Brilio.net - Bandung merupakan salah satu kota yang dijadikan tujuan untuk wisata. Selain disebut dengan kota Kembang, Bandung juga dikenal dengan kota wisata dan kuliner. Mulai dari nuansa taman, museum, mal, hingga alam yang indah. Saat musim liburan, jalanan Bandung akan dipenuhi dengan pelancong dari luar kota.

Beragam wisata yang disuguhkan Bandung dapat memanjakan mata wisatawan. Ditambah lagi dengan nuansa Bandung yang dingin, membuat pengunjung betah dan nggak ingin balik. Rasanya sayang sekali kalau liburan tapi nggak menyempatkan waktu datang ke Bandung.

Apalagi kalau liburanmu bersama keluarga dan teman, tentu akan lebih ramai dan berkesan. Nggak perlu takut mengeluarkan uang banyak, karena di Bandung banyak sekali tempat wisata yang gratis tanpa perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Meskipun gratis, dijamin tetap terkenal dan Instagramable.

Penasaran bukan wisata apa saja yang gratis di wilayah Bandung ini? Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (21/6).

1. Bukit Teletubbies.

wisata Bandung gratis instagram
foto: Instagram/@yourbandung

Bukit ini berada di wilayah Bandung Timur, tepatnya di kecamatan Cicalengka. Wisata alam yang satu ini menyuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Bentuk bukit ini memiliki sama dengan serial program televisi anak-anak, Teletubbies. Bukit Teletubbies juga menawarkan sensasi berbeda ketika kamu ingin menikmati sunset di sore hari.

2. Taman Hutan Babakan Siliwangi.

wisata Bandung gratis instagram
foto: Instagram/@budicloud

Kalau kamu ingin menikmati panorama alam yang masih asri, Hutan Babakan Siliwangi sangat cocok untuk didatangi. Saat kamu memasuki area wisata ini, kamu akan merasakan atmosfer alam yang sangat segar apalagi ketika pagi hari. Taman Hutan Babakan Siliwangi ini terdapat di jalan Siliwangi, kota Bandung.


3. Kampung Cibunut.

wisata Bandung gratis instagram
foto: Instagram/@dbrara

Bandung juga memiliki kampung indah penuh dengan warna-warni. Cobalah untuk berkunjung ke kampung yang ada di Bandung. Kampung ini bisa kamu jadikan spot foto yang Instagramable. Ada lebih dari 500 rumah penuh warna di kampung ini. Jadi kamu bebas memilih mau di mana spot foto yang paling kamu inginkan.


4. Taman Cemara ala Bukit Jamur Rancabolang.

wisata Bandung gratis instagram
foto: Instagram/@febysyahril

Biasanya cemara tumbuh di atas dataran tinggi. Namun kali ini berbeda, tanaman yang satu ini tumbuh di Desa Rancabolang, Kecamatan Ciwidey, Bandung. Kamu bisa bersantai dan menikmati indahnya pohon cemara yang mirip seperti jamur raksasa ini. Tak lupa kamu bisa mengabadikan momen berfoto bersama di sini.


5. Tebing Gunung Hawu.

wisata Bandung gratis instagram
foto: Instagram/@yoikiliburan

Tempat wisata ini akan menantang adrenalinmu. Di sini kamu bisa menikmati suasan tebing yang indah dan berfoto-foto selfie. Untuk memasuki Tebing Gunung Hawu, kamu nggak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Namun bagi kamu yang ingin mencoba tantangan untuk tidur di tengah tebing ini, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp 100 ribu per orang.


6. Sanghyang Tikoro.

wisata Bandung gratis instagram
foto: Instagram/@geologibandung

Wisata yang sangat indah menyuguhkan nuansa alam dan air yang jernih ini bisa kamu nikmati di Bandung. Tanpa merogoh uang sama sekali, kamu sudah bisa bersantai di pinggiran air. Namun sebelum kamu sampai menuju lokasi indah ini, kamu perlu melewati jalanan yang cukup menantang terlebih dulu.


7. Goa Purba ala Sanghyang Poek.

wisata Bandung gratis instagram
foto: Instagram/@harley.starkey

Bandung juga memiliki spot wisata goa yang indah dan menakjubkan. Wisata ini berada di Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Di sini kamu akan melihat bebatuan yang masih natural dan alami ada di dalam gua. Bebatuan yang masih alami ini merupakan pusat keindahan Sanghyang Poek.


8. Hutan Pinus Rahong.

wisata Bandung gratis instagram
foto: Instagram/@hertdevi

Tempat wisata ini berada di Pulosari, Pangalengan, Bandung. Hutan Pinus Rahong termasuk tempat wisata yang cukup populer. Wisata ini menawarkan kesejukan khas hutan lindung. Di sana juga kamu akan disuguhkan berbagai spot wisata alam dan wahana permainan, seperti arung jeram, paintball, tracking, hingg offroad.


9. Alun-alun Bandung.

wisata Bandung gratis instagram
foto: Instagram/@iwanvanwilan

Bagi kamu yang ingin bersantai bersama keluarga maupun teman-teman, kamu bisa datang ke taman alun-alun Bandung. Taman alun-alun ini terletak di depan Masjid Raya. Alun-alun ini sudah dilapisi rumput yang sintetis, bisa kamu gunakan untuk tiduran atau hanya sekadar duduk-duduk santai.


