Brilio.net - Ada berbagai cara yang dilakukan setiap keluarga agar tetap harmonis dan kompak. Salah satunya dengan melakukan liburan bersama. Inilah yang dilakukan Friska Purba (33) dan suaminya. Pasangan yang sekarang menetap di Jakarta ini senantiasa merencanakan liburan bersama demi menjaga keharmonisan keluarga.

"Saya pikir mumpung masih muda dan rejeki masih ada nggak ada salahnya ngelihat sekeliling," kata Friska kepada brilio.net melalui layanan story telling bebas pulsa 0-800-1-555-999, Raby (2/12). Friska menambahkan waktu bersama anak-anak itu sangat berharga dan tidak bisa diulang.

Bagi Friska liburan juga semakin membuat keluarga kami sangat kompak."Uang bisa dicari tapi kebahagiaan menghabiskan waktu sama mereka tidak bisa dibeli," kata dia

Friska dan keluarga telah menjelajah dalam dan luar negeri. Perjalanan liburan yang baru saja mereka lakukan pada awal Juli 2015 lalu adalah mengunjungi Hong Kong, Macau, dan Bangkok selama 7 hari perjalanan. Berbagai persiapan telah mereka lakukan, mulai dari pemesanan tiket hingga menyusun rencana perjalanan.

Perjalanan ke Hong Kong dirasakan sangat berkesan oleh mereka. Berangkat dari Jakarta menuju Hong Kong, Friska dan suami telah mencari berbagai informasi tentang negara tujuannya. Tujuan utama mereka mengunjungi Hong Kong adalah Disney Land, setelah puas berkeliling Kota Hong Kong mereka lalu melanjutkan perjalanan ke Macau. Di Macau mereka menghadapi kendala bahasa. Masyarakat Macau tidak mengerti bahasa Inggris sama sekali sehingga mereka harus berkomunikasi dengan bahasa isyarat. Perjalanan menyenangkan itu kemudian berlanjut ke Bangkok baru kemudian kembali ke Indonesia.

"Tidak jarang saat berlibur bersama kami sering tersesat sekeluarga, tapi terkadang tersesat adalah hal kecil yang kami syukuri karena dengan demikian kami bisa semakin kompak mencari jalan keluar bersama," lanjut Friska.

Kadang budget menjadi kendala untuk liburan keluarga.Hal ini diatasi Friska dengan mencari tahu layanan gratis khusus wisatawan di setiap negara. Misal layanan bus gratis dan berbagai fasilitas umum lainnya. Dengan demikian bisa menghemat biaya perjalanan.

Sebenarnya bagi Friska baik itu liburan ke luar negeri ataupun liburan di dalam negeri sama. Inti dari liburan bagi dia dan keluarga bukan persoalan tempat tapi lebih kepada kualitas waktu yang mereka habiskan bersama-sama. Ada lagi pelajaran berharga yang mereka peroleh dari perjalanan ke luar negeri khususnya saat melihat kondisi Hong Kong yang sesak dan membuatnya bersyukur tinggal di Indonesia. Belum lagi ternyata kemampuan bahasa asing orang Indonesia sebenarnya tidak kalah dari masyarakat Asia lainnya.

Selain bertambah kompak ada hal lain yang dirasakan keluarga Friska. Ternyata Indonesia itu kaya dan banyak hal kecil yang perlu disyukuri karena tinggal di Indonesia. Contoh kecilnya di Hong Kong hanya orang kaya yang bisa memiliki halaman di depan rumah sedangkan di Indonesia kita masih bisa memiliki itu.

Friska dan suami kembali merencanakan untuk mengajak anak-anak mereka berlibur ke Bali atau Yogyakarta di akhir tahun ini sehingga mereka bisa menikmati waktu liburan panjang bersama.

Ini perjalanan Friska bersama keluarga, bagaimana denganmu?

Cerita ini disampaikan oleh Friska melalui telepon bebas pulsa Brilio.net di nomor 0-800-1-555-999. Semua orang punya cerita. Ya, siapapun termasuk kamu punya kisah tersembunyi baik cerita sukses, lucu, sedih, inspiratif, misteri, petualangan menyaksikan keindahan alam, ketidakberuntungan, atau perjuangan hidup yang selama ini hanya kamu simpan sendiri. Kamu tentu juga punya cerita menarik untuk dibagikan kepada kami. Telepon kami, bagikan ceritamu!