Brilio.net - Siapa sih yang nggak kenal Grand Canyon yang berlokasi di Arizona, Amerika Serikat? Tempat ini begitu hits karena sering muncul di beberapa scene film. Tapi ke sananya memang butuh biaya, mahal lagi.

Sebelum ke sana, kamu bisa obati rasa mimpimu dengan destinasi nggak kalah indah dengan Grand Canyon yang berlokasi di Indonesia. Wah, di mana saja ini? Berikut 7 daftarnya yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (23/11):

1. Tebing Breksi, Yogyakarta.

tebing indonesia  © 2016 brilio.net

Wisata yang satu ini memang sedang hits dan jadi spot hits untuk foto. Tebing dengan tinggi 30 meter ini jaraknya adalah 1 Km dari Candi Ijo atau tepatnya di Nglengkong, Groyokan, Sambirejo, Prambanan. Tapi kamu harus hati-hati ya dengan medannya, karena lumayan menanjak dan sempit jalannya.

2. Bukit Kapur Arosbaya, Madura.

tebing indonesia  © 2016 brilio.net

Kamu bisa menikmati eksotisnya bukit ini di Tanah Sate alias Madura. Sangat disarankan mengunjungi tempat ini saat sunrise untuk melihat relief yang ada di bukit. Destinasi ini terletak di Berbeluk, Arosbaya, Bangkalan, Madura.

3. Gunung Kapur Sekapuk, Gresik.

tebing indonesia  © 2016 brilio.net

Selain Madura, wilayah di Jawa Timur yang mempunyai tebing kece adalah Gresik. Lokasinya berada di Ujung Pangkah, Gresik. Lokasi ini dulunya merupakan tempat penambangan. Kini, tebing kapur tersebut seperti ditata karena pahatan dari para penambang.

4. Bukit Kapur Jaddih, Madura.

tebing indonesia  © 2016 brilio.net

Lagi-lagi Madura memang merajai bukit kapur dengan koleksi lainnya yaitu Bukit Kapur Jaddih. Jika dari Bangkalan, jaraknya adalah 10 Km tepatnya di desa Jaddih. Inget ya, tempat ini ternyata masih aktif digunakan sebagai lokasi tambang.

5. Brown Canyon.

tebing indonesia  © 2016 brilio.net

Kalau kamu sedang di Semarang, mampir ke Brown Canyon yang ada di Rowosari, Meteseh, Tembalang. Selain memang agak mirip dengan Grand Canyon, pertambangan di spot yang satu ini masih aktif. Kamu bisa menikmati keindahan alamnya sambil lihat aktivitas para penambang.

6. Tebing Kapur Pantai Melasti.

tebing indonesia  © 2016 brilio.net

Biar foto-foto liburan di Bali nggak cuma pantai doang, kamu bisa selfie di tebing ini. Memang sih lokasinya deket pantai, yakni Pantai Melasti yang berlokasi di Ungasan, Bali Selatan. Sepanjang jalan menuju pantai tersebut, kamu bisa ekplore posemu yang unik.

7. Tebing Kapur Pantai Pandawa.

tebing indonesia  © 2016 brilio.net

Selain di Melasti, Bali juga punya tebing kapur di daerah Pantai Pandawa. Bedanya, di destinasi ini ada patung-patung di tebing tersebut. Pokoknya nuansa lokalnya nggak hilang deh. Makanya kalau ke Pantai Pandawa, jangan lupa foto di tebing ini.