Brilio.net - Area Pantai Utara (Pantura) Pulau Jawa memiliki banyak titik wisata untuk dikunjungi. Salah satu jenis wisata yang khas adalah pantainya yang jumlahnya seabrek. Katanya sih, pantai-pantai di Pantura nggak seciamik seperti pantai-pantai di selatan Jawa. Kamu setuju nggak?

Brilio.net akan membuktikan kalau itu tidak sepenuhnya benar. Beberapa pantai di area Pantura berikut ini sangat menakjubkan. Nyesel dah kalau kamu belum main ke sana.

1. Pantai Pasir Putih, Situbondo.

pantura indah  © 2016 brilio.net foto: jadituris.com

Pantai ini menawarkan pesona eksotis dari bentuk lengkungnya dan taman lautnya masih alami. Ombak cukup bersahabat sehingga kamu bisa berenang, berkano, snorkeling, serta ber-ATV ria. Lokasinya berada di jalus utama Probolinggo-Banyuwangi.

KLIK JUGA: 12 Foto menakjubkan di Pantai Melasti Ungasan, kapan kamu ke sana?

2. Pantai Sowan, Tuban.

pantura indah  © 2016 brilio.net foto: kaskus

Pantai Sowan menyuguhkan butir-butir pasir putih bercampur bebatuan di area pantainya yang membedakannya dengan pantai pada umumnya. Disediakan pula lokasi memancing dan penginapan bagi yang ingin bermalam.

Pantai Sowan berada di Jalur Pantura Rembang-Tuban, perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tepatnya di Desa Bogorejo, Kecamatan Bancar ynag jaraknya kurang lebih 40 km arah barat kota Tuban. Dari pintu gerbang, kamu hanya perlu menempuh jarak 100 m.


3. Pantai Kartini, Jepara.

pantura indah  © 2016 brilio.net foto: wisataindonesia.co.id

Pantai Kartini yang memiliki pasir putih dan ombak yang tenang berada di Jalan Ade Irma Suryani atau 2,5 sebelah barat Kota Jepara. Pemandangan yang mencolok dari pantai itu adalah Kura-kura Ocean Park yang di dalamnya terdapat akuarium besar berisi ikan-ikan laut dan sebuah kolam sentuh (touch pool) yang berisi ikan air tawar. Pantai ini juga dilengkapi fasilitas mainan anak, kereta wisata, dan perahu wisata, cocok menjadi objek wisata keluarga.


4. Pantai Pulau Panjang.

pantura indah  © 2016 brilio.net foto: initempatwisata.com

Pulau Panjang memiliki pantai berpasir putih yang lautnya dangkal sehingga jangan sampai deh melewatkan keindahan terumbu karang di dasarnya. Di sini kamu bisa menikmati keasrian hutan bakau, pasir putih, atau trekking keliling pulau.

Bagian tengah pulau merupakan hutan tropis dengan pohon-pohon besar dan tinggi yang menjulang diselingi perdu dan semak. Kealamiannya masih terjaga karena masih dijadikan tempat bagi burung laut bermalam dan berkembang biak. Untuk mencapai pulau seluas 19 ha ini kamu hanya butuh waktu 10 menit dari dermaga di Pantai Kartini karena hanya berjarak 2,5 km.