Brilio.net - Bukan hal yang aneh lagi jika tenarnya suatu tempat wisata adalah berkat bumbu-bumbu mitos yang unik dan menarik bagi para wisatawan. Wisata air terjun misalnya, kebanyakan spot ini memiliki mitos yang tak jauh-jauh dari kisah percintaan, mulai dari mendekatkan jodoh hingga membubarkan hubungan asmara.

Nah, buat kamu para traveler jomblo yang sudah ngebet punya gandengan, kali ini brilio.net bakal ngasih tahu kamu lima air terjun yang memiliki mitos dapat mendekatkan jodoh!  Penasaran? Yuk simak, seperti yang sudah dilansir dari travelingyuk.com, Jumat (26/2) ini dia lima lokasinya, buruan ke sana mblo siapa tahu ketemu jodohmu lho!

1. Air Terjun Kalijodoh, Sulawesi Selatan

5 Air terjun ini punya mitos bikin enteng jodoh, buruan ke sana mblo! foto: pinrangkab.go.id

Di daerah Pinrang, Sulawesi Selatan terdapat tempat wisata cantik yang pas dijadikan tujuan berwisata untuk kaum jomblo. Tempat wisata tersebut berupa air terjun yang konon memiliki mitos enteng jodoh, sesuai dengan mitos yang menyelimutinya air terjun ini diberi nama Air Terjun Kalijodoh. Mitos tersebut bermula dari kisah muda-mudi pada zaman dahulu yang berhasil membina rumah tangga setelah datang ke tempat itu. Mereka berdoa pada Sang Pencipta untuk dipertemukan dengan jodohnya, akhirnya kisah tersebut tersebar dan hingga kini dipercayai masyarakat Pinrang.

2. Air Terjun 7 Bidadari, Semarang

5 Air terjun ini punya mitos bikin enteng jodoh, buruan ke sana mblo! foto: seputarsemarang.com

Di Semarang, tepatnya di Desa Keseneng, Kecamatan Sumowono terdapat air terjun yang juga memiliki mitos mampu mendekatkan jodoh bernama Air Terjun 7 Bidadari. Air terjun ini memiliki tiga tingkatan yang terbagi dalam tujuh air terjun dengan ukuran yang berbeda-beda. Dinamakan 7 Bidadari karena menurut legenda yang beredar, dahulu kala ada tujuh bidadari yang turun dari khayangan dan mandi di sana. Mitosnya jika kita membasuh muka di salah satu situs berupa sumur sedalam 1,5 meter maka akan segera bertemu jodohnya.

3. Air Terjun Sekar Langit, Magelang

5 Air terjun ini punya mitos bikin enteng jodoh, buruan ke sana mblo! foto: visitcentraljava.com

Air terjun berikutnya berada di Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Air terjun yang bersumber dari Gunung Telomoyo ini juga diyakini dapat membuat orang yang datang enteng jodohnya. Menariknya lagi, warga meyakini jika ini merupakan tempat Jaka Tarub mencuri selendang salah satu bidadari yang sedang mandi.

4. Air Terjun Takapala, Sulawesi Selatan

5 Air terjun ini punya mitos bikin enteng jodoh, buruan ke sana mblo! foto: yukpegi.com

Air terjun yang berada di kawasan Malino, Sulawesi Selatan ini terkenal dengan sebutan 'puncak'nya Sulawesi Selatan karena memiliki hawa yang sejuk seperti di Bogor. Berada di ketinggian 1500 mdpl terselip satu keindahan lain berupa Air Terjun Takapala di antara sela-sela perbukitan dan rimbunnya hutan. Ukuran tinggi air terjun ini sekitar 100 meter dengan debit air yang mengalir deras sehingga menimbulkan gemuruh air yang luar biasa. Selain pemandangannya yang keren, air terjun ini dipercaya juga memiliki mitos akan mendekatkan jodoh.

5. Air Terjun Putri, Kuningan Jawa Barat

5 Air terjun ini punya mitos bikin enteng jodoh, buruan ke sana mblo! foto: Herry Faizal

Air terjun yang terakhir terletak di area Bumi Perkemahan Palutungan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Air terjun yang berada di kaki Gunung Ciremai ini dikenal dengan nama Curug Putri, dinamakan demikian karena bentuk curug yang disebut-sebut menyerupai seorang putri. Air terjun ini dipercaya memiliki khasiat membuat orang cepat dapat jodoh, itu sebabnya mayoritas traveler yang datang memiliki tujuan tersebut. Caranya dengan membasuh wajah atau meminum airnya yang jernih.

Tapi semua itu cuma mitos ya, kamu boleh percaya boleh tidak. Kalau memang ingin mendapat jodoh, yang penting berdoalah pada Tuhan yang Maha Esa dan tentunya terus berusaha untuk memantaskan diri.