Brilio.net - Lebaran tiba, ritual mudik tahunan kembali hadir di setiap tayangan televisi nasional. Masyarakat yang mengais rezeki di kota-kota besar menjadikan lebaran sebagai momen untuk berkumpul merayakan hari kemenangan bersama keluarga tercinta di rumah. Selain itu, momen kebersamaan juga dibarengi dengan acara liburan bersama ke tempat wisata seperti halnya menyaksikan matahari terbit atau Sunrise.

Agar kamu bisa merencanakan hunting sunrise libur lebaran lebih baik., berikut brilio.net rangkum 5 lokasi berburu sunrise wisata di Indonesia.

1. Bromo, menikmati keindahan matahari terbit dengan panorama alam yang sangat menakjubkan dan terbaik di dunia.

sunrisepark © 2016 brilio.net foto : www.enjoytrip.id

Lokasi wisata yang satu ini sangat cocok kamu habiskan waktu liburanmu bersama keluarga. Lokasinya tak jauh dari Malang, Pasuruan dan juga Surabaya. Sarana dan transportasi yang lengkap, seperti hotel dan rumah makan dan fasilitas sanitasi memadai akan memudahkan kamu dan keluarga. Tak heran, Bromo menjadi salah satu destinasi wisata kelas dunia yang selalu dipadati ribuan pengunjung saat libur lebaran tiba.

2. Punthuk Setumbu, sunrise di balik Gunung Merapi dan Merbabu yang eksotis dengan kabut pagi landscape candi Borobudur.

sunrisepark © 2016 brilio.net foto: nipvanjava.wordpress.com

Jarak yang tak terlalu jauh dari Kota Yogyakarta membuat Punthuk Setumbu bisa kamu masukkan dalam list tujuan wisata libur lebaran bareng keluarga. Dengan berkendara satu jam lebih lamanya dari Kota Yogyakarta, kamu sudah bisa mengunjungi lokasi ini.

Selain itu, kamu dan keluarga akan menjumpai jalur treking yang tak terlalu jauh dengan mendaki bukit. Kurang lebih sekitar 10 menitan, kamu dan keluarga sampai di lokasi di mana para pengunjung menikmati sunrise.

3. Bukit Sikunir Dieng, menikmati pancaran Sunrise dengan selimut dingin di negeri di atas awan Dieng.

sunrisepark © 2016 brilio.net foto: youtube.com

Salah satu lokasi berburu sunrise adalah Negeri Di Atas Awan Dieng Plateau. Sikunir, salah satu spot terbaik menikmati matahari terbit. Selain itu, jalur menuju area berburu Sunrise sangat mudah dan tak terlalu menguras tenaga.

4. Candi Borobudur, menikmati pagi dengan sunrise indah ditambah eksotisme keajaiban dunia.

sunrisepark © 2016 brilio.net foto: journeysbychance.com

Bagaimana rasanya menikmati Sunrise di Candi Borobudur? Nah, perlu kamu dan keluargamu pertimbangkan untuk mengunjungi Borobudur sembari menikmati matahari terbit. Bisa kamu bayangkan sendiri indah dan serunya berada di pelataran Candi Borobudur di pagi hari.

5. Kawah Ijen, Api Biru atau Blue Fire dan sunrise di atas kawah berwarna hijau kebiruan yang eksotis bikin kamu malas pulang.

sunrisepark © 2016 brilio.net foto:planetbell.me

Mendaki Gunung Ijen sejauh tiga kilometer, pastikan salam kondisi fisik prima. Menguras tenaga, dan juga melelahkan terutama jika mengajak turut keluarga.

Namun, sesampainya di atas, kamu bisa menyaksikan matahari terbit yang sangat eksotis di atas Kawah Ijen. Selain itu, kamu juga bakal takjub dengan Blue Fire atau Api Biru, salah satu fenomena alam yang hanya ada dua di dunia, pertama di Kawah Ijen dan satunya di Islandia.