Brilio.net - Saat mengunjungi sebuah daerah, tentu kita akan tertarik dengan berbagai keindahan alam yang tentunya tidak bisa dilihat di tempat lain. Tak hanya itu, budaya yang beragam membuat para wisatawan takjub dengan keberagaman yang ada di Indonesia.

Selain itu juga, saat mengunjungi suatu daerah juga tak lengkap bila tidak membeli buah tangan atau oleh-oleh untuk orang di rumah. Ya, membeli oleh-oleh sepertinya sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia yang melakukan pelesiran.

Sebut saja Danau Toba di Sumatera Utara yang memiliki luas kurang lebih 1.145 kilometer persegi. Danau Toba merupakan danau terbesar di Asia Tenggara dan salah satu danau terdalam di dunia. Memiliki keindahan alam yang luar biasa, tak heran bila tempat ini dijadikan sebagai salah satu dari lima destinasi wisata prioritas.

Tak hanya keindahan alamnya saja, Danau Toba juga memiliki beragam jenis oleh-oleh yang bisa dijadikan kenang-kenangan untuk dibawa pulang. Apa saja oleh-oleh khas Danau Toba? Berikut rangkumannya seperti dilansir Brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (30/3).

1. Kopi Samosir.

Loading...

oleh-oleh Danau Toba © 2021 brilio.net

foto: Syifa Fauziah

Saat mengunjungi Danau Toba dan melipir ke Pulau Samosir, jangan lupa mencicipi kopinya. Para pemuda di daerah ini dari Komunitas Kopi Sinergi sudah mulai mengembangkan produksi kopi dengan berbagai merk.

Pemilik brand Coffee Toba, Ruba Silaen mengatakan bahwa berada di daerah yang dianugerahi dengan sulfur tanah yang tinggi akibat letusan Gunung Toba, membuat pertumbuhan kopi di Samosir sangat berkembang.

"Di komunitas kami ada 23 merk. Sudah hampir tiga tahun terakhir kami mencoba menciptakan produk specialty kopi Samosir dalam varietas arabica. Rasa dari kopinya juga beragam, ada yang rasa lemon dan juga floral," ucapnya saat diwawancara Brilio.net di sela-sela acara Kunjungan Kerja Komisi DPR RI di Pulau Samosir baru-baru ini.

2. Minyak kemiri.

oleh-oleh Danau Toba © 2021 brilio.net

foto: Syifa Fauziah

Saat berlibur ke Danau Toba dan mengunjungi Pulau Samosir, jangan lupa membeli minyak kemiri. Minyak kemiri ini berasal dari kawasan Desa Wisata Silimalombu Ecovillage. Desa wisata tersebut menawarkan konsep sustainable dengan menawarkan berbagai produk hasil dari perkebunan sendiri.

"Konsep kita sustainable tourism, ada banyak potensi di kebun sendiri dan nggak hanya recycle tapi juga upcycle. Contohnya kita bikin minyak kemiri, ada ampasnya bisa jadi bumbu masak dan makanan ternak. Ada juga lulur dari kemiri. Jadi sebenernya nggak hanya produk tapi jadi sustainable dan bisa dipakai beberapa produk," ucap Founder Desa Wisata Silimalombu Ecovillage, Ratnauli Gultom kepada Brilio.net.

Kita tahu bahwa minyak kemiri memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan sehingga produk ini cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

3. Cinderamata.

oleh-oleh Danau Toba © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@gerrardbulbul

Sama seperti di destinasi lain, kamu juga bisa menemukan beragam pernak-pernik lucu mulai dari gelang, gantungan kunci, kalung, dan lainnya untuk menjadi oleh-oleh. Untuk harganya tentu beragam sesuai kesepakatan kamu dengan penjual.

4. Gorga Batak.

oleh-oleh Danau Toba © 2021 brilio.net

foto: Syifa Fauziah

Di beberapa daerah di Indonesia memang dikenal dengan seni ukir dan pahat. Sama halnya dengan di Danau Toba. Kamu bisa membeli gorga Batak atau pernak-pernik seperti patung dan hiasan dinding yang menggunakan seni ukir khas Batak.

5. Ulos.

oleh-oleh Danau Toba © 2021 brilio.net

foto: Syifa Fauziah

Memiliki budaya Batak yang kental, Danau Toba memiliki khas yakni ulos. Kain ini memiliki beberapa warna dominan seperti hitam, merah, dan putih. Menariknya ulos ini dibuat secara tradisional dengan ditenun menggunakan mesin serta dikombinasi dengan benang warna emas dan perak. Tak heran jika ulos ini memiliki harga sedikit lebih mahal.

Harga pasar ulos tenun ini sekitar Rp 2 juta. Namun, ada pula ulos produksi pabrik dengan harga sangat terjangkau yaitu Rp 45.000 setiap lembar kain.

6. Kacang sihobuk.

oleh-oleh Danau Toba © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@jabusihol

Kacang sihobuk adalah camilan khas Sumatera Utara yang sudah memiliki banyak penggemar. Sihobuk merupakan salah satu daerah penghasil kacang yang sangat melimpah. Rasa yang gurih menjadi andalan dari kacang sihobuk ini. Oleh-oleh ini wajib dibeli sat berkunjung ke Sumatera Utara, khususnya Danau Toba.

7. Mangga sibandang.

oleh-oleh Danau Toba © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@marnosiagian

Mangga merupakan buah musiman yang tumbuh subur di Samosir terutama daerah Sibandang. Sebagai informasi, Sibandang merupakan pusat budidaya mangga yang sudah populer di masyarakat Samosir sejak ratusan tahun lalu. Berbeda pada umumnya, mangga sibandang memiliki bentuk yang sangat kecil. untuk rasanya sangat manis dan warnanya orange, begitu cantik.

8. Tipa-tipa.

oleh-oleh Danau Toba © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@iniyusing

Oleh-oleh selanjutnya merupakan camilan yang disajikan bersama kopi atau teh. Tipa-tipa ini sama halnya dengan rengginang. Terbuat dari olahan diproses dengan cara padi dipisahkan dulu yang utuh dan tidak berisi kemudian direndam dengan air bersih selama kurang lebih 2 hari.

Setelah padi direndam, tahap selanjutnya adalah memasak di atas tungku dengan cara disangrai sampai berwarna kecoklatan. Kamu bisa menemukan tipa-tipa ini di berbagai pusat oleh-oleh.