Brilio.net - Selama ini mungkin kita menganggap bahwa benda paling mahal di dunia ini adalah emas atau berlian. Memang, keduanya termasuk benda yang mahal tapi rupanya ada lagi yang lebih mahal. Mulai dari bunga saffron sampai partikel di bumi. Ini dia daftarnya diurutkan dari peringkat ke-15, seperti yang telah brilio.net lansir dari Asiantown, Jumat (1/7).

16. Saffron - USD11 atau Rp144 ribu/gram.

benda paling mahal di dunia © 2016 brilio.net

Saffron atau kuma-kuma adalah nama untuk rempah-rempah dari bunga Crocus sativus (bunga pacar). Rempah ini memiliki manfaat kesehatan dan bernilai komersial yang tinggi. Proses produksi membutuhkan waktu yang lama, tapi rasa dan sifat penyembuhan saffron tiada bandingnya oleh rempah-rempah lainnya.

15. Emas - USD56 atau Rp736 ribu/gram.

Loading...

benda paling mahal di dunia © 2016 brilio.net

Emas adalah logam berharga yang disukai banyak wanita dan "disembah" sejak dahulu kala. Untuk mendapatkan emas perlu suatu pertambangan supaya emas yang terkandung dalam tanah bisa terpisah. Tapi terkadang emas juga bercampur dengan berbagai logam lainnya. Itulah mengapa logam ini bisa sangat mahal.

14. Rhodium — USD58 atau Rp762 ribu/gram.

benda paling mahal di dunia © 2016 brilio.net

Rhodium adalah sejenis logam langka yang berwarna perak berkilau dan hanya dijumpai di beberapa tempat. Lapisan rhodium digunakan untuk membuat perhiasan perak ataupun emas putih supaya lebih berkilau dan cerah. Rhodium juga termasuk logam tahan terhadap korosi atau karat bahkan tahan terhadap cuaca ekstrim.

BACA JUGA: Kamu itu tipe sahabat seperti apa sih? Cek di kuis ini deh!

13. Platinum — USD60 atau Rp789 ribu/gram.

benda paling mahal di dunia © 2016 brilio.net

Platinum merupakan logam berharga yang sangat langka seperti halnya logam berharga lainnya. Seperti emas, platinum juga sangat tahan terhadap asam, alkali dan senyawa lainnya. Setiap tahunnya hanya beberapa ratus ton platinum yang diproduksi di berbagai negara. Inilah yang menjadikan harga Platinum sangat tinggi.

12. Methamphetamine — USD100 atau Rp1,3 juta/gram.

benda paling mahal di dunia © 2016 brilio.net

Methamphetamine adalah salah satu jenis Narkoba yang dikatakan sangat berbahaya. Dibanding dengan Cocaine atau ganja, Meth jauh lebih berbahaya. Meth dapat menyebabkan seseorang jadi sakau dalam jangka waktu 6-12 jam bahkan lebih.

11. Cula badak - USD110 atau Rp1,4 juta/gram.

benda paling mahal di dunia © 2016 brilio.net

Meski belum ada bukti sahih di dunia medis, cula badak diyakini mengandung khasiat untuk menyembuhkan kanker hingga jadi obat kuat. Karena itulah cula badak terus diburu dan membuat alat perlindungan diri badak jadi terancam punah.

10. Heroin — USD130 atau Rp1,7 juta/gram.

benda paling mahal di dunia © 2016 brilio.net

Heroin dapat menyebabkan kecanduan dan digunakan sebagai penghilang rasa sakit atau penenang. Heroin menjadi mahal karena dilarang penanamannya dan ilegal.

9. Kokain — USD236 atau Rp3,1 juta/gram.

benda paling mahal di dunia © 2016 brilio.net

Obat yang harganya mahal pun belum tentu baik untuk siapapun. Bubuk kristal putih ini adalah narkotika dan sangat berbahaya. Meskipun demikian, harga kokain menjadi sangat mahal karena sifat murni dan alami yang dimilikinya.

8. LSD - USD3.000 atau Rp39 juta/gram.

benda paling mahal di dunia © 2016 brilio.net

LSD atau yang disebut (Lysergyc Acid Diethylamide) merupakan narkotika sintetis yang dibuat dari sari jamur kering yang tumbuh di rumput gandum dan biji-bijian. Asam lysergic dari jamur (ergot) inilah yang kemudian diolah menjadi LSD dengan proses yang cukup sulit. Itulah mengapa LSD menjadi sangat mahal untuk dimiliki. LSD disebut-sebut juga sebagai salah satu jenis narkotika yang paling ampuh untuk mengubah suasana hati.

Penasaran apa yang harganya termahal? KLIK NEXT