Brilio.net - Tak hanya pantai di sebelah selatan, Jogja rupanya memiliki keindahan dan pesona tersendiri di bagian utaranya. Tepatnya di daerah Kaliurang. Suguhan panorama yang mengagumkan, dengan Gunung Merapi menjulang tinggi, bentang alam nan hijau di sebelah kanan dan kiri jalan, serta udara yang begitu segar, membuat Kaliurang menjadi spot menarik wisata yang tak kalah seru.

Eksistensi objek wisata Jogja yang satu ini telah berlangsung sejak zaman Belanda ada di Indonesia, lho. Di masa itu, Kaliurang adalah salah satu tempat tujuan peristirahatan para nyonya dan meneer Belanda. Nah, berikut ini adalah spot-spot menarik di Kaliurang yang sayang untuk kamu lewatkan, yang telah dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (12/1).

1. Tlogo Putri

Ini dia objek wisata tempat peristirahatan noni Belanda di Yogyakartafoto: ngadem.com

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Tlogo Putri terletak di kawasan lereng Selatan Merapi dan satu komplek dengan Bukit Plawangan Turgo dan hutan yang dikelola oleh Perhutani. Terdapat juga jalur tracking dengan berjalan kaki memasuki hutan dengan menyusuri jalan setapak sampai akhirnya sampai di obyek wisata Kaliadem atau Kalikuning, Watu Kemloso atau di Air terjun Tlogo Muncar. Pertunjukan seni juga sering diadakan di tempat ini, lho. Seni yang digelar secara bergantian yang menampilkan grup-grup kesenian seperti jathilan, campur sari, topeng ireng, kubro siswo, orkes melayu, dangdutan, pentas di sebuah panggung yang berada di Tlogo Putri. Bagi yang akan menyaksikan pertunjukan ini tidak dipungut biaya alias gratis.

2. Museum Vulkanik Merapi

Ini dia objek wisata tempat peristirahatan noni Belanda di Yogyakartafoto: wisatamu.com

Ini adalah salah satu tempat terbaik di Kaliurang untuk mendapatkan berbagai hal informasi yang berkaitan dengan letusan Gunung Merapi. Di museum ini kamu dapat mengetahui asal mula proses terjadinya letusan hingga saat letusan terjadi. Tidak hanya itu, kamu dapat mengetahui banyak hal tentang mitos yang berhubungan dengan Gunung Merapi tersebut.  Museum Vulkanik Merapi ini terletak di Jalan Boyong Harjobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman.

3. Taman Rekreasi Bermain Anak-Anak

Ini dia objek wisata tempat peristirahatan noni Belanda di Yogyakartafoto: oibro.com

Tidak ada yang menyenangkan selain bermain bagi anak-anak selain taman bermain. Wisata Kaliurang menghadirkan sebuah kawasan taman bermain seluas 1 hektar bagi anak-anak. Di taman bermain ini, tersedia beberapa permainan anak-anak, seperti ayunan, mobil-mobilan, dan lain sebagainya. Taman ini memiliki tanaman yang rindang, menghadirkan keteduhan bagi setiap orang yang singgah untuk berekreasi di sana.

4. Museum Ullen Sentalu

Ini dia objek wisata tempat peristirahatan noni Belanda di Yogyakartafoto: brilio.net/Andry Trysandy Mahany

Museum Ullen Sentalu, terletak di daerah Pakem, Kaliurang, Kabupaten Sleman. Ulen Sentalu adalah museum yang menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram (Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman) beserta koleksi bermacam-macam batik (baik gaya Jogja maupun Surakarta). Museum ini juga menampilkan tokoh raja-raja beserta permaisurinya dengan berbagai macam pakaian yang dikenakan sehari-harinya.

5. Sungai Boyong

Ini dia objek wisata tempat peristirahatan noni Belanda di Yogyakartafoto: brilio.net/Andry Trysandy Mahany

Sungai Boyong salah satu sungai yang membelah Jogja. Sungai ini menjadi cukup menarik dan perlu diperhatikan karena Sungai Code yang merupakan salah satu anak dari Sungai Boyong adalah jalur aliran lahar dingin hasil erupsi Merapi dan keberadaanya yang melewati Jogja lah yang membuat sungai ini diwaspadai saat lahar dingin terjadi.

6. Gardu Pandang

Ini dia objek wisata tempat peristirahatan noni Belanda di Yogyakartafoto: gusti7070.wordpress.com

Inilah pos pengamatan Gunung Merapi dan saat ini menjadi salah satu tempat menarik di Kaliurang. Di Gardu Pandang, kamu dapat melihat Gunung Merapi dengan jelas meskipun ada kalanya gunung tersebut akan tertutup awan dan hal ini biasanya terjadi kala sore hari. Terletak di tepi kali Boyong, dari Gardu Pandang ini kamu dapat menikmati pemandangan alam kawasan Kaliurang yang begitu asri.

7. Goa Jepang

Ini dia objek wisata tempat peristirahatan noni Belanda di Yogyakarta

foto: ceritamu.com

Goa di Kaliurang ini peninggalan tentara Jepang yang pada masa itu menjadikan goa ini sebagai tempat berlindung dari serangan sekutu serta menjadi tempat tinggal sementara mereka. Pesona unik goa ini adalah terdapat 25 pintu goa yang saling terhubung satu dengan lainnya dalam kondisi yang orisinil.

8. Taman Wisata Plawangan Turgo

Ini dia objek wisata tempat peristirahatan noni Belanda di Yogyakartafoto: initempatwisata.com

Satu lagi suguhan panorama alam yang begitu indah, kamu dapat pergi ke Taman Wisata Plawangan Turgo. Hal ini tentu akan sangat menyenangkan bagi kamu yang menyukai olahraga lintas alam. Spot wisata Kaliurang yang satu ini memiliki hutan tropis yang tertata rapi serta terdapat bebatuan hasil letusan Merapi, gunung berapi yang berusia mencapai 40.000 tahun.

(brl/ani)