Brilio.net - Indonesia memang memiliki kekayaan alam dan budaya yang luar biasa. Namun sayangnya, masih banyak budaya Indonesia yang belum terekspose ke luar, padahal keunikan budaya yang beraneka ragam belum tentu dimiliki oleh daerah lain.

Salah satu daerah yang memiliki kekayaan budaya adalah Tidore. Selain terkenal dengan sejarah dan wisata baharinya, ternyata kebudayaan daerah Tidore juga beraneka ragam dan unik loh. Melalui ajang tahunan Festival Tidore 2017, kembali memamerkan keindahan alam dan budaya daerah di Maluku Utara tersebut.

Acar Festival Tidore ini akan digelar pada 10-11 April 2017 mendatang. Festival yang mengusung tema "Merawat Tradisi, Mempertegas Jati Diri, Bangsa Maritim" ini sekaligus untuk memperingati hari jadi Tidore.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mendukung penuh kegiatan yang sudah berlangsung sembilan kali itu. Ia mengatakan kegiatan ini sekaligus melestarikan warisan sejarah budaya kesultanan Tidore.

"Kita beruntung punya kesultanan karena memiliki budaya tinggi dan harus dilestarikan. Itu akan menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Maluku Utara khususnya Kota Tidore," jelasnya saat Launching Festival Tidore 2017 di Balairung Sapta Pesona, Rabu (5/4).

Loading...

Saat ini, Tidore memang sedang dipromosikan dari segi destinasi wisata dan budaya. Menurut Arief Yahya ada hal-hal yang harus dilakukan untuk membangun sebuah destinasi.

"Rumus destinasi itu berlaku 3A, Atraksi, Akses, dan Amenitas. Ketiganya harus dibangun, ketika disiapkan menjadi destinasi wisata," katanya.

Pada penyelenggaraan festival kali ini dari tujuh rangkaian telah dipilih tiga top event, yaitu Parade Juanga, Perjalanan Paji, dan Kirab Agung. Arief Yahya berharap dengan pemilihan tiga top event ini dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Tidore sebagai destinasi yang memiliki wisata lengkap, yakni bahari, adventure, alam, religi, dan budaya.

"Teman-teman Kemenpar akan mempublikasikan dan mempromosikan Festival Tidore. Festival ini harus menjadi trending topic nasional maupun internasional," jelasnya.