Brilio.net - Selama ini mungkin kita menganggap bahwa benda paling mahal di dunia ini adalah emas atau berlian. Memang, keduanya termasuk benda yang mahal tapi rupanya ada lagi yang lebih mahal. Mulai dari bunga saffron sampai partikel di bumi. Ini dia daftarnya diurutkan dari peringkat ke-15, seperti yang telah brilio.net lansir dari Asiantown, Jumat (1/7).

16. Saffron - USD11 atau Rp144 ribu/gram.

Saffron atau kuma-kuma adalah nama untuk rempah-rempah dari bunga Crocus sativus (bunga pacar). Rempah ini memiliki manfaat kesehatan dan bernilai komersial yang tinggi. Proses produksi membutuhkan waktu yang lama, tapi rasa dan sifat penyembuhan saffron tiada bandingnya oleh rempah-rempah lainnya.

15. Emas - USD56 atau Rp736 ribu/gram.

Emas adalah logam berharga yang disukai banyak wanita dan "disembah" sejak dahulu kala. Untuk mendapatkan emas perlu suatu pertambangan supaya emas yang terkandung dalam tanah bisa terpisah. Tapi terkadang emas juga bercampur dengan berbagai logam lainnya. Itulah mengapa logam ini bisa sangat mahal.

14. Rhodium — USD58 atau Rp762 ribu/gram.

Rhodium adalah sejenis logam langka yang berwarna perak berkilau dan hanya dijumpai di beberapa tempat. Lapisan rhodium digunakan untuk membuat perhiasan perak ataupun emas putih supaya lebih berkilau dan cerah. Rhodium juga termasuk logam tahan terhadap korosi atau karat bahkan tahan terhadap cuaca ekstrim.

BACA JUGA: Kamu itu tipe sahabat seperti apa sih? Cek di kuis ini deh!

13. Platinum — USD60 atau Rp789 ribu/gram.

Platinum merupakan logam berharga yang sangat langka seperti halnya logam berharga lainnya. Seperti emas, platinum juga sangat tahan terhadap asam, alkali dan senyawa lainnya. Setiap tahunnya hanya beberapa ratus ton platinum yang diproduksi di berbagai negara. Inilah yang menjadikan harga Platinum sangat tinggi.

12. Methamphetamine — USD100 atau Rp1,3 juta/gram.

Methamphetamine adalah salah satu jenis Narkoba yang dikatakan sangat berbahaya. Dibanding dengan Cocaine atau ganja, Meth jauh lebih berbahaya. Meth dapat menyebabkan seseorang jadi sakau dalam jangka waktu 6-12 jam bahkan lebih.

11. Cula badak - USD110 atau Rp1,4 juta/gram.

Meski belum ada bukti sahih di dunia medis, cula badak diyakini mengandung khasiat untuk menyembuhkan kanker hingga jadi obat kuat. Karena itulah cula badak terus diburu dan membuat alat perlindungan diri badak jadi terancam punah.

10. Heroin — USD130 atau Rp1,7 juta/gram.

Heroin dapat menyebabkan kecanduan dan digunakan sebagai penghilang rasa sakit atau penenang. Heroin menjadi mahal karena dilarang penanamannya dan ilegal.

9. Kokain — USD236 atau Rp3,1 juta/gram.

Obat yang harganya mahal pun belum tentu baik untuk siapapun. Bubuk kristal putih ini adalah narkotika dan sangat berbahaya. Meskipun demikian, harga kokain menjadi sangat mahal karena sifat murni dan alami yang dimilikinya.

8. LSD - USD3.000 atau Rp39 juta/gram.

LSD atau yang disebut (Lysergyc Acid Diethylamide) merupakan narkotika sintetis yang dibuat dari sari jamur kering yang tumbuh di rumput gandum dan biji-bijian. Asam lysergic dari jamur (ergot) inilah yang kemudian diolah menjadi LSD dengan proses yang cukup sulit. Itulah mengapa LSD menjadi sangat mahal untuk dimiliki. LSD disebut-sebut juga sebagai salah satu jenis narkotika yang paling ampuh untuk mengubah suasana hati.

Penasaran apa yang harganya termahal? KLIK NEXT

2 dari 2 halaman


7. Plutonium — USD4.000 atau Rp52 juta/gram.

Plutonium merupakan unsur radioaktif transuranium yang langka dan merupakan logam aktinida dengan penampilan berwarna putih keperakan. Penggunaannya bervariasi mulai dari produksi senjata nuklir dan bahan bakar untuk sumber panas pada generator termolistrik radioisotop (digunakan pada beberapa pesawat antariksa).

6. Painite — USD9.000 atau Rp118 juta/gram.

Batu ini sangat langka dan sangat sedikit orang yang tahu kalau Painite itu ada. Painite adalah sejenis mineral yang sangat langka karena hanya ditemukan 65 tahun lalu. Saat ini hanya ada beberapa ratus batu ini di dunia.

5. Taaffeite — USD20.000 atau Rp263 juta/gram.

Batu permata ini satu juta kali lebih langka dari berlian. Jumlah taaffeite yang pernah ditemukan hanya sejumlah setengah dari cangkir. Meskipun unik, batu berwarna ungu, lavender kemerah-merahan ini tak begitu populer ketika dibuat perhiasan.

4. Tritium — USD30.000 atau Rp394 juta/gram.

Tritium merupakan hasil sampingan dari operasi reaktor nuklir. Kegunaan tritium biasanya untuk bidang biologi dan nuklir namun bisa sangat mengancam kesehatan warga di sekitar reaktor tersebut. Uniknya, zat berbahaya ini bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai lampu "abadi".

3. Berlian — USD55.000 atau Rp723 juta/gram.

Batu paling terkenal yang berharga di Bumi dan sahabat dari wanita manapun. Proses cutting berlian yang sangat rumit dan membutuhkan ketelitian tingkat tinggi akhirnya berdampak pada harganya yang bisa menembus USD55.000 (Rp723 juta) per gram.

2. Californium — USD27 juta atau Rp355 miliar/gram.

Unsur kimia paling mahal yang pernah disintesis hanya sekali sejak penemuannya pada tahun 1950. Californium 252 adalah salah satu zat radioaktif yang sering digunakan untuk menghasilkan radiasi gamma. Dalam bidang militer, Californimum 252 biasanya dimanfaatkan untuk alat pendeteksi bahan peledak, ranjau, hingga peluru meriam yang belum sempat meledak. Kegunaan lain dari radiasi gamma Californium 252 adalah sebagai reaktor nuklir.

1. Antimateri - USD62,5 triliun atau Rp8.200 triliun/gram.

Anti-materi adalah kumpulan partikel yang mempunyai muatan dan struktur yang berlawanan dengan seluruh partikel yang ada di bumi. Zat super langka ini hanya bisa dibuat dengan cara menembakkan partikel ke sebuah logam dalam lorong yang panjangnya bisa bermil-mil.

Sayangnya, anti-materi bisa dengan mudah lenyap hanya beberapa menit setelah diciptakan. Namun tetap saja harga dari anti-materi sangat fantastis mengingat posisinya sebagai bahan bakar terkuat di dunia untuk kendaraan angkasa di masa depan. Tapi kelemahan saat ini adalah untuk membuat satu gram anti-materi saja butuh semua manusia yang harus bekerja selama sekitar satu tahun tanpa istirahat.