10. Jalan Braga dan Gedung Asia Afrika.

wisata Bandung gratis instagram
foto: Instagram/@aldy.lesmana.5074

Rasanya tak lengkap kalau sudah sampai di Bandung namun tak berkunjung ke Gedung Asia Afrika. Tak hanya gedungnya saja yang bersejarah, namun lokasinya juga sangat ikonik. Kamu bisa melihat deretan gedung kuno dengan desain yang penuh seni berjejer di sini. Nah setelah lelah berjalan-jalan, kamu bisa menikmati berbagai kuliner tempo dulu di jalan Braga.


11. Gedung Sate.

wisata Bandung gratis instagram
foto: Instagram/@pilotdroneindonesia

Gedung Sate terletak di Jalan Diponegoro, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Bandung. Gedung ini diberi nama Gedung Sate karena ornamen bangunannya yang hampir menyerupai tusuk sate. Gedung ini merupakan bangunan bersejarah yang ada di pusat kota Bandung.


12. Puncak Ciumbuleuit.

wisata Bandung gratis instagram
foto: Instagram/@iranurulfitri

Puncak Ciumbuleuit ini baru hits dan terkenal di kalangan anak muda. Tempat ini memiliki nama asli Punclut. Di sini kamu akan disuguhkan panorama Bandung dari ketinggian sekitar 1.000 m. Selian itu hawa tempat wisata ini juga sangat sejuk, dingin, dan juga menyegarkan.


13. Taman Fotografi.

wisata Bandung gratis instagram
foto: Instagram/@oggygee2016

Tempat wisata ini dijadikan spot khusus untuk berkumpul para pecinta fotografi. Kamu bisa bertemu dan saling berbagi, bertukar ide di sini. Selain itu kamu juga bisa menikmati waktu santai bersama anak-anak muda lainnya. Sambil berwisata kamu bisa juga sambil belajar foto.


14. Taman Film.

wisata Bandung gratis instagram
foto: Instagram/@antoencahyadi

Kalau sudah datang ke taman ini, kamu tak perlu lagi berkunjung ke bioskop. Di sini sudah tersedia layar besar untuk nonton bareng. Kamu bebas memilih duduk di mana, di taman ini terdapat rumput sintetis yang bisa membuatmu nyaman saat ingin lesehan. Setiap harinya di sini akan memutar berbagai film, mulai dari nasional hingga luar negeri.


15. Balai Kota.

wisata Bandung gratis instagram
foto: Instagram/@msevibudiman

Taman yang ada di Balai Kota sering dijadikan sebagai tempat kumpul-kumpul berbagai komunitas. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan yang asri. Di taman Balai Kota juga terdapat gembok cinta, khusus digunakan untuk para pasangan yang ingin mengikat tali cintanya di sini.


16. Taman Sejarah Bandung.

wisata Bandung gratis instagram
foto: Instagram/@arfin.zeinpahad

Tak hanya menyuguhkan tempat wisata yang indah, di sini kamu bisa belajar mengenai sejarah kota Bandung. Selain dapat belajar sejarah, taman ini juga menyuguhkan fasilitas lain seperti kolam dan spot bermain untuk anak-anak. Taman ini berdekatan dengan beberapa objek wisata lainnya seperti Taman Vanda.


17. Taman Pet Park.

wisata Bandung gratis instagram
foto: Instagram/@cnurlela_05

Taman ini biasanya digunakan untuk berkumpul masyarakat yang senang dengan hewan peliharaan. Namun kalau ingin datang ke taman ini bukan berarti harus membawa hewan, kamu bisa berkunjung ke taman ini sekadar ingin bersantai. Sambil bersantai kamu juga bisa melihat beragam aksi lucu hewan-hewan yang ada.


18. Taman Jomblo.

wisata Bandung gratis instagram
foto: Instagram/@chan_9264

Satu taman yang fenomenal di Bandung, apalagi kalau bukan Taman Jomblo. Taman ini berada di bawah kolong jembatan Pasupati. Di taman itu biasanya dijadikan tempat nongkrong maupun foto-foto anak-anak muda. Uniknya di taman ini terdapat single seat atau kursi yang dirancang khusus kamu yang belum punya pasangan.


19. Taman Vanda.

wisata Bandung gratis instagram
foto: Instagram/@iangeograf05

Taman Vanda berada di Jalan Merdeka, tepatnya antara Polrestabes Bandung dan Gedung Bank Indonesia. Taman ini sangat cocok dijadikan tempat bersantai bersama rekan dan keluarga. Di Taman ini terdapat air mancur menambah nuansa alam di spot wisata yang satu ini.


20. Taman Musik Centrum.

wisata Bandung gratis instagram
foto: Instagram/@tamanmusikcentrum

Taman yang terletak di Jalan Belitung ini dibuat untuk tempat berkumpulnya anak-anak pecinta musik, terutama anak band. Biasanya taman ini juga sering dijadikan tempat manggung mereka. Kamu bisa menikmati liburan santai sambil mendengarkan alunan musik.