Brilio.net - Sungai Citarum merupakan sungai terpanjang dan terbesar di Tatar Pasundan, Provinsi Jawa Barat. Sungai Citarum sendiri memiliki nilai sejarah yang cukup kuat. Pada tahun 2007 sungai ini menjadi salah satu dari sungai dengan tingkat ketercemaran tertinggi di dunia. Namun secara perlahan imej buruk terhadap sungai ini mulai berubah. Dari sungai dengan reputasi kotor menjadi sungai yang pelan-pelan dipulihkan kondisinya.

Pembersihan secara besar-besaran dilakukan sejak Maret 2018 dengan mengerahkan TNI dari Kodam III/Siliwangi. Pangdam III/Siliwangi saat itu Mayjen TNI Doni Monardo terjun langsung. Kini banyak orang yang datang ke sungai Citarum untuk menikmati keindahannya. Tempat-tempat wisatapun mulai bermunculan di sepanjang Sungai Citarum ini. Bahkan, Sungai Citarum dibanggakan Joko Widodo dalam debat capres, Minggu (17/2).

Sungai Citarum begitu penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Setidaknya ada 25 juta penduduk menggantungkan hidupnya dari sungai Citarum. Sungai ini terdapat tiga waduk, yaitu Saguling, Cirata dan Jatiluhur. Ketiga waduk tersebut memiliki fungsi yang cukup penting, yakni sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), mengairi lahan pertanian, pemenuhan kebutuhan air bersih dan juga mencegah banjir.

Perbaikan yang dilakukan kini berdampak sangat baik, di mana kini baik masyarakat setempat maupun pelancong dapat menikmati keindahan dari Sungai Citarum, yakni dengan menikmati setiap wisata yang ada di sini. Berikut beberapa wisata sungai Citarum yang wajib kamu kunjungi yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (18/2).

1. Wisata mata air Situ Cisanti.

Loading...

wisata sungai citarum istimewa

foto: Instagram/@jelajahbandung

Situ Cirata menjadi salah satu wisata yang begitu digemari wisatawan. Pasalnya, di sini wisatawan diuguhi pemandangan yang sangat indah dan menyejukkan. Situ Cisanti terletak di kaki Gunung Wayang, sekitar 60 kilometer sebelah selatan Kota Bandung. Untuk menuju ke kawasan ini, kamu bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan, kurang lebih 2-3 jam perjalanan.

Sungai terbesar dengan panjang 269 kilometer yang membelah 12 kabupaten dan kota di Propinsi Jawa Barat ini akan membuat kamu betah berlama-lama di sini. Nah pastikan untuk berkunjung ke tempat yang indah satu ini ya.

2. Wisata waduk Cirata.

wisata sungai citarum istimewa

foto: Instagram/@pulaujawaphotos

Waduk Citara merupakan salah wisata yang tak kalah bagusnya di Jawa Barat. Penamaan untuk kawasan satu ini memang sedikit membingungkan, pasalnya orang menyebutkan kawasan ini berbeda waduk Cirata Purwakarta, waduk Cirata Cianjur, ataupun waduk Cirata Bandung. Namun apapun penyebutnya, wisata satu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Memiliki luas 43.000 hektare dan berada di dalam tiga wilayah kabupaten, yakni Bandung Barat, Cianjur, dan Purwakarta. Nah luasnya aja kaya gitu, kamu bisa deh exsplore sampai capek kawasan ini.

3. Wisata waduk Saguling.

wisata sungai citarum istimewa

foto: Instagram/@hellojabar

Wisata satu ini menjadi salah satu wisata yang sangat cocok untuk kamu yang menyukai wisata alam yang apik. Di waduk Saguling terdapat Floating Resto Napak Sancang atau rumah makan terapung di wisata satu ini. Jika kamu berkunujung ke sini, maka kamu bisa menikmati keindahan alamnya yang sangat sejuk.

Berada di perbatasan Kecamatan Cihampelas dan Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, wisata ini dipercaya dapat menghilangkan rasa penat usai sepekan terus dihadapkan dengan berbagai rutinitas atau pekerjaan. Jangan heran jika kamu melihat banyak orang yang berfoto di sini. Karena tak ada yang tahan dengan keindahannya.

4. Danau alam lestari.

wisata sungai citarum istimewa

foto: Instagram/@achmad_riky

Berbicara mengenai sungai Citarum, maka kamu tidak boleh melewati wisata satu ini, yakni danau alam lestari. Untuk menambah daya tarik para wisatawan, kawasan danau sudah dilengkapi dengan aneka fasilitas seperti arena permainan dan spot-spot foto. Untuk menuju ke danau alam lestari ini cukup mudah, dari arah ke luar tol Buah Batu, belok ke kanan ke Bojongsoang, Baleendah, Jelekong, Terminal Ciparay, kemudian ambil ke arah kanan menuju Pacet yang menuju Situ Cisanti.