Brilio.net - Korea masih menjadi destinasi andalan masyarakat, terutama masyarakat Indonesia. Berbagai destinasi menarik mulai dari destinasi alam, budaya, hingga kulinernya.

Saat kamu berkunjung ke Korea Selatan, ada destinasi baru yang menarik lho. Chungcheongnam-do atau disebut Chungnam-do, adalah provinsi di bagian barat Korea Selatan. Wilayah Chungnam sebagian besar terdiri dari dataran dan merupakan pusat transportasi vital yang menghubungkan Seoul dengan wilayah selatan Korea Selatan.

Sebagai destinasi baru, Chungnam-do memang belum banyak dikenal wisatawan. Padahal Chungnam-do memiliki pemandangan alam yang eksotis berjarak tak jauh dari ibu kota, Seoul. Lokasi Chungnam-do yang strategis menjadikannya sangat mudah diakses baik dari Seoul maupun bandara internasional Incheon, yaitu hanya sekitar 40 menit dengan kereta cepat KTX.

Chungnam-do © 2018 brilio.net

Banyak spot menarik di tempat itu. Wisatawan bisa menikmati pantai dengan pemandangan matahari terbenam yang cantik karena menghadap ke laut Kuning. Selain itu, destinasi alam eksotis di antaranya adalah Taman Laut Nasional Taeanhaean, Taman Nasional Gyeryongsan, Pantai Daecheon, Sungai Baegmagang dan lainnya. Festival Lumpur Internasional Boryeong yang terkenal juga berlangsung setiap musim panas di pantai Daecheon. Chungnam-do juga menawarkan berbagai fasilitas mata air panas modern.

Selain pemandangan alam yang indah, Chungnam-do juga memiliki sejarah yang panjang, warisan budaya dan tradisi kuno yang melimpah karena menjadi pusat kerajaan Baekje 1500 tahun lalu. Daerah Gongju dan Buyeo memiliki banyak situs bersejarah di mana jejak-jejak Dinasti Baekje dapat dilihat, seperti benteng tua, makam, dan relik.

Situs Bersejarah Baekje ini terdaftar sebagai situs warisan dunia UNESCO pada tahun 2015. Sebagai situs warisan dunia UNESCO, Baekje di Buyeo ini telah berhasil menarik wisatawan luar negeri. Tahun ini, Kuil Magok di kota Gongju ditambahkan ke dalam daftar situs warisan dunia UNESCO.

Meningkatnya wisatawan Asia Tenggara ke Korea Selatan beberapa tahun terakhir menjadi momen penting bagi Chungnam-do. Khususnya, pasar pariwisata Indonesia yang berkembang pesat menjadi alasan Chungnam-do untuk melakukan promosi wisata langsung di Indonesia dengan mengadakan jamuan makan malam untuk travel agent, yang diselenggarakan pada 31 Juli 2018 di Jakarta.

Dirjen Budaya, Olahraga dan Pariwisata Chungnam-do, Hang-young Cho mengatakan bahwa Chungnam-do telah mempromosikan wisata terutama di China dan Jepang tetapi dengan semakin meningkatnya wisatawan dari Asia Tenggara. Chungnam-do berencana untuk memperluas kegiatan promosi ke Asia Tenggara, termasuk Indonesia.