Brilio.net - Malaysia menjadi salah satu tujuan populer sebagai destinasi wisata bagi masyarakat Indonesia. Selain lokasinya dekat, Malaysia menawarkan beragam destinasi yang memesona. Mulai dari alamnya, budanya, makanan, sampai dengan medical tourism. Sudah menjadi rahasia umum jika Negeri Jiran itu kondang menjadi rujukan medical tourism atau pariwisata kesehatan karena banyak rumah sakit Malaysia dikunjungi masyarakat Indonesia selain tentunya berwisata.

Ditambah lagi negara tetangga ini memiliki bahasa yang serumpun sehingga memudahkan komunikasi. Meminimalisir penipuan dan membuat nyaman jalan-jalan. Ada banyak sekali tempat yang sering dikunjungi orang Indonesia saat berada di Malaysia. Berikut ini empat di antaranya.

1. Penang

Travel Malaysia © 2020 brilio.net(island hospital facebook)

Salah satu lokasi yang paling populer dikunjungi adalah Pulau Penang atau Pinang. Di wilayah yang berlokasi di bagian barat semenanjung Malaysia ini ada banyak destinasi menarik yang menjadi rujukan masyarakat Indonesia. Namun yang paling unggul di antara lainnya ada dua, yakni wisata medis dan budaya.

Loading...

Wilayah yang beribukota di Georgetown ini menjadi salah satu destinasi favorit wisata kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Alasannya, banyak sekali rumah sakit dengan fasilitas mumpuni dengan tenaga medis yang ahli, mulai dari jantung sampai dengan kanker. Ditambah lagi hampir semua stafnya bisa atau setidaknya mengerti bahasa Indonesia, sehingga meminimalisir kesalahpahaman.

Salah satu contoh rumah sakitnya adalah Island Hospital yang berlokasi di Jalan 308 Macalister Road, Penang. Ini merupakan rumah sakit yang telah berdiri sejak 1996  dan mempunyai lebih dari 50 dokter spesialis senior dari berbagai bidang.

Sementara untuk wisata budaya, Penang memiliki Kota Tua di Georgetown yang juga menjadi destinasi wisatawan. Bisa dibilang Kota Tua yang dimiliki oleh Penang ini sangat terawat. Karena itulah tempat yang kerap kali menjadi destinasi wisata masyarakat Indonesia di sela-sela mengantarkan kerabatnya berobat, dinobatkan menjadi situs warisan budaya UNESCO sejak 2008. Banyak hal menarik yang bisa dinikmati di Kota Tua Georgetown ini.

2. Kuala Lumpur

Travel Malaysia © 2020 brilio.net(petronastwintowers.com.my)

Kuala Lumpur merupakan ibu kota dari Malaysia yang memiliki beragam destinasi wisata unik dan ikonik. Paling kondang di antara yang lainnya ada Menara Kembar Petronas. Tidak lengkap berkunjung ke Negeri Jiran tanpa menyambangi tempat yang pernah menjadi bangunan tertinggi dunia pada tahun 1998-2004 ini. Dengan namanya yang kondang, tidak mengherankan jika potret wisata ini wara-wiri di sosial media.

Petronas Tower ini berlokasi di Suria Kuala Lumpur City Center (KLCC) dan memiliki total 88 lantai dengan tinggi mencapai 451,9 meter. Banyak sekali hal seru yang bisa dilakukan di tempat ini, mulai dari berfoto-foto sampai dengan berkunjung ke KLCC Park serta berbelanja di Suria KLCC Shopping Center.

Selain Menara Kembar, ada Batu Caves yang juga paling banyak diburu wisatawan. Ini merupakan situs religi bagi umat Hindu Tamil, namun pengunjungnya datang dari berbagai kalangan. Pada tahun 2018 yang lalu, 272 anak tangga yang merupakan jalan masuk ke dalam kuilnya dicat warna-warni bak pelangi yang menimbulkan kontroversi sekaligus membuat wisatawan berdatangan.

3. Melaka

Travel Malaysia © 2020 brilio.net(instagram @mytravelink.id)

Tidak kalah kondang dari destinasi sebelumnya, Melaka juga masuk dalam jajaran favorit masyarakat Indonesia. Wilayah yang bisa ditempuh 2,5 jam dari Kuala Lumpur ini juga masuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Pasalnya, Melaka menjadi salah satu saksi bisu jejak penjajahan, mulai dari Portugis, Belanda, sampai dengan Inggris. Banyak sekali jejak peninggalan yang masih tersimpan dengan rapi.

Tidak berhenti di situ saja, Melaka juga masuk ke dalam jajaran destinasi wisata medis kelas dunia. Termasuk juga dengan masyarakat Indonesia yang rutin melakukan medical tourism. Pengunjung ini kebanyakan datang dari Kepulauan Riau. Namun ada beberapa di antaranya yang datang dari Jakarta, Jawa, dan juga Sulawesi.

4. Johor Bahru

Travel Malaysia © 2020 brilio.net(@yans_brilio)

Johor Bahru yang merupakan kota terbesar terbesar ke dua di Malaysia ini juga begitu kondang di Tanah Air. Ibu kota Negara bagian Johor ini juga menawarkan wisata kebudayaan, sejarah, dan lain-lainnya. Contoh destinasi yang begitu kondang adalah Legoland adalah surganya pecinta lego dan anak-anak. Di dalamnya menawarkan wahana permainan dan juga berbagai atraksi.

Ada banyak miniatur yang terbuat dari lego. Warna-warnanya yang menarik mata membuat anak-anak betah untuk berlama-lama. Tempat wisata yang dibuka pada tahun 2012 ini menjadi wahana hiburan lego pertama di Asia. Maka dari itulah, menjadi buruan para pecinta lego. Bagi yang ingin menginap, ada Legoland Hotel yang menawarkan 263 kamar. Biaya menginapnya mulai Rp1 jutaan saja per malamnya.

Itulah empat tujuan favorit masyarakat Indonesia saat bepergian ke Malaysia. Angka orang-orang Indonesia yang datang ke Malaysia kian bertambah, terutama dalam hal medical tourism. Pada tahun 2018 saja, menurut Nik Yazmin Azman selaku Chief Commercial Officer Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) jumlah masyarakat Indonesia yang melakukan perawatan kesehatan mencapai lebih dari 670.000 orang.