkatkan wisatawan ke Karimunjawa. PT Pelni pun berharap agar dapat mengantarkan dan meningkatkan perekonomian Karimunjawa tumbuh lebih baik.